LUMION, Pentingkah Untuk Arsitek?

06 April 2020

Technology

Apa sih Lumion itu? Dalam dunia arsitektur simulasi untuk menciptakan gambar berupa 2D, 3D dan Video Aminasi sangatlah penting guna menampilkan hasil dari konsep rancangan yang telah di buat oleh arsitek. Lumion adalah program yang indah, yang memungkinkan kita untuk membuat skenario 3D dengan kualitas real-time rendering yang luar biasa. Hal ini juga memungkinkan kita untuk mengimpor objek dan pengaturan dari program lain seperti Google SketchUp.

Kali ini Program Studi Arsitektur bekerja sama dengan PT. Applicad Indonesia serta dukungan dari Podomoro University Xpertise Center (PU-X) membuat kegiatan Workshop Lumion 9 “On a Powerful 3D Rendering Software” yang dapat diikuti oleh mahasiswa baik dari Universitas Agung Podomoro maupun Perusahaan dari luar.

Workshop secara garis besar membahas perjalanan gambar yang di buat pada lumion seperti:

1. Environment mempunyai beberapa setting / latar lingkungan yang disajikan secara default. Diantaranya adalah latar suasana malam, siang, sore, pegunungan, perairan, kutub, pantai, dan gurun. Namun latar dapat disesuaikan dengan selera.

2. Setting environment menyediakan pengaturan cuaca yang terdiri dari pengaturan intensitas matahari dan awan, landscape yang terdiri dari elevasi dan air, serta object yang terdiri dari objek indoor maupun outdoor.

3. Pemberian material, setelah melakukan perubahan pada latar / lingkungan (sesuai selera), maka dapat meng-import 3D dari AutoCAD, SketchUp, maupun 3DS Max.

4. Output Gambar (BMP) / Animasi (MP4) adalah keluaran produk hasil rancangan berupa renderan gambar berformat BMP, ataupun animasi yang berformat MP4.

Lumion bukan hanya program untuk animasi saja tetapi dapat menghasilkan rendering 2D hanya sekejap mata. Untuk para arsitek yang dikejar deadline atau butuh presentasi cepat ke klien dengan hasil yang tidak mengecewakan, lumion bisa jadi sangat membantu dan banyak efek yang diperoleh seperti tanaman, manusia, & hewan. Proses rendering tidak memerlukan waktu yang lama sehingga dapat menghemat waktu serta yang terpenting adalah tidak perlu retouching lagi menggunakan photoshop. Banyak plug in yang disediakan pada software Lumion seperti tanaman 3D (rumput, semak, sampai pohon2 yang besar), plug in outdoor sampai interior.

Nantinya akan diadakan kembali kegiatan Wrokshop Lumion ini agar dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas, bukan hanya dari mahasiswa Podomoro melainkan Universitas dan Perusahaan lain. Jadi bagi kalian yang belum ikut berpartisipasi dapat mengikuti di workshop selanjutnya.


Referensi:

Tech With Design, 2013. Apa Itu Lumion Dan Rendering Lumion. https://originallathe.wordpress.com/2013/04/07/apa-itu-lumion-dan-rendering-lumion/. Diakses 3 April 2020

Iman, 2014. Pengenalan Dasar Lumion. https://archmaxter.blogspot.com/2014/03/tutorial-pengenalan-dasar-lumion.html. Diakses 3 April 2020

Applicad Indonesia, 2014, Definisi Lumion. http://www.applicadindonesia.com/news/definisi-lumion/. Diakses 3 April 2020