The Sunshine Vitamin

06 April 2020

Health

oleh: Fendy Kurniawan (PU-X)

Vitamin yang paling mudah didapatkan dan tidak perlu dibeli adalah Vitamin D, dikatakan demikian karena kebutuhan Vitamin D pada tubuh kita dapat terpenuhi lewat paparan sinar matahari. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, ginjal, otak, dan otot. Berikut adalah sejumlah  hal yang perlu diketahui mengenai berjemur dibawah sinar matahari. 

Apakah berjemur dibawah sinar matahari dapat membunuh virus?

Berjemur tidak dapat langsung membunuh virus. Harus diluruskan bahwa tidak benar berjemur dibawah sinar matahari disamakan dengan “merebus” atau “menggoreng” virus pada tubuh kita. Tujuan kita berjemur adalah untuk menghasilkan Vitamin D3.

Kapan waktu terbaik untuk berjemur?

Sebelum membicarakan kapan waktu yang tepat untuk berjemur, perlu diketahui sinar matahari menghasilkan 3 jenis gelombang, yaitu Ultraviolet A (UVA), Ultraviolet B (UVB), dan Ultraviolet C (UVC).

UVA memiliki gelombang yang panjang dan pancaran sinarnya telah menyentuh permukaan bumi sejak matahari terbit, UVA lebih baik dihindari karena dapat menyebabkan kulit keriput dan meningkatkan risiko kanker kulit.

UVB memiliki gelombang yang lebih pendek dan baru akan mencapai permukaan bumi sekitar jam 10 pagi. UVB mengandung Provitamin D3 yang dibutuhkan tubuh, oleh karena itu disarankan berjemur mulai jam 10 pagi.

Sedangkan, UVC dianggap berbahaya dan paling berpotensi menyebabkan kanker kulit, namun beruntung UVC tidak mencapai permukaan bumi karena terhalang oleh Lapisan Ozon pada atmosfer bumi.

Apa manfaat Provitamin D3 dalam UVB?

Pancaran sinar UVB mengandung Provitamin D3 yang nantinya akan bersintesa dengan kolestrol dalam tubuh, proses ini menghasilkan Vitamin D3 yang membantu tubuh menyerap kalsium, magnesium dan fosfor. Manfaat Vitamin D3 antara lain, menjaga kesehatan tulang, sebagai terapi pengobatan ginjal, memperkuat otot, menurunkan risiko kanker dan mencengah penyakit autoimun.

Berapa lama durasi berjemur yang optimal?

Bagi yang memiliki kulit terang, berjemur selama 15 menit sudah cukup, tetapi bagi yang memiliki kulit gelap, butuh waktu 20 menit untuk berjemur. Jangan berjemur terlalu lama, karena pada jam 10 matahari sudah cukup terik dan dikhawatirkan malah merusak kulit.

Apakah mengonsumsi suplemen dapat membantu mengatasi kekurangan Vitamin D?

Mengonsumsi suplemen Vitamin D baiknya dalam pengawasan Dokter. Suplemen yang dijual bebas tidak diketahui pasti mengandung Vitamin D2 atau Vitamin D3, namun apabila mengandung Vitamin D3 harus diperhatikan dosisnya, karena apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan toksisitas (racun) bagi tubuh.

Apakah dalam cuaca mendung kita masih dapat berjemur? 

Ya, meski dalam cuaca mendung kita masih dapat berjemur, karena cuaca mendung bukan berarti tidak ada matahari. Ketika mendung, durasi berjemur dapat lebih diperlama.

Tips berjemur

Meski lebih baik dilakukan di luar rumah atau tempat terbuka, berjemur dapat dilakukan dari area dalam rumah yang disinari matahari. Usahakan sebagian besar kulit terkena sinar matahari, terutama bagian punggung, ada baiknya kita lebih banyak membelakangi matahari untuk menghindari gosong pada bagian wajah. Berjemur dapat dilakukan sambil berolahraga ringan atau duduk santai.

Selain berjemur, terdapat beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu terpenuhinya asupan Vitamin D, yaitu Telur, Susu, Jamur, Kedelai, Jeruk, dan Yogurt. 


(Sumber referensi: Dr. Tan Shot Yen)