Uncategorized

Realita Desain Industri 4.0

Revolusi Industri secara tidak langsung merubah gaya hidup, seperti cara kita bekerja dan cara kita berkomunikasi dengan relasi. Semua lini hidup di sekitar kita telah tergantung dengan teknologi. Puncak seluruh perubahan besar sebanding dengan munculnya Revolusi Industri dari Generasi Pertama, Kedua, dan Ketiga. Dan sekarang kita berada di Revolusi Industri Generasi ke Empat yang akan mampu meningkatkan produktivitas hingga 30 % – 50%.

Revolusi Industri Pertama ditandai dengan dikembangkannya mesin uap oleh James Watt pada abad ke-18, serta diciptakannya mesin-mesin bertenaga air. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia mulai dialihkan menggunakan mesin uap. Revolusi Industri 2.0 juga dikenal sebagai Revolusi Teknologi, sebuah fase pesatnya industrialisasi di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Revolusi ini ditandai dengan terciptanya tenaga listrik sebagai sumber utama dan Combustion Chamber (Ruang Pembakaran). Revolusi Generasi Ketiga ini ditandai oleh perkembangan semi konduktor dan proses otomatisasi industri. Dengan kata lain, dunia sedang bergerak memasuki era digitalisasi. Kemunculan teknologi digital dan internet menandai dimulainya Revolusi Indusri 3.0.

Revolusi Industri 4.0. Salah satu grand design-nya adalah pemanfaatan Internet of Thing (IoT). IoT ini berambisi menginterkoneksikan segala perangkat yang ada dengan internet. Inovasi terus berkembang mulai dari peran robot di bidang industri, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Drone Operation Centre, Self-Powered Data Centre, hingga rencana pengembangan Virtual Workers. Berdasarkan realita tersebut maka diperlukan banyaknya inovasi – inovasi produk yang tentunya akan tidak mempunyai batasan. Disinilah peranan para product designer untuk terus berkarya dan melek teknologi.

Oleh karena itu peran Desain Produk Podomoro University sangat penting untuk mendukung adanya perkembangan Revolusi Industri 4.0, dengan melahirkan produk – produk yang berbasis teknologi. Di jurusan Desain Produk Podomoro University mahasiswa telah diberikan keterampilan praktek dengan menggunakan teknologi mikroprosesor dan teknologi robotika.

Mahasiswa jurusan Desain Produk Podomoro University semenjak Semester Pertama dipersiapkan untuk menghadapi persaingan di era Technopreneurship. Saat ini mahasiswa Desain Produk Podomoro University telah banyak menciptakan produk – produk yang berbasis teknologi. Selain itu juga Jurusan Desain Produk Podomoro University telah melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi di bidang teknologi berskala Internasional.

Jurusan Desain Produk Podomoro University telah siap beradaptasi dengan Era Revolusi Industri 4.0 agar tidak tergilas oleh perkembangan teknologi. Jurusan Desain Produk Podomoro University siap membawa perubahan yang sangat dramatis terhadap lanskap industri, kemajuan dalam teknologi, konektivitas dan manufaktur yang telah mengubah cara dunia usaha beroperasi dan berkompetisi.

Part of : Product Design

Writer : Ryan Johan Sembiring, S.T.,M.M.,M.T
Editor : Marcomm