ArticleEntrepreneurshipGeneral

Youthpreneur 2020 : Game Changing Zillennial

Podomoro University bersama Podomoro University Center of  Entrepreneurial Leader (PUCEL) kembali menyelenggarakan kegiatan Youthpreneur yang didukung oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Podomoro University, Indonesian Student Entrepreneurship Network (ISEN) serta TDA Kampus pada 22-24 Juni 2020 secara online.

Youthpreneur merupakan one stop entrepreneur event yang rutin diselenggarakan dari tahun 2018 hingga tahun ini. Melalui acara Youthpreneur, mahasiswa Podomoro University memiliki kesempatan untuk berinovasi dan mulai meluncurkan bisnis start-up yang sedang dijalani.

Game Changing Zillennials menjadi tema Youthpreneur tahun ini. Pemilihan tema dilatarbelakangi oleh keadaan bangsa Indonesia yang akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2030, dimana tingkat usia produktif melebihi tingkat usia tidak produktif, yaitu 64% dari 297 juta orang.

Hal ini dapat menjadi sebuah kesempatan emas maupun ketidakberuntungan bagi bangsa Indonesia, karena ketika usia produktif meningkat sangat signifikan namun lapangan pekerjaan semakin sedikit akan menyebabkan peningkatan pengangguran yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kejahatan. Sebagai bagian dari generasi Z, kita harus merespon keadaan ini dengan benar dan menjadi jawaban bagi masa depan bangsa Indonesia dengan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda yang kreatif dan inovatif.

Youthpreneur 2020 menyelenggarakan tiga bentuk kegiatan yakni ENTalk yang merupakan seminar bisnis dengan tema yang sesuai dengan perkembangan zaman masa kini dengan mengundang narasumber yakni Wisnu Nugroho dari Kompas.com, Githa Nafeeza dari Hachi Group, Monica Amadea dari Monomolly ID, serta Johannes Raimundus dari Ayo Indonesia.

Githa Nafeeza – Hachi Group

Webcast Series merupakan seminar dengan topik usaha yang lebih spesisfik, dimana peserta diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang sesuai dengan passion serta keinginan masing-masing, dengan narasumber Lanny Wijaya dari LinkedIn, Ismail Fajar dari Union Group, Jefri Divanli dari Progate, Arlin Chondro dari Peek.me Naturals, Riyo Hanggoro dari RHP Law dan Rizky Arief dari HMNS Perfume.

Ismail Fajar Septiana – Recruitment & People Development Manager The Union Group
Lanny Wijaya – Linkedin Talent Solution Expert for Indonesia

Serta Rocket Pitch yang merupakan ajang perlombaan mahasiswa Podomoro University untuk mempresentasikan bisnisnya didepan juri yakni Reza Finlander dan Riawan Tamin untuk mendapatkan hibah modal usaha dari Universitas.

Rocket Pitch hari pertama dimenangkan oleh Co Kiss, Macamoro, dan Kerze. Rocket Pitch hari kedua dimenangkan oleh Minioat, Metanoia, dan Booster Fragnance. Sedangkan untuk hadiah hiburan lainnya seperti Best Pitching Video diberikan kepada Spountool’s, Best Instagram Feed diberikan kepada Gen Z, Best Business Idea diberikan kepada My Journey, Best Presenter diberikan kepada Urban Patch dan Most Liked Instagram Post diberikan kepada Co Kiss.

Meski terlaksana secara online, Youthpreneur 2020 tetap berhasil mengundang antusias mahasiswa maupun masyarakat luasdengan jumlah peserta lebih dari 600 peserta. Youthpreneur memberikan banyak pengetahuan mengenai dunia bisnis terlebih kepada mahasiswa dan masyarakat yang sedang merintis dan menjalankan bisnis. Sampai bertemu di Youthpreneur selanjutnya!

Part of : Entrepreneurship & PUCEL

Writer : Jessica
Editor : Marcomm