Podomoro University Meraih Juara di KMI EXPO 2019

Sebagai puncak dari kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia setiap tahun diadakan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Expo KMI) yang merupakan ajang pertemuan Mahasiswa Wirausaha se-Indonesia yang bertujuan untuk menggelorakan semangat Kewirausahaan melalui Kompetisi Bisnis dari berbagai Program Kewirausahaan yang telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi.

Pada tahun ini, KMI EXPO dilaksanakan di Politeknik Negeri Batam pada 22 – 25 November 2019. Podomoro University bersama PUCEL berhasil membawa empat kelompok mahasiswa yakni Browbites, Bearnice, Ilios dan Ree-Dee untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan tujuan untuk membangun kerjasama dan networking bersama pengusaha lainnya di seluruh Indonesia.  

Kelompok mahasiswa berangkat dari Podomoro University ke Kota Batam pada tanggal 21 November 2019. Pada hari pertama sampai, seluruh anggota kelompok usaha mempersiapkan setiap perlengkapan dekorasi booth yang diperlukan, mulai dari hiasan untuk meja display hingga backdrop yang akan digunakan. Persiapan booth Podomoro University yang teletak di E5 Hangar Politeknik Negeri Batam dilakukan pada tanggal 22 November 2019 yang berlangsung pada pukul 09.00 sampai 17.00 yang dilanjutkan dengan serangkaian acara Pembukaan KMI EXPO 2019. Pada acara pembukaannya diisi dengan persembahan dua tari oleh Sanggar KuAS Polibatam, serta kata sambutan oleh Direktur Polibatam yakni Bapak Dr. Priyono Eko Sanyoto.

Pada tanggal 23 November 2019, acara KMI EXPO dibuka pada pukul 09.00 WIB yang dimulai dengan kunjungan stand EXPO KMI oleh juri maupun pengunjung lainnya. Pada hari yang bersamaan, dilaksanakan berbagai Talkshow dan Workshop seperti Talkshow “Wirausaha Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0” yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Serta Workshop Kewirausahaan yang diberikan oleh Asisten Deputi Kementrian Koperasi dan UKM, dilanjutkan dengan acara Sarasehan ISEN dan penilaian KMI Award hari pertama yang diikuti oleh Ree-Dee, Bearnice, dan Ilios.

Pada hari kedua Expo, diisi dengan talkshow dan workshop lainnya dengan berbagai sumber entrepreneur berpengalaman lainnya, yakni seperti Bapak Jeffry Mandala Putera dan Bapak Tutus Kusuma. Selain itu, diisi juga dengan KMI Award yang diikuti oleh kelompok usaha Ilios. Setelah semua acara selesai, ditutup dengan rangkaian acara penutup yang mengumumkan pemenang dari setiap kategori.

Memang tiada proses yang menghianati hasil, Podomoro University berhasil  membawa pulang penghargaan Juara Harapan untuk Booth terbaik diantara lebih dari 100 Universitas di seluruh Indonesia serta Browbites yang berhasil membawa pulang Juara Harapan kategori Makanan dan Minuman yang bersanding dengan Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga dan Institut Pertanian Bogor. Sangat banyak pengalaman maupun pengetahuan yang didapatkan selama mengikuti KMI EXPO 2019 ini, mulai dari cara untuk membangun relasi hingga membangun koneksi.

Writer : Jessica
Editor : Marcomm