Prospek Kerja Teknik Sipil yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Seperti yang Anda ketahui bahwa pembangunan infrastruktur di Indonesia memang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah dan para pekerja swasta. Oleh karena itu, tidak heran memang bahwa lulusan dari Teknik Sipil akan siap menjadi banyak incaran perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, yang mana dengan potensi karier yang bagus dan juga gaji yang tinggi.

Untuk itu, banyak calon mahasiswa yang mengincar pendidikan dan ingin berkuliah di jurusan Teknik Sipil. Jadi, Teknik Sipil ini merupakan sebuah ilmu terapan yang mana nantinya akan mencakup teknologi, baik itu seperti merancang, membangun hingga memelihara dan memperbaiki bangunan. Apapun jenis bangunan yang dirancang dan dibangun nantinya tentu produksi pembangunan tersebut akan dilakukan oleh lulusan Teknik Sipil. 

Prospek Kerja Teknik Sipil yang Wajib Diketahui Mahasiswa

Oleh sebab itu, jika Anda penasaran dengan prospek kerja Teknik Sipil maka di bawah ini Anda bisa melihat berbagai informasi terkait dengan ini.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Prodi Teknik Sipil?

Mungkin bagi Anda yang belum mengetahui banyak tentang jurusan Teknik Sipil maka di sini Anda bisa menemukan jawabannya. Di mana Teknik Sipil ini memang sebuah ilmu terapan yang nantinya mencakup teknologi dalam merancang, membangun sebuah bangunan, memelihara dan sampai memperbaiki bangunan. 

Bangunan yang dilakukan bisa seperti bangunan rumah yang sederhana, gedung bertingkat, bendungan, jembatan, jalan dan sebagainya. Namun, ada hal yang harus Anda ketahui bahwa pada prinsipnya dalam Teknik Sipil ini akan ada ilmu yang dipelajari dan nantinya akan banyak berhubungan dengan ilmu Fisika terapan, salah satunya yaitu Ilmu Mekanika. Oleh karena itu, mengapa mahasiswa Teknik Sipil dituntut agar bisa menguasai prinsip-prinsip Matematika dengan sangat baik.

Tidak hanya itu saja, para mahasiswa Teknik Sipil juga tidak mempelajari tentang ilmu mekanis saja dalam keperluan merancang, membangun bangunan dan memelihara struktur bangunan, melainkan program Studi Teknik Sipil ini nantinya akan mempelajari tentang berbagai aspek manajemen konstruksi.

Di sinilah tempatnya agar para mahasiswa nantinya diberi pengetahuan dan juga dilatih dengan baik dalam mengelola pelaksanaan konstruksi secara benar dan tepat, mulai dari mengatur jadwal kerja, pekerjaan, bahan hingga sampai pada peralatan yang dibutuhkan. 

Bagaimana, apakah sampai di sini sudah jelas tentang gambaran apa saja yang nantinya akan dipelajari di program studi Teknik Sipil. Jadi, untuk informasi berikutnya Anda juga harus mengetahui apa saja prospek kerja Teknik Sipil ini setelah lulus. 

Baca juga: Hal-Hal Penting Yang Dipelajari Di Teknik Sipil

Apa Saja Prospek Pekerjaan Lulusan dari Teknik Sipil?

Ada banyak orang bertanya-tanya apa saja prospek pekerjaan lulusan dari Teknik Sipil ini? akankah para lulusan bisa mendapatkan pekerjaan dengan baik? Jika Anda penasaran prospek pekerjaan lulusan dari jurusan ini maka simak berikut ini tentang prospek kerja Teknik Sipil dan gajinya.

1. Insinyur Situs Pembangunan

Untuk yang pertama lulusan Teknik Sipil ini bisa bekerja menjadi insinyur situs pembangunan dengan posisi teknisi ataupun bagian tim pengawas proyek. Jadi, untuk tugas utamanya yaitu sangat berperan penting dalam pekerjaan ini, yang mana nantinya meninjau lokasi pembangunan. Di sini mereka juga akan ikut melakukan pemeriksaan lahar, material atau peralatan yang digunakan hingga keamanan tempat tersebut.

Selain itu, insinyur situs pembangunan ini bisa bekerja di perusahaan konstruksi BUMN ataupun perusahaan-perusahaan swasta. Untuk besaran gaji yang akan diterima dari pekerjaan ini diperkirakan bisa mencapai ratusan juta dalam setahun dan ini tergantung pula dengan pengalaman dari pekerja tersebut.

