ArticleHotel Business

The Top Five Immune Booster Alami dari Dapur Indonesia

Imunitas menjadi isu hangat terkait pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini, termasuk Indonesia.Sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi banteng pertahanan yang mampu menjaga diri dari serbuan virus berbahaya ini.  Selain selalu menjaga kebersihan pribadi, mengonsumsi suplemen dan vitamin sesuai anjuran dokter, manfaatkan beragam bumbu dan rempah segar dari dapur kita yang berkhasiat sebagai immune booster alami!

JAHE

Bumbu beraroma khas yang memberikan sensasi hangat pada tubuh ini memiliki kandungan senyawa aktif. Di antaranya gingerol, sineol, borneol, zingiberen, zingeron, oleoresin, limonen, zingiberal. Berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan anti inflamasi.

Saran penyajian:
Selain diseduh menjadi wedang, gunakan jahe parut untuk membumbui aneka hidangan ikan dan daging. Tambahkan juga pada masakan berkuah, jus buah, dan sajian pencuci mulut.

Sumber : Google

KUNYIT

Senyawa aktif dalam kunyit, curcumin, berperan sebagai immune modulatory agent.  Yaitu bahan yang mampu memodulasi atau memicu aktivasi sel dalam pembentukan system kekebalan tubuh.

Saran penyajian:
Mau mengeksplor khasiat bumbu utama dalam masakan Indonesia ini? Rebus 300 ml air, 50 gram kunyit yang diiris tipis, 2 batang serai yang dimemarkan, hingga mendidih. Saring, tambahkan 2 sdm madu dan ½ sdm air jeruk nipis. Sajikan hangat.

Sumber : Google

BAWANG PUTIH

Mengapa penggunaan bawang putih di dapur selalu dimemarkan, dihaluskan, atau dicincang dulu? Saat dimemarkan atau dicincang, terjadi reaksi kimiawi antara senyawa alliin dan enzim dalam bawang putih yang akan merangsang pembentukan zat aktif allicin. Zat aktif inilah yang bertugas memperbaiki system imunitas tubuh. Berkhasiat sebagai anti oksidan dan anti kanker,serta membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Saran penyajian:
Hampir semua masakan Indonesia memakai bawang putih sebagai bumbu utama. Untuk mendapatkan benefit yang optimal, sebaiknya konsumsi bawang putih dalam keadaan mentah. Misal olah  menjadi acar bawang,atau taburkan bawang putih cincang ke dalam masakan siap hidang.

Sumber : Google

CABAI

Keluarga cabai ini dikenal sebagai sumber vitamin C dan A (betakaroten), E, antioksidan, dan sejumlah mineral esensial yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh. Capsaicin, senyawa aktif dalam cabai bersifat anti kanker dan anti mikroba, juga membantu menjaga kesehatan jantung.

Saran penyajian:
Selain cabai rawit merah dan hijau, dapur Indonesia mengenal jenis cabai lainnya. Termasuk cabai keriting, cabai besar, cabai gendot, hingga cabai katokkon khas Tana Toraja yang super pedas.Tambahkan cabai dalam masakan kesukaan Anda. Bahkan, dessert cokelat kekinian pun tampil dengan taburan cabai bubuk kering!

Sumber : Google

ANEKA JERUK LOKAL

Umumnya, keluarga jeruk atau citrus ini berlimpah vitamin C dan senyawa antioksidan. Pemberi rasa asam alami ini membantu meningkatkan kemampuan sel darah putih membangun system imunitas yang kuat. Mampu membantu mempercepat proses penyembuhan.

Saran penyajian:
Dapur Indonesia memiliki  koleksi jeruk, di antaranya jeruk nipis, limau, lemon cui, jeruk keprok, jeruk bali. Maksimalkan penggunaan aneka jeruk ini dalam menu sehari-hari. Bubuhkan pada soto, sambal, dabu-dabu, campuran asinan sayur dan buah, minuman panas atau dingin.

Sumber : Google

Part of : Hotel Business

Writer : Fajar Ayuningsih
Editor : Marcomm