ArticleGeneral

Pentingnya Digital Marketing dalam Bisnis

Marketing merupakan salah satu bagian yang penting dalam suatu perusahaan. Pasalnya, marketing memiliki pengaruh dampak yang besar dalam kelangsungan bisnis. Marketing merupakan suatu teknik memasarkan dan mengenalkan produk pada masyarakat dan menyusun strategi agar barang atau jasa yang ditawarkan menarik banyak konsumen sehingga dapat memberikan keuntungan pada perusahaan. Dapat dibilang marketing adalah “Ujung Tombak” perusahaan.

Di era serba digital ini, segala sesuatu menjadi serba cepat, praktis, mudah, dan instan. Perkembangan teknologi yang semakin cepat diikuti dunia semakin terkoneksi membuat berbagai pelaku bisnis menshifting strategi marketingnya untuk lebih cenderung mengacu pada digital marketing.  Digital marketing adalah suatu teknik pemasaran secara online di berbagai media seperti website, sosmed (Instagram, Facebook Line), dsb, blog, dan berbagai bentuk lainnya.

Source : Pinterest

Melihat peluang banyaknya masyarakat menghabiskan waktunya untuk streaming internet, sangat diperlukan untuk membentuk strategi digital marketing yang matang agar perusahaan dapat berkomunikasi dengan calon konsumen. Sosial media merupakan media utama yang biasanya digunakkan oleh masyarakat. Menurut data dari We Are Social dan Hootsuite yakni perusahaan media asal Inggris, pengguna media social masyarakat Indonesia mecapai 56% dari populasi dunia.  Rata -rata masyarakat Indonesia menghabiskan 3 jam 23 menit untuk mengakses media social per harinya (Kompas, 2018).

Faktor yang pertama adalah digital marketing ini memberikan kesempatan pada pembisnis skala kecil hingga menengah untuk dapat bersaing. Pembisnis skala ini biasanya tidak memiliki banyak resource, sehingga channel marketing dengan digital marketing sangat menghemat biaya. Faktor yang kedua adalah menfasilitasi interaksi dengan target audience, digital marketing menfasilitasi interaksi dengan calon pelanggan. Hal ini akan mempermudah pembisnis untuk memaparkan fitur produk secara detail serta mempermudah menerima masukan dari pelanggan secara lebih efisien. Selain itu dengan adanya fitur testimoni dalam media social akan meningkatkan kepercayaan masyarakat akan produk yang perusahaan tawarkan.

Tentunya hal ini juga akan membantu meningkatkan reputasi brand produk. Faktor yang terakhir adalah fleksibiltas. Salah satu platform digital marketing yakni media sosial dapat diakses kapanpun di berbagai tempat bahkan menjangkau belahan dunia tanpa batas. Didukung dengan media jual beli online, mempermudah adanya transaksi yang biasanya terbatas dalam metode penjualan konvensional yakni interaksi langsung antara pembeli dan penjual barang.

Dapat disimpulkan bahwa digital marketing khususnya dalam hal ini platform media social sangat membantu pembisnis dalam mempermudah kegiatan pemasarannya sehingga menjadi lebih efisien, fleksibel, dan memberikan ruang bagi pembisnis skala kecil hingga menengah untuk dapat bersaing.  Maka dari itu sangat diperlukan pembelajaran terkait digital marketing secara intensif khususnya pada calon pembisnis ataupun calon karyawan yang ingin menjadi marketers.

Part of : PU-X

Writer : Anastasia Sabrina
Editor : Marcomm