2. Structural Engineer

Berikutnya ada juga structural engineer, yang mana pekerjaan ini memiliki posisi di balik layar. Jadi, artinya mereka akan bertanggung jawab untuk menganalisis sebuah infrastruktur yang akan diberikan oleh pihak konsultan bangunan. Kemudian, orang yang bekerja di bidang ini tentu saja harus memiliki keahlian yaitu harus bisa mendesain bangunan, memprediksi hingga sampai mencari solusi apabila nantinya proyek bangunan tersebut terjadi suatu masalah.

Namun, bagaimana dengan gaji yang didapatkan dari pekerjaan ini? jadi, mengenai gaji, mereka bisa mendapatkan sekitar Rp. 66 juta untuk per tahunnya dan gaji seperti itu pada biasanya berada di wilayah kota-kota besar salah satunya Jakarta.

3. Surveyor Pengendalian Pembangunan

Tahukah Anda bahwa surveyor pengendalian pembangunan ini memiliki tugas untuk bisa memastikan bahwa proyek pembangunan tersebut telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, apabila nantinya bangunan tersebut tidak memenuhi persyaratan yang berlaku maka tugas Anda sebagai surveyor pengendalian pembangunan wajib untuk memberikan solusi yang baik sebagai pemecahan masalah ini bagi klien.

Tidak hanya itu saja, seorang surveyor nantinya juga harus membantu mengurus berbagai dokumen perizinan apabila dibutuhkan dan diperlukan serta wajib pula untuk mengecek pondasi dan juga sistem drainase dari tanah yang akan dibangun. 

Pekerjaan seperti ini tentu saja memiliki tujuan tersendiri yaitu menjadi keamanan bagi semua pihak sehingga nantinya pada saat melakukan pembangunan sebuah gedung dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah yang terjadi. Untuk gaji, rata-rata pendapatan dari pekerjaan ini yaitu bisa sekitar Rp. 795 juta per tahunnya. Namun, jika levelnya sudah tinggi maka bisa berpeluang mendapatkan gaji yang lebih besar.

Apa Saja Prospek Pekerjaan Lulusan dari Teknik Sipil?

4. Konsultan Konstruksi Bangunan

Jika berbicara mengenai apa prospek kerja Teknik Sipil maka jawabannya adalah para lulusan bisa menjadi salah satu bagian dari pekerjaan ini yaitu konsultan konstruksi bangunan. Jadi, pada bidang pekerjaan ini maka lulusan Teknik Sipil dapat mengambil peran yaitu sebagai project manager, yang mana tugasnya nanti bisa mengawasi dan melakukan manajemen konstruksi yang sedang berkala, melihat berbagai potensi risiko yang nantinya bisa terjadi dengan pembangunan yang sedang berlangsung hingga mengatur budget pembangunan.

Untuk bisa menjadi seorang konsultan konstruksi bangunan tentu saja sangat dibutuhkan kreativitas yang lebih banyak serta kemampuan dalam mendesain sesuai dengan klien inginkan.

5. Kontraktor Insinyur Sipil

Kontraktor insinyur sipil ini sangat cocok buat Anda yang memang senang bergabung dengan proyek pembangunan dan juga bekerja di lapangan. Di mana kontraktor insinyur sipil ini harus bisa mewujudkan segala bentuk rancangan ataupun desain pembangunan yang diberikan oleh konsultan pembangunan, mulai dari tahap dalam pemilihan material yang akan digunakan dan lainnya.

Lalu bagaimana dengan gaji dari pekerjaan ini? mengenai hal ini tentu saja pada biasanya disesuaikan pula dengan pengalaman dari seorang pekerja tersebut dan untuk level tertinggi, misalnya seperti manager tentu saja bisa memungkinkan untuk mendapatkan gaji yang besar dan bahkan bisa ratusan juta rupiah.

