Meet-up Peserta KBMI Jabodetabek di Podomoro University

Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia memiliki lebih dari 400 startup mahasiswa yang berhasil mendapatkan dana hibah dari Kemenristekdikti. KBMI diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa Kemenristekdikti dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan muda di perguruan tinggi. Setelah mendapatkan dana hibah, para peserta dibimbing oleh Coach Indonesian Students Entrepreneur Network (ISEN). Indonesian Students Entrepreneur Network (ISEN) merupakan organisasi non-profit yang mewadahi mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia dalam bidang kewirausahaan. ISEN sendiri memiliki tujuan untuk menumbuh kembangkan semangat berwirausaha dikalangan mahasiswa.

Pada 5 Oktober 2019, Coach ISEN mengadakan meet-up peserta KBMI Jabodetabek yang dilaksanakan di Podomoro University. Dalam kegiatannya, para startup diberikan informasi, bimbingan dan pedoman dalam menjalankan KBMI yang kini sedang berlangsung dan pembinaan mengenai stratup yang mereka kembangkan. Kegiatan meet-up ini diawali dengan coach ISEN memberikan informasi mengenai ISEN itu sendiri. Setelah itu, para startup juga diajak untuk berdiskusi serta memainkan board game yakni Business Craft.

Business Craft merupakan permainan yang menggambarkan prinsip-prinsip kunci terkait strategi membangun dan mengembangkan bisnis, membuat inovasi, dan menerapkannya dalam bisnis. Dalam memainkannya, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompoknya diibaratkan sebuah stratup yang sedang berkembang.

Setelah permainan board game Business Craft, para peserta diberikan kesempatan untuk beristirahat dan setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan coaching. Masing-masing startup mendapatkan coaching dari satu Coach ISEN. Kegiatan coaching dilakukan di spot yang berbeda-beda, berdasarkan kenyamanan para peserta serta coach itu sendiri. Coaching ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan refleksi diri yang lebih baik lagi bagi kelompok stratup. Meski berasal dari wilayah yang bisa terbilang jauh, para startup tetap datang dan mengikuti kegiatan dengan sangat antusias.

Menjadi seorang entrepreneur memang bukan pekerjaan yang mudah. Tentu saja banyak perhitungan dan pertimbangan yang harus dirumuskan secara matang agar startup yang dibangun dapat berlajan secara seimbang. Mungkin kita bisa belajar dari para wirausaha muda KBMI bahwa dalam dunia kewirausahaan, komitmen adalah harga mati.

Part of : Entrepreneurship

Writer : Jessica
Editor : Marcomm