Realita Desain Industri 4.0

Revolusi Industri secara tidak langsung merubah gaya hidup, seperti cara kita bekerja dan cara kita berkomunikasi dengan relasi. Semua lini hidup di sekitar kita telah tergantung dengan teknologi. Puncak seluruh perubahan besar sebanding dengan munculnya Revolusi Industri dari Generasi Pertama, Kedua, dan Ketiga. Dan sekarang kita berada di Revolusi Industri Generasi ke Empat yang akan mampu meningkatkan produktivitas hingga 30 % – 50%.

Revolusi Industri Pertama ditandai dengan dikembangkannya mesin uap oleh James Watt pada abad ke-18, serta diciptakannya mesin-mesin bertenaga air. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia mulai dialihkan menggunakan mesin uap. Revolusi Industri 2.0 juga dikenal sebagai Revolusi Teknologi, sebuah fase pesatnya industrialisasi di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Revolusi ini ditandai dengan terciptanya tenaga listrik sebagai sumber utama dan Combustion Chamber (Ruang Pembakaran). Revolusi Generasi Ketiga ini ditandai oleh perkembangan semi konduktor dan proses otomatisasi industri. Dengan kata lain, dunia sedang bergerak memasuki era digitalisasi. Kemunculan teknologi digital dan internet menandai dimulainya Revolusi Indusri 3.0.

Revolusi Industri 4.0. Salah satu grand design-nya adalah pemanfaatan Internet of Thing (IoT). IoT ini berambisi menginterkoneksikan segala perangkat yang ada dengan internet. Inovasi terus berkembang mulai dari peran robot di bidang industri, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Drone Operation Centre, Self-Powered Data Centre, hingga rencana pengembangan Virtual Workers. Berdasarkan realita tersebut maka diperlukan banyaknya inovasi – inovasi produk yang tentunya akan tidak mempunyai batasan. Disinilah peranan para product designer untuk terus berkarya dan melek teknologi.

Oleh karena itu peran Desain Produk Podomoro University sangat penting untuk mendukung adanya perkembangan Revolusi Industri 4.0, dengan melahirkan produk – produk yang berbasis teknologi. Di jurusan Desain Produk Podomoro University mahasiswa telah diberikan keterampilan praktek dengan menggunakan teknologi mikroprosesor dan teknologi robotika.

Mahasiswa jurusan Desain Produk Podomoro University semenjak Semester Pertama dipersiapkan untuk menghadapi persaingan di era Technopreneurship. Saat ini mahasiswa Desain Produk Podomoro University telah banyak menciptakan produk – produk yang berbasis teknologi. Selain itu juga Jurusan Desain Produk Podomoro University telah melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi di bidang teknologi berskala Internasional.

Jurusan Desain Produk Podomoro University telah siap beradaptasi dengan Era Revolusi Industri 4.0 agar tidak tergilas oleh perkembangan teknologi. Jurusan Desain Produk Podomoro University siap membawa perubahan yang sangat dramatis terhadap lanskap industri, kemajuan dalam teknologi, konektivitas dan manufaktur yang telah mengubah cara dunia usaha beroperasi dan berkompetisi.

Part of : Product Design

Writer : Ryan Johan Sembiring, S.T.,M.M.,M.T
Editor : Marcomm

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Pelepasan Mahasiswa Penerima Beasiswa Indonesian International Mobility Awards 2021 Universitas Agung Podomoro

Jakarta, 25 Agustus 2021– Universitas Agung Podomoro atau biasa yang dikenal dengan Podomoro University melakukan seremoni pelepasan 6 (enam) orang mahasiswa peraih program beasiswa Indonesian International Mobility Awards (IISMA) 2021. Dalam seremoni pelepasan tersebut, Rektor Universitas Agung Podomoro, Bapak Bacelius Ruru menyampaikan rasa bangganya kepada para mahasiswa-mahasiswi penerima beasiswa IISMA 2021. “Sebuah kebanggaan bagi saya

Kegiatan Bisnis Manajemen Indonesia (KBMI) 2020

Dalam rangka mendorong munculnya entrepreneur muda di perguruan tinggi, Direktorat Belmawa Kemendikbud menyelenggarakan Kegiatan Bisnis Manajemen Indonesia (KBMI) tahun ini. Program KBMI diharapkan dapat menghasilkan karya kreatif serta inovatif dalam membuka peluang bisnis bagi mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur. Pada tahun ini, Podomoro University bersama PUCEL serta lima kelompok mahasiswa berhasil lolos mendapatkan dana hibah

Kenyamanan Semua Model Kursi Berawal Dari Desain

Duduk nyaman di suatu kursi adalah faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, apapun itu model kursinya semuanya berawal dari desain yang dibuat. Kursi yang tidak nyaman saat diduduki sama saja dengan kursi yang gagal, bahkan lebih menyedihkan lagi apabila disebut bukan kursi, jadi jika tidak ingin mendapatkan predikat tersebut lalu dimana letak kesalahan desain maupun

Mahasiswa Berprestasi Berawal Dari Magang

Kuliah bukan hanya sekedar teori namun juga harus dapat mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari. Salah satunya adalah Jevica mahasiswa prodi Manajemen dan Rekayasa Konstruksi (MRK) angkatan 2015 Universitas Agung Podomoro. Setelah melalui sleksi yang ketat Jevica terpilih menjadi salah satu delegasi dari Indonesia yang di berangkatkan ke Jepang untuk mengikuti kegiatan magang di perusahaan