ArticleConstruction Engineering and Management

Mengenal Quantity Surveyor (QS) lebih dekat

Dalam dunia konstruksi, Quantity Surveyor memiliki peran penting dalam proses pelaksanaannya. Mulai dari awal perencanaan sebuah konstruksi hingga berlangsungnya pekerjaan konstruksi tersebut. Jadi apakah tugas Quantity Surveyor dalam pekerjaan konstruksi? Quantity Surveyor merupakan penanggung jawab dalam membuat, mengatur, melaksanakan dan mengontrol kegiatan operasional kuantitas konstruksi serta biaya dan anggaran proyek tersebut.

Kali ini Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi bekerja sama dengan Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI) serta dukungan dari Podomoro University Xpertise Center (PU-X) membuat kegiatan Workshop Quantity Surveyor yang dapat diikuti oleh mahasiswa baik dari Universitas Agung Podomoro maupun dari luar.

Pada setiap pertemuan pada kegiatan ini materi yang disampaikan oleh para pakar yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Ringkasnya :

  • Pengenalan Quantity Surveyor oleh Bapak Rizaldi. Beliau merupakan Quantity Surveyor pada institusi Konsultan, Developer dan Kontraktor dalam proyek-proyek besar di negeri ini.
  • Pembuatan BOQ (Bill Of Quantity) Struktur dalam SMPI oleh Bapak Jumadi. Beliau menjabat sebagai Direktur PT. Reka Prima Kuantitama yang merupakan perusahaan swasta nasional dalam bidang Jasa Konsultan Biaya Bangunan.
  • Pembuatan BOQ Arsitektur dalam SMPI oleh Ibu Clara Anjarwati yang merupakan Direktur pada PT Rider Levett Bucknall Indonesia
  • Pembuatan BOQ Mechanical Electrical dalam SMPI oleh Bapak Harry Surhato, beliau sangat berpengalaman dalam bidang ini yang merupakan penutup dari pengenalan QS.

Nantinya akan diadakan kembali kegiatan Quantity Surveyor ini agar dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkualitas, bukan hanya dari mahasiswa Podomoro melainkan universitas lain juga. Jadi bagi kalian yang belum ikut berpartisipasi, stay tune ya di instagram @podomorouniversity & @cem.podomorouniversity.

Part of : Construction Engineering and Management

Writer : Suci Dewi Sartika R
Editor : Marcomm