THE NEXT GEN BATTLE – EMPOWERING YOUR PASSION

Pada hari Kamis, 14 November 2019 – Sabtu, 16 November 2019 Podomoro University mengadakan suatu acara dengan tema “The Next Gen Battle – Empowering Your Passion”. The Next Gen Battle merupakan rangkaian kompetisi dan workshop yang melibatkan beberapa program studi dan unit dari Podomoro University. Selain itu, acara ini juga menampilkan exhibition hasil karya dari mahasiswa/I dari berbagai program studi teknik serta unit bisnis dari Podomoro University yaitu PUCEL.

Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baik berupa soft skill maupun hard skill yang dikemas dengan konsep game-competition dan workshop yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di kehidupan kita sehari-hari dan tentunya akan berguna untuk ke depannya. Acara ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan mengasah otak dari masing-masing peserta yang mengikuti kegiatan perlombaan dan workshop yang diadakan.  Semua acara yang dilakukan diadakan di Podomoro University.

Acara diadakan sejak hari Kamis, 14 November 2019 yang dibuka dengan talkshow dari program studi Hukum Bisnis yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hukum Bisnis dengan tema “CatCalling”. Mereka mengangkat topik tersebut melihat dari permasalahan yang terjadi di kehidupan dan lingkungan sekitar kita. Apa itu CatCalling? Sebagai fenomena sosial, “CatCalling” dapat dimaknai sebagai suatu perilaku/perbuatan yang bertendensi seksual melalui siulan, panggilan, berkomentar hingga lirikan kepada perempuan yang berada di area publik yang pada akhirnya membuat tidak nyaman. Sekalipun fakta-fakta menunjukkan jika “CatCalling” banyak dialami oleh kelompok perempuan, pada akhirnya juga kelompok laki-laki mengalami hal yang serupa.

Dalam acara talkshow terdapat pro dan kontra dan tentunya ada saling debat untuk mengutarakan pendapat masing-masing. Keaktifan teman-teman SMA dalam berpendapat juga membangkitkan semangat kakak kelas yang sudah menjadi mahasiswa di Podomoro University untuk ikut mengutarakan pendapat mereka. (article : The Next Gen Battle : CatCalling Talkshow)

CatCalling Talkshow

Pada hari Jumat, 15 November 2019 Program Studi Arsitektur bersama dengan Perencanaan Wilayah dan Kota dan Manajemen Rekayasa dan Konstruksi mengadakan workshop dengan tema “City Simulation” bagaimana siswa-siswa SMA diajarkan untuk membangun suatu kota dan terbagi menjadi beberapa kelompok. 1 kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang dan masing-masing anggota dari kelompok tersebut memiliki perannya masing-masing. Ada yang menjadi pemilik proyek, menjadi arsitek, menjadi   perencana kota dan ahli manajemen konstruksi. Teman-teman SMA harus membuat TPS, pengolahan air limbah, apartemen, kantor, sekolah, rumah sakit, mall dan hotel. Teman-teman diajak bagaimana membangun suatu kota dengan bangunan-bangunan yang ada tapi ramah lingkungan. Dari masing-masing kelompok nantinya akan diadakan presentasi dan dipilih 1 pemenang dari kelompok yang ada.

City Simulation Workshop

Di hari yang bersamaan program studi Desain Produk mengadakan workshop untuk membuat pouch dan tentunya produk tersebut dibuat sendiri oleh teman-teman SMA yang mengikuti workshop tersebut, didampingi oleh kakak-kakak mahasiswa program studi Desain Produk. Teman-teman SMA fokus dengan setiap langkah yang diajarkan untuk membuat produk tersebut.

Creative and Product Workshop

Dan pada hari terakhir dari the Next Gen Battle yaitu di hari Sabtu, 16 November 2019, hari ini merupakan puncak dari keseluruhan acara yang telah dibuat di The Next Gen Battle. Terdapat 3 lomba yaitu The Next Gen Masterchef bekerjasama dengan program studi Bisnis Perhotelan, Business Idea Battle bekerjasama dengan program studi Kewirausahaan dan Enterprise Battle bekerjasama dengan program studi Akuntansi.

Enterprise Battle

The Next Gen Masterchef

Business Idea Battle

Ketiga lomba tersebut diadakan di ruangan masing-masing dan kembali berkumpul di Entre Area setelah makan siang untuk menikmati persembahan acara dari UKM Band Podomoro University bernama Primenova. Para partisipan ikut bernyanyi bersama dan menikmati lantunan lagu dari Primenova. Dan tiba saatnya untuk mengumumkan pemenang dari masing-masing lomba yang sudah diadakan di hari tersebut.

The Next Gen Masterchef :
Juara I :
Alfinia Paulina Lucas dari SMA Bunda Hati Kudus dengan masakan : Ayam Rica

Juara II :
Amanda Gracia dari Springfield School dengan masakan : Opor Ayam

Juara III :
Esti Meilinda dari SMKN 27 Jakarta dengan masakan : Lemper Bunge Telang

Enterprise Battle :
Juara I :
SMA Pelita I

Juara II :
SMK Pelita IV

Juara III:
SMA Kemurnian II

Business Idea Battle :
Juara I :
Diospeco dari SMAI Al Azhar 4 Kemang Pratama Bekasi

Juara II:
Suket Teki Eco Print dari SMK Strada 2 Jakarta Barat

Juara III:
Bobatuk dari SMA Surya Bangsa

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah mengikuti workshop sampai dengan perlombaan yang diadakan oleh Podomoro University. Ditunggu ya acara-acara lain yang diadakan oleh Podomoro University.

Writer: Marcomm
Editor : Marcomm