6. Pengembang Properti atau Developer

Bagi para lulusan teknik sipil yang memang sudah memiliki pengalaman yang tinggi dan telah mempunyai sertifikasi khusus tentu saja akan memiliki peluang besar untuk bisa membuka lapangan pekerjaan bagi para lulusan teknik sipil lainnya.

misalnya seperti contoh yaitu membuka kantor pengembangan atau developer perumahan, konsultan perencanaan bangunan atau bisa pula membuka jasa konstruksi. Untuk hal ini, mengenai besaran gaji tentu saja bisa Anda tentukan sendiri dan yang terpenting adalah tetap mengikuti semua kebijakan yang berlaku, yang mana sesuai dengan peraturan negara.

7. Menjadi Manajer Konstruksi

Untuk prospek kerja Teknik Sipil yang terakhir bisa menjadi manager konstruksi. Di mana pekerjaan ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki jiwa pemimpin yang tinggi dan mampu memecahkan berbagai masalah dengan baik. Jadi, sebagai seorang manajer konstruksi tentu saja memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar dan akan dituntut lebih banyak.

Tidak hanya itu saja, manajer konstruksi nantinya akan bekerja sama dengan para surveyor, arsitek dan juga bagian perencanaan serta implementasi lainnya. Selain itu, manager juga akan bertugas untuk mengawasi serta memberikan berbagai pengarahan sehingga semua tim anggota Anda bisa bekerja dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama. 

Untuk proyek yang nantinya dikerjakan bisa seputar pembangunan tempat tinggal, industri, bangunan komersial, lingkungan, infrastruktur dan lainnya. Namun, ada hal yang penting untuk Anda ketahui bahwa kemampuan berkomunikasi juga sangat dituntut dalam pekerjaan ini, baik itu komunikasi dengan klien, anggota tim hingga komunikasi dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Bagaimana, sangat menarik sekali bukan prospek kerja dari lulusan Teknik Sipil ini. Untuk itu, bagi Anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar maka Teknik Sipil bisa menjadi salah satu pilihan program studi yang menjanjikan buat Anda pilih. 

Selain itu, untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih baik dan mendapatkan berbagai pengalaman maka Anda bisa memilih Podomoro University. Di mana sejak awal berdirinya, universitas ini memang sudah berkolaborasi dengan Babson Global Inc. di Amerika Serikat sehingga Podomoro University ini menekankan pendidikan yang berbasis pengetahuan umum serta pengalaman kerja langsung di bidang industri. 

Oleh karena itu, jika ingin menjadi lulusan terbaik dan mendapatkan pekerjaan dari salah satu prospek kerja Teknik Sipil seperti di atas maka inilah saatnya untuk memilih Podomoro University sebagai kampus terbaik untuk melanjutkan pendidikan.

Baca juga: Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

6 Rekomendasi Aplikasi Teknik Sipil Terbaik Bagi Mahasiswa

6 Rekomendasi Aplikasi Teknik Sipil Terbaik Bagi Mahasiswa

Dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, seseorang sering kali dilanda rasa bingung dan dilema ketika dihadapkan pada beberapa pilihan jurusan kuliah yang beraneka ragam. Ini tentunya wajar, dikarenakan kebanyakan dari mereka dituntut untuk bisa menentukan pilihan jurusan mana yang sesuai dengan bakat dan minat serta memiliki prospek kerja yang bagus di masa depan. Sebagai saran, tidak

Hal-Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Hal-Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil termasuk salah satu jurusan yang menjanjikan. Jurusan ini berkaitan dengan pembangunan bangunan dan konstruksinya.  Dengan semakin pesatnya pertumbuhan pembangunan tentu menjadikan Indonesia terus membutuhkan kader-kader generasi muda yang paham mengenai pembangunan. Meskipun mahasiswa teknik sipil akan belajar tentang semen. Konstruksi dan lain sebagainya namun lulusan teknik sipil bukanlah seorang tukang bangunan, ada

Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan yang bisa dipilih di Fakultas Teknik. Jurusan ini memiliki bidang yang spesifik terkait dengan konstruksi atau pembangunan fisik infrastruktur. Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan dengan peminat yang banyak karena memiliki peluang karir yang menarik dan menjadi salah satu alasan masuk teknik sipil yang paling mudah dipahami. 

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Pilihan bidang ilmu yang dipelajari dan ditekuni bisa menjadi profesi yang selanjutnya menjadi jalan hidup seseorang. Salah satu saat yang sangat menentukan dalam membuat pilihan ini adalah saat memilih jurusan kuliah. Mengetahui perbedaan teknik sipil dan arsitektur bisa menjadi sebuah panduan dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan. Jurusan teknik sipil