Apa Saja Opsi Jalur Studi untuk Mendalami Kontrak Bisnis?

Kontrak dalam dunia bisnis adalah hal penting. Sayangnya kontrak sulit dipelajari terutama untuk keperluan bisnis. Kontrak bisnis adalah hal yang kompleks. Anda harus bisa memiliki pengetahuan dari segi relasi bisnis, pengetahuan transaksi, komunikasi, mediasi dan hukum. Pengetahuan ini juga tidak tetap karena setiap harinya aturan kontrak bisa berubah.

Walaupun digunakan umum dalam bisnis dan berbagai industri, banyak orang masih bingung cara mendalami hal ini. Dalam artikel ini, mari bahas bersama tentang jalur studi yang bisa Anda coba untuk mendalami ilmu kontrak di dunia bisnis!

Apa Saja Opsi Jalur Studi untuk Mendalami Kontrak Bisnis?

Pahami Dulu Apa Itu Kontrak Bisnis

Kontrak bisnis adalah adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih untuk keperluan komersial. Dalam artian umum ini, perjanjian dalam konteks bisnis apapun bisa masuk ke dalamnya. Contoh saja kontrak untuk sewa tempat dagang. Hal ini hanya sederhana, Anda menyewa ruko untuk dijadikan tempat tinggal dan juga tempat operasi jual beli. Dari informasi ini, kontrak ini mengikat secara komersial dan bisa dipandang sebagai perjanjian bisnis.

Walaupun mudah dipahami apa perbedaan kontrak untuk bisnis dan kontrak tipe lainnya, mendalami ilmu ini tidaklah mudah. Seperti yang Anda tahu, tiap bentuk perjanjian komersial sangat luas cakupannya. Mulai dari hal kecil seperti sewa tempat, buka warung sampai perjanjian perdagangan hasil tambang antar negara bisa masuk ke dalam konteks ilmu ini.

Karena dalam dan luas cakupannya, studi seputar kontrak bisnis sangat sulit dikejar. Anda harus mampu menguasai banyak hal dan mengetahuinya secara mendalam. Contoh saja saat membuat perjanjian bisnis investasi secara syariah. Artinya, Anda harus tahu hukum syariah untuk bisnis serta administrasi investasi bisnis dalam konteks ini. Tidak semua orang dapat mendalami kedua hal tersebut. Karena itu, tidak aneh jika banyak orang bingung memilih jalur studi tentang hal ini.

Baca juga: Apa Itu Hukum Bisnis? Kenali Aturan Penting untuk Pelaku Bisnis

Solusi Memilih Jalur Studi Untuk Kontrak Bisnis

Bagi Anda yang bimbang memilih jalur studi seputar kontrak dan bisnis, sebenarnya ada solusi yang dapat Anda coba. Solusi ini adalah dengan lebih fokus mendalami studi yang ingin Anda capai. Contoh saja untuk mendalami kontrak hubungan dagang internasional. Untuk hal ini, Anda bisa masuk ke jurusan hukum bisnis internasional ataupun perdagangan internasional.

Anda jangan coba kuasai kontrak seputar bisnis secara menyeluruh, tapi fokus untuk bagian kecil yang sekiranya Anda butuhkan. Untuk mendalami hubungan dagang internasional, Anda tidak perlu mencoba belajar ekonomi syariah untuk kontrak dagang menurut Islam bukan? Karena itu, lebih fokus saja ke tujuan studi Anda.

Beberapa Opsi Jalur Studi yang Berhubungan dengan Kontrak Bisnis

Setelah mendapatkan solusinya, sekarang waktunya membahas tentang opsi jalur-jalur studi yang bisa Anda pilih. Tiap jalur studi ini akan membahas kontrak antar bisnis dan juga dunia perjanjian komersial sesuai bidangnya. Mari bahas bersama jalur-jalur tersebut pada bagian ini:

1. Ekonomi Syariah

Jalur studi ini berhubungan dengan ekonomi berdasarkan Islam. Di Indonesia, model bisnis syariah sudah mulai menyebar dan bahkan sukses. Karena popularitas ini, tidak aneh jika pendalaman kontrak menurut ekonomi syariah juga dibutuhkan.

Sayangnya jalur studi ini tidak terlalu dalam membahas berbagai bentuk hukum dan kontrak lainnya. Karena itu, Anda harus bisa belajar material tambahan seputar kontrak dagang dan hukum bisnis lain seputarnya.

