ArticleProduct Design

Sebuah Teknik Desain Sederhana Yang Menghasilkan Karya Luar Biasa

Pernahkah terpikirkan jika terdapat suatu kerajinan yang terbuat dari selembar tissue? Padahal sifat tissue itu gampang hancur dan rusak. Tissue hanya dapat digunakan sekali pemakaian, contohnya untuk membersihkan benda yang kotor ataupun untuk menyerap minyak pada makanan yang digoreng. Selain itu tissue bisa juga digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kerajinan agar tampak indah dan anggun serta memiliki nilai seni. Tapi jangan salah, tissue yang digunakan bukanlah tissue biasa namun tissue khusus yang disebut Servietten. Lalu bagaimana cara membuatnya.

Decoupage berasal dari bahasa Perancis, D├ęcouper, yang memiliki arti memotong. Pada abad ke-12, seperti dilansir Decoupage.org, para petani Cina menggunting kertas warna-warni lalu menempelkannya untuk menghias jendela, lentera, kotak hadiah dan benda lainnya. Namun praktik decoupage ini banyak yang menduga berasal dari Siberia Timur, di mana banyak makam di sana dihias dengan seni gaya decoupage ini.

Para pengrajin Jerman dan Polandia sudah menggunakan seni potongan kertas ini untuk melakukan dekorasi selama beberapa abad. Anak-anak dan perempuan di Polandia khususnya, telah mengembangkan keterampilan melipat kertas berwarna dan memotongnya menjadi bentuk hewan, burung, geografis, dan bentuk bunga sebelum menempelnya pada media tertentu. Decoupage juga merupakan seni menghias benda dengan cara menempelkan kertas atau kain pada permukaan benda tersebut menggunakan lem khusus. Kerajinan Decoupage menggunakan tissue Servietten bisa di aplikasi pada media apa saja, misalnya kayu, kaca, kain, kulit sintesis, maupun kaleng. Kerajinan dapat dibuat khusus di aplikasi pada media anyaman dari daun lontar,bamboo, rotan, serta anyaman daun pandan.

Sekilas tas dari anyaman daun lontar atau dompet dari anyaman daun pandan terlihat biasa saja, namun setelah di proses lebih lanjut tampilan tas dan dompet tampak berbeda dan lebih indah dengan tambahan motif bunga-bunga berwarna cerah pada bagian permukaannya seperti contoh gambar di bawah ini.

Selain produk tas dan dompet masih ada produk atau karya yang dapat menggunakan teknik decoupage sebagai pemanisnya seperti kipas anyaman bambu yang sudah diberi sentuhan Decoupage tampak lebih anggun dan bernilai seni serta memiliki keunikan tersendiri, seperti hasil karya mahasiswa Desain Produk angkatan 2018 yang dibimbing oleh Ibu Dina Lestari S.Pd, M.Sn

Part of : Product Design

Writer : Ridha Rahmatia
Editor : Marcomm