ArticleProduct Design

Manfaat Produk Rotan bagi Kehidupan Manusia

Batang rotan memiliki nama ilmiah Sp Daemoonorops draco ini sangat berguna bagi kehidupan manusia. Rotan yang jumlahnya amat banyak dan sangat mudah diolah serta memiliki berat yang ringan, sering dijadikan pengganti kayu. Bahkan seringkali orang-orang lebih memilih rotan daripada kayu. Lalu, Apa saja kegunaan dari batang rotan ini?

Sebagai bahan baku mebel
Keunggulan rotan dibanding kayu adalah rotan lebih kuat, lebih ringan, lebih mudah untuk dibentuk karena elastis, dan tidak membutuhkan dana tinggi untuk proses pembuatannya sebagai bahan utama mebel. Penggunaan rotan bisa di jadikan, kursi, rak buku, lemari hias dan meja makan. Namun kekurangan rotan adalah bahannya yang mudah diserang oleh kutu bubuk.

Untuk pembuat senjata
Rotan dapat digunakan menjadi tongkat penyangga hingga fungsi senjata. Beberapa wilayah di  Asia bahkan menggunakan rotan sebagai alat pukul pelaku kriminal yang dijatuhi hukuman cambuk dan beberapa tempat di Indonesia juga memiliki senjata khas yang terbuat dari rotan.

Rotan yang dapat digunakan sebagai sayuran
Uniknya batang rotan bisa juga di gunakan sebagai sayuran yang melengkapi makanan sehari-sehari bersama nasi dan lauk pauk. Hal itu yang dilakukan oleh Suku Dayak di Kalimantan Tengah Indonesia, Mereka menjadikan rotan sebagai sayuran untuk dimakan. Tentu rotan yang diperoleh, terlebih dahulu dibersihkan dari duri yang menempel. keelastisitasan rotan membuatnya cukup renyah di lidah.

Getah rotan sebagai meni
Manfaat rotan juga bisa digunakan untuk melapisi kayu agar terlihat artistik dan mengkilap. Getah rotan yang disebut dengan Dragon’s Blood yang artinya darah naga ini digunakan untuk melapisi kayu artistik. Kegunaan getah menjadi meni ini dapat digunakan untuk melapisi biola dan gitar.

Pembuatan bola sepak takraw
Tahukah Anda bahwa bola yang digunakan untuk olahraga sepak takraw dibuat dari rotan yang memiliki sifat kuat dan lentur. Sifat itulah yang ada pada batang rotan. Pada proses pembuatan bola sepak takraw, rotan perlu melalui proses yang sangat panjang. Dimulai dari proses pengeringan batang, sampai pelurusan agar rotan dapat di bentuk sedemikian rupa.

Bahan baku kreativitas kerajinan tangan
Manfaat rotan – kerajinan tangan yang terbuat dari bahan Rotan ketika diambil dari hutan alami atau budidaya terlebih dahulu memerlukan  proses pengolahan yang cukup panjang. Dimulai dari proses penggorengan kayu rotan, pengeringan, pelurusan kayu, pemutihan , hingga pengawetan kayu. Kesemuanya dilakukan agar rotan bisa di gunakan untuk bahan baku seperti kerajinan tangan yang membutuhkan bahan yang kuat dan elastis. Selain itu, bahan rotan yang tahan lama karena telah tersentuh bahan yang mengandung zat-zat pengawet membuatnya digemari para pengerajin untuk dijadikan sebuah hasil karya kerajinan tangan.

Tidak sedikit hasil karya kerajinan tangan yang bisa di buat. Dimulai dari aneka keranjang, hiasan dinding, macam-macam rotan untuk menghiasi rumah, kasur, vas bunga, pot gantung, pemukul debu dll. Bermacam karya kerajinan tangan yang akan di buat seiring meningkatnya daya kreatifitas dan di tunjang dengan ketersediaan batang rotan yang melimpah.

Kontruksi atap rumah kayu
Sifat rotan sangat elastis dan kuat. Pemberian zat pengawet yang tepat akan membuat kualitas rotan jadi lebih tahan lama. untuk dunia arsitektur, rumah sangat baik digunakan untuk dijadikan kontruksi atap pada bangunan rumah kayu yang memiliki desain artistik. Umumnya rotan akan dikombinasikan dengan kayu-kayu seperti bambu, pinus dan jati.

Produk rotan juga pernah dibuat oleh salah satu Mahasiswa Desain Produk 2016 yaitu Blasius Fabianus Nico. Nico membuat produk dengan nama Salse dan produk yang dibuat juga memiliki cerita dibaliknya.

“MOTION LIVES IN YOU” itulah dasar konsep yang ingin disampaikan dari desain kursi Salse. Kursi ini lahir dari goresan-goresan bentuk natural lekukan alami. Dari lekukan inilah lahir bentuk dasar kursi salse. Kenapa bernama SALSE? Salse dalam bahasa sunda artinya adalah santai, ini sesuai dengan fungsi dari kursi ini yakni sebagai kursi santai (lounge bench). Selain itu kata Salse adalah turunan dari kata salsa dimana salsa adalah sebuah jenis tarian yang mengandalkan lekukan dan kelincahan tubuh penari.

Lalu dimana penempatan yang cocok bagi Salse? Salse dapat diletakan di beach area, pool side area, dan area-area yang membutuhkan kursi santai sebagai penunjang fasilitas. Dengan material anyaman serat rotan juga thatch yang terlihat alami maka kesan natural dan tropis dapat dirasakan pada kursi ini. Selain itu material rotan dan thatch sintetis yang digunakan tahan terhadap segala kondisi cuaca dan 100% recyclable material yang berarti material ini ramah lingkungan.

Part of : Product Design

Writer : Ridha Rahmatia
Editor : Marcomm