2. Manajemen Pemborong Kontrak

Manajemen pemborong kontrak adalah jalur studi unik yang sekarang makin dipandang banyak orang. Jalur studi ini populer untuk perusahaan yang mencari proyek-proyek kerja dari pemerintah dan pihak swasta lainnya.

Contoh saja dalam hal pembangunan ibu kota baru Indonesia. Para perusahaan kontraktor bangunan besar Indonesia bertarung untuk tender job membangun infrastruktur kota baru tersebut. Untuk memastikan menang tender seperti ini, ilmu manajemen borong kontrak tentu penting.

3. Manajemen Bisnis

Manajemen tentu saja mengurusi administrasi dan hubungan dengan perusahaan lain. Tidak semua bagian memang mendalami kontrak, tapi dalam belajar seputar manajemen, bahasan kontrak pasti muncul.

Contoh saja seputar manajemen SDM. Karyawan akan memiliki kontrak ketenagakerjaan khusus dengan perusahaan seputar upah, pajak, jam kerja, lama kerja dan juga aspek lain dalam ketenagakerjaan. Karena hal ini, kontrak kerja harus dipelajari baik di jalur studi manajemen.

4. Hukum Perdata

Hukum perdata lebih ditujukan untuk Anda yang mengejar jalur studi seputar hukum kontrak. Mulai dari pelanggaran kontrak sampai juga memastikan penegakan kontrak, semua ada hukumnya. Untuk memastikan Anda ahli seputar penegakan kontrak ini, Anda bisa ambil jalur studi yang satu ini.

5. Administrasi Bisnis

Studi kontrak bisnis dapat ditemukan juga dalam jurusan administrasi terutama dalam administrasi bisnis. Jalur studi yang satu ini mendalami hubungan kerja antara keperluan pemerintahan dan swasta. Tidak aneh jika pemerintah daerah memerlukan kontrak dengan kontraktor tertentu untuk membangun infrastruktur besar.

Proyek dan tender dalam urusan bisnis konstruksi tidak pernah lepas dalam bahasan administrasi. Karena hal ini, Anda yang ingin mendalami kontrak seputar pembangunan infrastruktur dan bisnisnya, silahkan ambil jurusan yang satu ini.

6. Ilmu Ekonomi

Fungsi kontrak dalam bisnis tentu saja memiliki dasar ilmu ekonomi. Untuk memahami motivasi bisnis dan peraturan seputarnya, ilmu ekonomi bisa jadi jalur yang baik. Hal ini terutama menarik bagi Anda yang ingin lebih mendalami sisi ekonomi dari sebuah perjanjian bisnis.

Beberapa Opsi Jalur Studi yang Berhubungan dengan Kontrak Bisnis

7. Bisnis Digital

Mendalami kontrak bisnis dari studi bisnis digital akan jauh berbeda dengan jalur studi lainnya. Aturan seputar hukum bisnis digital belum benar-benar matang. Saat ini saja, aturan seputar internet belum bisa mengejar perubahan yang terjadi di dunia maya.

Karena hal ini, studi seputar kontrak usaha digital masih terus dipelajari. Namun, di sinilah kelebihan terjun pada pendalaman studi bisnis digital. Karena masih berkembang, Anda bisa masuk ke dalamnya dan menyerap semua perubahan. Perspektif unik karena terlibat langsung pada perubahan aturan ini akan membuat Anda lebih dalam pengetahuannya seputar bentuk kontrak usaha digital.

8. Hukum Bisnis

Aturan membuat kontrak seputar perdagangan, pendirian perusahaan dan bisnis dapat dipelajari lewat jalur studi hukum bisnis. Dalam hukum bisnis, Anda mendalami perspektif pembuat aturan dan juga para ahli hukum yang harus menyesuaikan pengurusan kontrak.

Perspektif dari bidang studi ini jarang menyentuh fungsi komersial dari kontrak, tapi lebih pada peraturan dan mencari celah di dalamnya. Bahasa kontrak dari segi ekonomi akan berbeda sekali dengan bahasa ahli hukum. Bagi Anda yang ingin lebih cermat mendalami aturan dan hukum kontrak seputar ekonomi, jalur ini dapat Anda pelajari.

9. Hukum Internasional

Pentingnya kontrak bisnis sangat terlihat saat mengurus perjanjian antara dua pihak berbeda negara. Di dunia global sekarang ini, menangani kontrak yang berlaku internasional semakin penting dibahas. Untuk mengikuti perkembangan hubungan yang lepas dari perbatasan negara ini, pendalaman hukum internasional adalah jalur studi paling baik.

