Mengenal Siklus Hidup Kontrak

Siapa yang tak kenal kontrak? Sederhananya, kontrak adalah perjanjian diantara kedua belah pihak yang bersepakat akan suatu hal. Kita dapat menemukan banyak sekali contoh kontrak dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebagai contoh, kontrak pembelian suatu barang, kontrak asuransi, kontrak sewa-menyewa, kontrak kerja, dan lain sebagainya. Semua ini merupakan bentuk-bentuk kontrak yang menyesuaikan dengan kebutuhan para pihak yang berkontrak.

Dalam ranah industri konstruksi, dikenal kontrak konstruksi. Kontrak konstruksi ini menjabarkan hak, kewajiban dan tanggung jawab para pihak dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Kontrak konstruksi menjadi pondasi penting pelaksanaan pekerjaan. Tanpa ada kontrak konstruksi secara tertulis yang mengikat para pihak, pelaksanaan pekerjaan dapat menjadi kabur dan tidak sah.

Melihat pentingnya suatu kontrak dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi, maka ada baiknya bagi kita untuk mengenal siklus hidup kontrak konstruksi. Menurut Kerangka Ilmu Manajemen Kontrak Konstruksi (2021), kontrak konstruksi seperti halnya kontrak pada umumnya, memiliki suatu siklus hidup yang mendefinisikan awal mulai dan berakhirnya kontrak tersebut. Secara sederhana, siklus hidup kontrak konstruksi ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pra kontrak, penyusunan kontrak, dan paska kontrak.

Tahap pra kontrak dimulai sejak inisiasi proyek yang diikuti dengan perencanaan awal. Perencanaan awal ini sendiri penting untuk mendefinisikan tujuan serta lingkup proyek, membuat struktur organisasi proyek, melakukan akuisisi yang diperlukan, dan melaksanakan studi kelayakan proyek.

Tahap penyusunan kontrak melibatkan segala proses untuk menyusun kontrak dari awal hingga ditandatanganinya kontrak tersebut oleh para pihak. Tahap ini mencakup keseluruhan proses tender, negosiasi kontrak, hingga penandatangan kontrak yang telah disepakati bersama.

Sedangkan tahap paska kontrak merupakan tahap terakhir dari siklus kontrak. Tahap ini sendiri merupakan tahap eksekusi kontrak yang sekaligus menandai dimulainya administrasi kontrak di lapangan. Disini, segala proses pelaksanaan pekerjaan konstruksi harus mematuhi segala ketentuan yang terdapat di dalam kontrak dan dokumen-dokumen kontrak lainnya.

Referensi :
Hansen, S. (2021). Kerangka Ilmu Manajemen Kontrak Konstruksi. Jakarta : Podomoro University Press.

Writer : CEM
Editor : Marcomm

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

6 Rekomendasi Aplikasi Teknik Sipil Terbaik Bagi Mahasiswa

6 Rekomendasi Aplikasi Teknik Sipil Terbaik Bagi Mahasiswa

Dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, seseorang sering kali dilanda rasa bingung dan dilema ketika dihadapkan pada beberapa pilihan jurusan kuliah yang beraneka ragam. Ini tentunya wajar, dikarenakan kebanyakan dari mereka dituntut untuk bisa menentukan pilihan jurusan mana yang sesuai dengan bakat dan minat serta memiliki prospek kerja yang bagus di masa depan. Sebagai saran, tidak

Hal-Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Hal-Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil termasuk salah satu jurusan yang menjanjikan. Jurusan ini berkaitan dengan pembangunan bangunan dan konstruksinya.  Dengan semakin pesatnya pertumbuhan pembangunan tentu menjadikan Indonesia terus membutuhkan kader-kader generasi muda yang paham mengenai pembangunan. Meskipun mahasiswa teknik sipil akan belajar tentang semen. Konstruksi dan lain sebagainya namun lulusan teknik sipil bukanlah seorang tukang bangunan, ada

Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan yang bisa dipilih di Fakultas Teknik. Jurusan ini memiliki bidang yang spesifik terkait dengan konstruksi atau pembangunan fisik infrastruktur. Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan dengan peminat yang banyak karena memiliki peluang karir yang menarik dan menjadi salah satu alasan masuk teknik sipil yang paling mudah dipahami. 

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Pilihan bidang ilmu yang dipelajari dan ditekuni bisa menjadi profesi yang selanjutnya menjadi jalan hidup seseorang. Salah satu saat yang sangat menentukan dalam membuat pilihan ini adalah saat memilih jurusan kuliah. Mengetahui perbedaan teknik sipil dan arsitektur bisa menjadi sebuah panduan dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan. Jurusan teknik sipil