Mengenal Quantity Surveyor (QS) lebih dekat

Dalam dunia konstruksi, Quantity Surveyor memiliki peran penting dalam proses pelaksanaannya. Mulai dari awal perencanaan sebuah konstruksi hingga berlangsungnya pekerjaan konstruksi tersebut. Jadi apakah tugas Quantity Surveyor dalam pekerjaan konstruksi? Quantity Surveyor merupakan penanggung jawab dalam membuat, mengatur, melaksanakan dan mengontrol kegiatan operasional kuantitas konstruksi serta biaya dan anggaran proyek tersebut.

Kali ini Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi bekerja sama dengan Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI) serta dukungan dari Podomoro University Xpertise Center (PU-X) membuat kegiatan Workshop Quantity Surveyor yang dapat diikuti oleh mahasiswa baik dari Universitas Agung Podomoro maupun dari luar.

Pada setiap pertemuan pada kegiatan ini materi yang disampaikan oleh para pakar yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Ringkasnya :

  • Pengenalan Quantity Surveyor oleh Bapak Rizaldi. Beliau merupakan Quantity Surveyor pada institusi Konsultan, Developer dan Kontraktor dalam proyek-proyek besar di negeri ini.
  • Pembuatan BOQ (Bill Of Quantity) Struktur dalam SMPI oleh Bapak Jumadi. Beliau menjabat sebagai Direktur PT. Reka Prima Kuantitama yang merupakan perusahaan swasta nasional dalam bidang Jasa Konsultan Biaya Bangunan.
  • Pembuatan BOQ Arsitektur dalam SMPI oleh Ibu Clara Anjarwati yang merupakan Direktur pada PT Rider Levett Bucknall Indonesia
  • Pembuatan BOQ Mechanical Electrical dalam SMPI oleh Bapak Harry Surhato, beliau sangat berpengalaman dalam bidang ini yang merupakan penutup dari pengenalan QS.

Nantinya akan diadakan kembali kegiatan Quantity Surveyor ini agar dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas, bukan hanya dari mahasiswa Podomoro melainkan universitas lain juga. Jadi bagi kalian yang belum ikut berpartisipasi, stay tune ya di instagram @podomorouniversity & @cem.podomorouniversity.

Part of : Construction Engineering and Management

Writer : Suci Dewi Sartika R
Editor : Marcomm

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

6 Rekomendasi Aplikasi Teknik Sipil Terbaik Bagi Mahasiswa

6 Rekomendasi Aplikasi Teknik Sipil Terbaik Bagi Mahasiswa

Dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, seseorang sering kali dilanda rasa bingung dan dilema ketika dihadapkan pada beberapa pilihan jurusan kuliah yang beraneka ragam. Ini tentunya wajar, dikarenakan kebanyakan dari mereka dituntut untuk bisa menentukan pilihan jurusan mana yang sesuai dengan bakat dan minat serta memiliki prospek kerja yang bagus di masa depan. Sebagai saran, tidak

Hal-Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Hal-Hal Penting yang Dipelajari di Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil termasuk salah satu jurusan yang menjanjikan. Jurusan ini berkaitan dengan pembangunan bangunan dan konstruksinya.  Dengan semakin pesatnya pertumbuhan pembangunan tentu menjadikan Indonesia terus membutuhkan kader-kader generasi muda yang paham mengenai pembangunan. Meskipun mahasiswa teknik sipil akan belajar tentang semen. Konstruksi dan lain sebagainya namun lulusan teknik sipil bukanlah seorang tukang bangunan, ada

Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Mengenal Persyaratan dan 7 Alasan Masuk Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan yang bisa dipilih di Fakultas Teknik. Jurusan ini memiliki bidang yang spesifik terkait dengan konstruksi atau pembangunan fisik infrastruktur. Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan dengan peminat yang banyak karena memiliki peluang karir yang menarik dan menjadi salah satu alasan masuk teknik sipil yang paling mudah dipahami. 

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Pilihan bidang ilmu yang dipelajari dan ditekuni bisa menjadi profesi yang selanjutnya menjadi jalan hidup seseorang. Salah satu saat yang sangat menentukan dalam membuat pilihan ini adalah saat memilih jurusan kuliah. Mengetahui perbedaan teknik sipil dan arsitektur bisa menjadi sebuah panduan dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan. Jurusan teknik sipil