Rekomendasi Pilih Tempat Studi Kontrak Bisnis

Bagi Anda yang ingin belajar kontrak bisnis lebih dalam, sangat disarankan untuk mendaftar di Podomoro University. Perguruan tinggi dari Agung Podomoro ini didirikan sebagai pusat studi untuk mempersiapkan lulusan siap kerja. Karena itu, kualitas dan fasilitas di perguruan tinggi ini sangat baik.

Awalnya, Agung Podomoro hanya ingin mengelola calon-calon lulusan yang berkualitas untuk direkrut masuk sebagai pegawai. Sebagai salah satu organisasi bisnis terbesar di Indonesia, tentu melatih sendiri calon-calon karyawan bisa jadi opsi menarik. Pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan juga lowongan yang terbuka di organisasi.

Namun sekarang, universitas ini sudah tumbuh besar dan bahkan menjadi sekolah bisnis yang favorit untuk golongan swasta. Mulai dari studi kontrak, studi pengembangan bisnis, desain produk dan bahkan hukum dagang internasional dapat Anda dalami di sini.

Jika Anda ingin belajar seputar kontrak dan bisnis, opsi sekolah di Podomoro University tentu tidak akan mengecewakan.

Baca juga: Mahasiswa Hukum Wajib Tahu! Pengertian Hukum dan Hal Terkait

Pelajari Kontrak Bisnis Sekarang Juga untuk Peluang Karir yang Pasti

Sekarang Anda sudah tahu bahwa pengetahuan seputar kontrak bisnis dapat Anda akses dari berbagai jalur studi. Belajar tentang kontrak dalam dunia bisnis nantinya akan membuka peluang kerja Anda menjadi lebih besar. Jika Anda ingin mendapatkan kerja lebih pasti, langsung saja coba mendaftar jalur kuliah yang berhubungan dengan pilihan studi yang dibahas diatas.

Semoga bahasan artikel ini membuka wawasan Anda seputar studi kontrak dan bisnis. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga sukses dalam membuka karier dengan belajar kontrak dalam dunia bisnis!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Besarnya Potensi Karir Jurusan Hukum Bisnis Internasional!

Besarnya Potensi Karir Jurusan Hukum Bisnis Internasional!

Apakah Anda tahu bahwa studi tentang hukum bisnis internasional di perguruan tinggi memiliki prospek karier besar? Jika ingin tahu lebih detail soal ini, mari bahas dulu seputar aspek studi ini serta peluang kariernya pada artikel berikut! Apa Itu Hukum Bisnis Internasional? Secara umum, arti dari hukum bisnis internasional adalah aturan yang mengatur kegiatan transaksi yang

Mengenal Pengertian Aspek Hukum dalam Bisnis

Mengenal Pengertian Aspek Hukum dalam Bisnis´┐╝

Memulai sebuah bisnis biasanya harus mulai mempelajari apa saja aspek-aspek yang perlu diperhatikan agar kedepannya tak ada permasalahan. Salah satu aspek tersebut yakni pandangan dari hukum. Dalam bidang apapun seperti bisnis, hukum tetaplah berdampingan di dalamnya. Keberadaan hukum tersebut dimaksudkan supaya segala sesuatunya tetap berjalan sesuai aturan demi mencegah timbulnya permasalahan. Anda yang akan memulai

Mahasiswa Hukum Wajib Tahu! Pengertian Hukum dan Hal Terkait

Mahasiswa Hukum Wajib Tahu! Pengertian Hukum dan Hal Terkait

Pada kehidupan bermasyarakat, terdapat peraturan yang berupa sanksi dan norma yang mana dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. Tujuan dari dibuatnya hukum yaitu mengatur serta menjaga ketertiban, keadilan, sehingga kekacauan dapat dicegah atau dapat dikendalikan.  Tiap negara mempunyai peraturan hukum berbeda, termasuk Indonesia. Sesuai pasal 1 ayat 3, Indonesia adalah negara hukum serta tiap warga negaranya harus

Apa Itu Hukum Bisnis? Kenali Aturan Penting untuk Pelaku Bisnis

Apa Itu Hukum Bisnis? Kenali Aturan Penting untuk Pelaku Bisnis

Punya bisnis besar di usia muda tentunya bakal memudahkan Anda dari segi finansial. Tak perlu sibuk kerja dari pagi sampai malam, Anda hanya perlu fokus mengelola bisnis dan memastikan pekerja yang terlibat mampu mengerjakan masing-masing tugas. Bukan cuma itu, secara tak langsung kamu membantu perkembangan ekonomi negara. Namun, mengembangkan bisnis juga butuh perjuangan. Anda harus