ArticleConstruction Engineering and Management

Terjun langsung di Proyek Bogor Ring Road

Ini nih salah satu kenikmatan jadi mahasiswa Teknik, bisa langsung terjun di tengah proses pekerjaan proyek -proyek megah yang nantinya sangat bermanfaat bagi kita semua. Salah satunya adalah jalan tol. Siapa sih yang ga pernah pake jalan tol?

Sebelumnya kita cari tau jalan tol itu apa? Jadi menurut Wikipedia jalan tol adalah suatu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih (mobil, bus, truk) dan bertujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ketempat lain.

Oh iya podivers! Siapa yang disini sudah tau kalau jalan tol merupakan suatu singkatan dari Tax On Location yang artinya pengendara yang menggunakan jalan tertentu dikenakan pajak saat melewati atau menggunakan jalan tersebut. Itulah kenapa kita harus bayar kalau menggunakan jalan tol.

Kali ini Mahasiswa Manajemen dan Rekayasa Konstruksi beserta dosen pendamping datang ke pekerjaan konstruksi infrastruktur jalan raya yaitu Jalan Tol Lingkar Luar Bogor. Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road (BRR) Seksi IIIA ini terletak di Ruas Simpang Yasmin – Simpang Semplak STA. 7 + 896 – STA. 10 + 745 yaitu di Jalan Soleh Iskandar Kecamatan Tanah Sareal di wilayah Kota Bogor.

Ruang lingkup pekerjaan pada proyek jalan tol terdiri dari Elevated Box Girder dan Penataan Simpang Semplak yang dilakukan selama 450 hari kalender terhitung tanggal 21-12-2018 sampai dengan 14-3-2020. Proyek ini menggunakan jasa PT. Marga Sarana Jabar dengan bantuan konsultas pengawas PT. Indec Internusa KSO Eskap Indomatra serta kontraktor pelaksana dari PT. PP Persero Tbk.

Sesampainya disana, Podivers dikumpul terlebih dahulu untuk diberikan arahan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Perlu di ingat ya itu penting loh! Hal ini digunakan untuk memproteksi diri dari segala resiko atas peristiwa yang mungkin saja terjadi. Jadi Podivers perlu banget memakai alat pelindung diri minimal, Safety Shoes, helm, dan rompi.

Pihak proyek menerima kita dengan sangat baik, beberapa mahasiswa diberikan kesempatan untuk naik keatas agar dapat melihat proses pekerjaannya lebih dekat, dengan syarat menggunakan tambahan alat pelindung diri supaya lebih aman.

Part of : Construction Engineering and Management

Writer : Suci Dewi Sartika R, S.T
Editor : Marcomm