Penyelenggaraan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XI 2020 di Podomoro University

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo atau yang lebih dikenal dengan KMI Expo kembali diselenggarakan tahun ini. KMI Expo adalah perhelatan besar tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan merupakan suatu kehormatan bagi  Podomoro University dimana Podomoro University mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan KMI Expo XI 2020 pertama kali secara daring.

Tema yang diangkat pada tahun ini adalah ‘Connecting Opportunities’ atau ‘Menghubungkan Peluang’, yang bermakna kegiatan KMI Expo XI 2020 membuka peluang bagi seluruh peserta & khalayak dari seluruh Indonesia untuk saling berjejaring dalam mengembangkan peluang menjadi kegiatan kewirausahaan yang berkesinambungan.

Rangkaian acara KMI Expo XI 2020 telah dilaksanakan sejak tanggal 23 November sampai dengan puncak acara yaitu 5 Desember 2020. KMI Expo 2020 diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik mulai dari Kuliah umum kewirausahaan, Seminar bisnis yang dibawakan oleh para pembicara profesional, Kompetisi workshop kewirausahaan, Sarasehan Forum Komunikasi Bidang Kemahasiswaan, Forum Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia, Indonesian Student Entrepreneurship Network sampai dengan Stand up comedy kewirausahaan.

Acara KMI Expo XI 2020 sendiri secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud RI Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D bersama dengan Rektor Podomoro University, Bapak Bacelius Ruru S.H., LL.M pada tanggal 4 Desember 2020. Acara KMI Expo XI resmi ditutup pada tanggal 5 Desember 2020 oleh Wakil Rektor Akademik, Ibu Dr. rer.nat Maria Prihandrijanti, S.T.

Pembicara-pembicara profesional yang turut hadir memeriahkan penyelenggaraan KMI Expo XI 2020 diantaranya adalah :

Prof. Donna Kelley sebagai Entrepreneurship Professor Babson College, membawakan keynote speechdengan tema ‘Connecting The World Through Entrepreneurship’. Di dalam keynote speech beliau, Prof. Donna Kelley mengatakan bahwa “Kewirausahaan dapat menciptakan lowongan pekerjaan yang tentunya sangat penting untuk meningkatkan ekonomi suatu negara”.

Paquita Widjaya dari Sintesa Group, membawakan kuliah umum dengan tema ‘Connecting Your Personal Values to Your Business Values’.

Ilham Habibie sebagai Aeronautics Expert, Technopreneur, dan Equity Investorsebagai pembicara dalam talkshow dengan tema ‘Connecting Technology to Entrepreneurship’.

Dayu Dara Permata sebagai CEO & Founder Pinhome, hadir sebagai pembicara dengan tema ‘Connecting Technology to Entrepreneurship’.Kreatifitas dan inovasi menjadi kunci yang paling penting untuk menjadi seorang technopreneur.

Raditya Dika seorang content creator, komedian dan penulis berbagi insight mengenai creativepreneur dengan tema ‘Connecting Fun and Business’.

Klemens Rahardja sebagai Founder of The Entrepreneurs Society hadir dengan semangat dan inspirasi entreperenur dalam seminar bisnis dengan tema ‘Connecting Entrepreneurs’.

Sandiaga Uno seorang entrepreneur sukses membagikan ilmu dan pengalaman beliau sebagai entrepreneur melalui keynote speech dengan tema ‘Connecting The Role of Student Entrepreneurs to Social and Economy Impact for The Community’.

Irfan  Aulia sebagai CEO Massive Music Entertainment dan Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional berbagi pengalaman di industri musik dalam seminar bisnis dengan tema ‘Connecting Creativity to Entrepreneurs’.

Patrick Effendy sebagai sebagai produser Film membagikan pengalam jatuh bangun di industri kreatif dalam seminar bisnis ‘Connecting Creativity to Entrepreneurs’.

Dion D Barata sebagai Senior Program Manager di Wadhwani Foundation berbagi ilmu dalam kuliah umum dengan tema ‘Connecting Yourself to the New Ecosystem in New Venture Creation’.

Insight positif dari para pembicara tentu menjadi nilai positif bagi seluruh peserta yang hadir dalam KMI Expo XI tahun 2020. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba untuk KMI Awards berbagai kategori, pemenang Start-up Summit Awards, pemenang Workshop Competition, dan pemenang I-Pitching Competition 2020.

Terima kasih kepada setiap partisipan yang telah berpatisipasi dan ikut meramaikan KMI EXPO XI 2020. Sampai Jumpa di KMI EXPO selanjutnya!

Writer : Karenina Suwandi (HBP 2017) & Friska Olivia (Accounting 2018)
Editor : Marcomm

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Kado Istimewa Menjelang Dies Natalis ke-9, Universitas Agung Podomoro Berhasil Meraih Peringkat Akreditasi Institusi Baik Sekali

Jakarta, 29 Juni 2022- Pada tahun ini, Universitas Agung Podomoro atau biasa dikenal dengan Podomoro University, untuk pertama kalinya telah berhasil melaksanakan kegiatan asesmen lapangan Akreditasi Institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan perolehan peringkat Akreditasi Institusi Baik Sekali, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut secara tatap muka dari tanggal 17 Juni

Program Studi S1 Kewirausahaan Universitas Agung Podomoro Berhasil Meraih Predikat Akreditasi Baik Sekali

Jakarta, 17-18 Desember 2021. Pada tanggal 17-18 Desember Program Studi S1 Kewirausahaan Universitas Agung Podomoro melaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan oleh asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Acara visitasi akreditasi dilakukan secara daring selama 2 hari berturut-turut yang dihadiri oleh tim manajemen Universitas Agung Podomoro serta tim assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  yang terdiri

Wisuda Podomoro University

Podomoro University Selenggarakan Wisuda Ke-4 dengan Tema “Menjadi Insan Unggul serta Kreatif demi Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”

Jakarta – Pada hari Jumat, 10 Desember 2021, Universitas Agung Podomoro atau yang biasa dikenal dengan Podomoro University telah melaksanakan prosesi wisuda dengan tema “Menjadi Insan Unggul serta Kreatif demi Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Acara wisuda ke-4 Podomoro University diselenggarakan secara daring dan luring bertempat di kampus Podomoro University. Acara wisuda secara resmi dibuka oleh

Podomoro University Menerima 3 Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III

Prestasi kembali diukir oleh Podomoro University. Pada hari ini, bertepatan dengan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bagi perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III yang diselenggarakan di Kampus Universitas Multimedia Nusantara Jakarta, diumumkan pula penghargaan beberapa kategori prestasi untuk perguruan tinggi yang berada di bawah LLDIKTI Wilayah III. Dalam acara ini, LLDIKTI Wilayah III secara khusus