Alasan Gen Z Jadi Wirausahawan

22 April 2024

Publishing

Generasi Z adalah generasi unik karena memiliki pandangan yang berbeda tentang karir dan kehidupan. Gen Z sendiri dikelompokan berdasarkan tahun kelahiran, dimana mereka lahir antara tahun 1995-2012. Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Dermawan, C. (2024) tentang hal apa saja yang mendorong keputusan generasi ini untuk menjadi wirausaha. Faktor-faktor seperti latar belakang orang tua, ketidaknyamanan terhadap risiko, dan pendidikan kewirausahaan menjadi fokus utama. Namun, penelitian tersebut juga mempertimbangkan hal lain seperti jenis kelamin, etnis, dan akses keuangan sebagai hal yang jadi pertimbangan. 

 

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, terutama dengan kemajuan digitalisasi dan globalisasi, Generasi Z menghadapi tantangan unik. Perubahan teknologi yang pesat dan pergeseran budaya mempengaruhi pandangan mereka terhadap karir dan kewirausahaan. 

 

Sebagai generasi yang tumbuh dalam era digital dan global, perlu dipahami bagaimana Generasi Z berperilaku, salah satunya dalam berwirausaha. Ini karena Gen Z akan menjadi kunci untuk menggerakkan ekonomi masa depan. Hasil survey yang didapat menunjukan bahwa etnis dan jenis kelamin saat ini tidak lagi menjadi faktor yang mempengaruhi minat Generasi Z dalam berwirausaha. Akses pendidikan dan geraka kesetaraan sudah membuka peluang bagi generasi Z untuk berwirausaha tanpa melihat etnis dan jenis kelamin. Namun faktor pendidikan dan orang tua memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Hal ini karena anak-anak yang lahir dari keluarga yang berwirausaha memiliki minat berwirausaha yang lebih tinggi. Mereka juga sudah mengenal resiko dalam berwirausaha. Gen Z yang memiliki pendidikan dan ilmu mengenai kewirausahaan juga memiliki minat yang lebih besar untuk berwirausaha dibandingkan yang tidak memiliki ilmu dalam berwirausaha. Selain kedua faktor tersebut, perkembangan teknologi, inovasi dan persaingan juga dapat memunculkan minat dalam berwirausaha. Hal ini adalah beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi minat Generasi Z dalam berwirausaha dan memiliki bisnis sendiri. 

 

Sumber: 

Dermawan, Christofer (2024) Keputusan Berwirausaha Generasi Z. (Skripsi), Podomoro University, DKI. Jakarta dari http://repository.podomorouniversity.ac.id/id/eprint/1188