Tips Skripsi Bebas Plagiat

06 April 2020

Tips & Tricks

Skripsi atau Tugas Akhir merupakan kewajiban penilitian bagi setiap mahasiwa yang akan menyelesaikan masa studi dijenjang sarjana atau diploma. Sudah menjadi rahasia umum jika skripsi menjadi momok bagi mahasiswa, sehingga kerap kali plagiat menjadi jalan pintas untuk sampai ke garis finish kelulusan.

Salah satu upaya Perpustakaan Dr.Cosmas Batubara Universitas Agung Podomoro untuk meminimalisir munculnya skripsi plagiat yaitu melalui alat cek plagiat Turn it in. Alat cek plagiat ini bekerja dengan membandingkan tingkat kesamaan kalimat dengan sumber yang ada di internet. Uji plagiat menjadi keharusan bagi setiap mahasiswa dengan standar kesamaan maksimal 20%.

Lantas, bagaimana caranya agar skripsi dapat lolos uji Turn it in ?

Berikut terdapat beberapa tips yang dapat Podivers implementasikan agar skripsi ataupun karya ilmiah bebas plagiat:

1. Pilih Topik Skripsi Antimainstream

Jika kalian masih belum memutuskan topik penelitian, silahkan memilih topik yang tidak banyak diteliti oleh orang lain. Pemilihan topik akan berpegaruh pada hasil uji Turn it in, karena semakin banyak topik dibahas di internet, maka semakin banyak dokumen yang dibandingkan yang akan mempengaruhi hasil presentase plagiat.

2. Cek Skripsi Langsung pada Bab 1 – 5

terbagi menjadi beberapa bagian seperti bagian pembuka, isi dan penutup. Untuk melakukan uji Turn it in yang perlu podivers siapkan adalah skripsi bab 1 – 5 dalam bentuk pdf. Jika kalian submit seluruh bagian isi skripsi maka presentase kesamaan akan bertambah lebih tinggi karena banyak format template penulisan yang tidak dapat diubah. 3

3. Tidak Copy Paste

Keterbukaan informasi, telah banyak merubah perilaku pencarian informasi mahasiswa. Hal ini dapat dilihat pada kecenderungan pencarian informasi melalui media daring, karena kemudahan dan keberagamannya. Akses terhadap beragam hasil penelitian dari berbagai universitas juga terbuka luas. Perilaku copy paste menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan mahasiswa terhadap gagasan gagasan dari karya orang lain. Turn it in akan sangat mudah medeteksi setiap kata yang merupakan jiplakan atau copy paste dari internet, sehingga hindari copy paste agar presentase plagiat tidak membengkak.

4. Mengutip dengan Benar

Tentu saja skripsi tidak akan bisa lepas dari kutipan sebagai bahan tinjauan literatur. Namun sebagai kalangan akademis, terdapat aturan penulisan ilmiah yang wajib diketahui dan ditaati, seperti cara pengutipan yang benar. Pada Turn it in sistem telah dirancang mengikuti kaidah penulisan yang benar terutama pada pengutipan dengan memperhatikan kutipan langsung dan tidak langsung. Pastikan memberi tanda kutip ganda pada kutipan langsung jika kutipan tidak lebih dari 40 kata dan spasi ganda jika kutipan lebih dari 40 kata. Turn it in secara otomatis akan mendeteksi plagiat, pada kutipan langsung yang tidak dikutip secara benar.

5. Menyebutkan Sumber

Definisi plagiat adalah menulis pemikiran atau gagasan orang lain pada tulisan pribadi tanpa menyebutkan sumber aslinya. Penting bagi podivers untuk teliti dalam mengutip, karena setiap gagasan yang tidak dicantumkan sumbernya merupakan plagiat, baik dilakukan secara sengaja atau tidak.

6. Gunakan Reference Tools

Penulisan daftar pustaka secara manual akan dideteksi plagiat pada Turn it in, sehingga dianjurkan untuk membuat daftar pustaka menggunakan Reference Tools seperti Mendeley, Zetero, Endnote dll.


Demikian tips teknis agar skripsi bebas plagiat dan lolos uji Turn it in. Hal lain yang lebih penting dari hal di atas adalah kejujuran dan moralitas kita dalam menulis mengikti kaidah penulisan yang baik dan benar.