GeneralNews

Workshop Penulisan Blog oleh Prof Supriadi Rustad

Ada pepatah lama yang mengatakan, “Mulutmu Harimaumu”, yang artinya apa yang kita katakan akan memberikan dampak bagi masa depan kita. Tapi untuk zaman sekarang yang lebih aktif dengan gadget dan sosial media, sepertinya pepatahnya lebih cocok kalau diubah menjadi “Jarimu Harimaumu”. Jadi, apa yang kita tulis, itulah yang akan menentukan masa depan kita.

Tak mau ketinggalan zaman, Podomoro University memberikan pembekalan bagi segenap sivitas akademika mengenai penulisan, khususnya dalam membuat blog. Acara yang dilaksanakan di Auditorium Podomoro University pada tanggal 6 Maret 2020 ini mendapat sambutan yang meriah dari sivitas akademika.

Livia dan Brian yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi Podomoro University menyatakan bahwa mereka berharap dengan mengikuti workshop ini, mereka jadi lebih mampu untuk menulis dengan baik. Selain itu, Bapak Denny (Dosen Program Studi Akuntansi) berharap dengan mengikuti workshop ini, beliau mampu untuk menggambarkan Podomoro University dengan rangkaian kata yang lebih menarik.

Mengamini harapan Sivitas Akademika dalam acara bertajuk “Kenali Hukum, Jauhkan Hukuman”, Profesor Supriyadi Rustad selaku pembicara menyatakan bahwa diadakannya workshop ini agar seluruh partisipan dapat menulis dan menggambarkan branding diri dengan baik dan selamat. Lho? Mengapa begitu? Sebab setiap kegiatan, apalagi yang kita posting di sosial media memiliki jejak digital. Psstt…! Menurut informasi yang beredar, nantinya proses recruitment akan dilihat dari jejak digital kita, sehingga ada baiknya apa yang kita tulis mencerminkan hal positif tentang kita.

Melalui Workshopnya, Prof Supri menjelaskan beberapa trik untuk menulis. Salah satunya yang paling penting adalah ‘jangan pernah lupa untuk mencantumkan sumber yang jelas apabila kita mengutip kalimat dari tempat lain’ untuk menghindari plagiat. Selain itu, manfaatkan core skill dari penulis, agar setiap karya yang kita tulis relevan dan memiliki informasi yang jelas. Hal yang tak kalah penting adalah ‘jangan pernah berbagi akun dengan orang lain’ untuk menghindari cybercrime berupa penyalahgunaan akun.

Wah~! Ternyata menulis pun dapat memberi dampak untuk masa depan, ya? Untuk itu, bagi teman-teman yang suka membaca dan menulis, ayo #CiptakanPeluang dengan menulis sesuai dengan kajian menulis yang baik dan benar, agar hasil tulisanmu dapat bermanfaat bagi yang lain.

Writer : Marcomm
Editor : Marcomm