Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bersama Reviewer Nasional PKM

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program Kementrian Ristekdikti yang dikembangkan untuk mengantarkan Mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi. Mahasiswa diberikan peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap dan tanggung jawab dalam mengembangkan kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. PKM merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk dapat mengembangkan usaha nya dengan mendapatkan dana hibah yang diberikan oleh Kementrian Ristekdikti.

Untuk mendorong berkembangnya usaha yang dimiliki mahasiswa Podomoro University, maka PUCEL harus menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan usahanya. Berkaitan dengan hal tersebut, PUCEL bersama dengan Bagian Kemahasiswaan mengadakan Workshop PKM yang mengundang Reviewer Nasional Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Ristekdikti yakni Bapak Wachyu Hari Haji untuk membekali para dosen di seluruh Program Studi Podomoro University agar dapat mengenal Program Kreativitas Mahasiswa lebih dalam lagi. Workshop ini dilaksanakan di Podomoro University pada Senin, 11 November 2019 yang dimulai pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Dalam pemaparannya, Bapak Wachyu menjelaskan mengenai bidang-bidang PKM yang tersedia. Secara garis besar, PKM dapat dikelompokkan menjadi tiga yakni PKM 5 Bidang, PKM Karya Tulis dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif. PKM 5 Bidang terdiri atas PKM-Penelitian (PKM-P), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel ilmilah (PKM-AI), PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

Harapan kedepannya yakni sama seperti semboyan yang dikatakan Ki Hadjar Dewantara “Ing Ngarsa Sung Tuladha (di depan memberi contoh), yakni dengan perbekalan PKM yang diberikan oleh Bapak Wachyu selaku Reviewer Nasional yang telah terlibat dalam banyak kegiatan, dapat mewujudkan semboyan “Ing Madya Mangun Karsa (di tengah memberi semangat)”  yakni seluruh peserta workshop dapat membimbing dan memberikan semangat kepada mahasiswa Podomoro University dan seperti semboyan “Tut Wuri Andayani (di belakang memberikan dorongan)” untuk bisa mendorong mahasiswa untuk mengikuti dan berkesempatan lolos dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa yang akan diselenggarakan selanjutnya.

Part of : PUCEL

Writer : Jessica
Editor: Marcomm