ArticleProduct Design

Kolaborasi Podomoro University dan Propan

Pandemi Covid-19 yang mewabah Indonesia hingga kini, tak lantas membuat Propan Raya berdiam diri. Perusahaan yang didirikan oleh Dr. Hendra Adidarma ini terus membuat berbagai aktivitas menarik di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, bekerjasama dengan Program Studi Desain Produk Podomoro University, Propan Raya adakan webinar tentang pengecatan.

Webinar atau web seminar yang diselenggarakan Propan Raya dan Podomoro University mengusung tema “Creative Design During Quarantine: Applied Tech for Finishing Material”. Acara ini ditujukan sebagai upaya mengisi kegiatan kreatif di masa pandemi Covid-19. Semua protokoler kesehatannya pun sangat diperhatikan selama acara berlangsung.

Walau berkolaborasi dengan Universitas, acara ini tak hanya diperuntukkan bagi Mahasiswa Program Studi Desain Produk Podomoro University, tetapi juga buat umum. “Kami bersyukur, peserta yang ikut webinar ini tak hanya dari kampus kami, tetapi dari SMK perkayuan di Semarang dan beberapa profesional, baik yang berprofesi sebagai desainer interior maupun desainer produk, termasuk pemilik workshop. Bahkan, kami tadi monitoring ada temen-temen profesional yang berasal dari Bali,” ucap Kepala Program Studi Desain Produk Podomoro University, Boyke Janus Anshory.

Narasumber utama webinar bertema “Creative Design During Quarantine: Applied Tech for Finishing Material” ini adalah Head of Industry Business Unit Department PT Propan Raya, Michel Wahyudi. Sementara, moderatornya adalah Cindy Wijaya, seorang mahasiswi Program Desain Produk angkatan 2019. Lokasi acaranya diselenggarakan di Propan Inspiration Center pada 1 Juli 2020.

Ada 3 produk yang diangkat pada acara seminar ini, yakni Propan Epoxy Casting EC-973-2K, Stainless Gold Stain SS-700 untuk memberikan efek warna gold pada substrate stainless mirror, dan special effect warna Anthracite Black menggunakan produk Durogloss pada panel mosaic 3 dimensi dari Mosaicart Indonesia.

Propan Epoxy Casting adalah cat Epoxy 2 komponen yang sangat cocok untuk kreasi finishing table top atau pembuatan cenderamata dengan cara di-cor (casting method). Stainless Gold Stain SS-700 adalah bahan pewarna khusus yang diaplikasikan dengan cara dicampurkan pada produk Ultran Super Enamel USE-60 CLEAR GLOSS untuk diaplikasikan pada substrate stainless mirror atau stainless hairline supaya mendapatkan efek warna gold.

 Saat ini, sudah tersedia 4 warna pilihan yaitu Gold, Rose Gold, Bronze dan Black. Sementara, Special Effect warna Anthracite Black menggunakan kombinasi produk PU Surfacer PUSF-781-2K, DUROGLOSS SILVER METALLIC 9115, DUROGLOSS BLACK dan NC-141 CLEAR DOF untuk mendapatkan hasil akhir yang artistik.

“Kami memilih 3 produk ini karena produk ini termasuk produk baru Propan yang sangat inovatif. Kami juga menyesuaikan dengan audience dimana para peserta yang ikut adalah Mahasiswa Desain Produk, Desainer Interior Profesional, dan Workshop. Ketiga produk ini dapat sangat tepat diberikan kepada mereka karena dapat meningkatkan nilai jual dari desain yang dibuat,” ucap Michel Wahyudi.

Tak hanya memaparkan produknya secara lisan, Michel Wahyudi dibantu dengan tim memberikan penjelasan dalam bentuk praktik pengecatan. Para peserta yang mengikuti Webinar ini makin antusias saat mengikuti sesi praktik karena mereka jadi paham dan mengerti betapa mudahnya produk-produk inovasi Propan ini diaplikasi. Bahkan, antusiasme ini juga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk selama acara berlangsung.

Regional Industri Department Head PT Propan Raya, Andi Wibowo mengungkapkan bahwa sebuah kehormatan bagi Propan Raya dapat berkolaborasi dengan Podomoro University. “Kerjasama antara Propan Raya dan Podomoro University sudah berlangsung dari beberapa tahun lalu. Semoga, melalui kegiatan ini nama Propan akan semakin dikenal di semua kalangan, baik profesional maupun generasi mudanya,” ucap Andi Wibowo.

Di kesempatan yang sama, Boyke Janus Anshory mengungkapkan apresiasi yang mendalam kepada Propan Raya. “Kami menilai, komitmen Propan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat luas sangat luar biasa. Sebagai tenaga pendidik, kami sangat senang bisa berkolaborasi. Edukasi ini pastinya sangat bermanfaat, terutama bagi para mahasiswa kami di Program Studi Desain Produk,” ungkapnya.

Untuk teman-teman yang ingin mengetahui lebih lanjut informasi seputar produk atau ingin diberikan pelatihan Workshop, atau teman-teman juga ingin mengetahui lebih mendalam juga tentang Desain Produk dan Propan, teman-teman bisa follow instagram berikut : @decoporomoro, @propanraya, dan bisa kirim email ke infopropan@propanraya.com. Selamat mengisi kegiatan kreatif di masa pandemi Covid-19 ya.

Sumber : http://news.propanraya.com/news-event/propan-raya-dan-podomoro-university-adakan-webinar-terkait-edukasi-pengecatan

Part of : Product Design

Writer : M Irfan Hidayatullah (Propan)
Editor : Marcomm