ArticleGeneralProduct Design

Lakoona menjuarai KMI EXPO 2020 Kategori Industri Kreatif

Seiring dengan revolusi industri 4.0 sangat penting bagi kaum millennial khususnya mahasiswa Indonesia dalam membangun karakter kewirausahaan sebagai salah satu solusi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dalam menumbuhkan jiwa serta kemampuan kewirausahaan mahasiswa Indonesia, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, khususnya Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menyelenggarakan kegiatan tahunannya yakni Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO pada tahun 2020.

Pada KMI EXPO, mahasiswa Indonesia diajak untuk mengasah kemampuan serta potensi kewirausahaannya melalui berbagai macam kegiatan seperti KMI Award, Pameran dan Bazaar, StartUp Summit, PWMI award, talkshow, workshop, dan kegiatan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Lakoona yang merupakan kelompok bisnis mahasiswa program studi Desain Produk Podomoro University yakni Lim Yue Wen, Irfan Setiawan dan Audrey berhasil meraih prestasi sebagai Juara KMI Awards Kategori Umum – Industri Kreatif. Lakoona diambil dari kata ‘lakuna’, yang berarti ruang kosong, atau bagian yang hilang.

Dalam mengikuti KMI Expo, tentu saja Lakoona tidak lepas dari dukungan serta bimbingan Dosen Pendamping serta teman-teman lainnya Ketiga mahasiswa ini membangun dan mengembangkan Lakoona sebagai bentuk ambisi untuk mengubah pola piker masyarakat khususnya di Indonesia untuk lebih memiliki rasa empati terhadap sesama terutama pada aspek sosial.

Lakoona berusaha untuk menyampaikan setiap pesannya melalui karakter-karakter hewan yang sudah didesain khusus yang melambangkan masalah-masalah sosial yang berbeda. Adapun karakternya dinamakan exotic animals, dengan alasan karakter exotic animals yang sering kali dipandang jelek serta dihindari oleh individu karena stereotype serta tampilan fisiknya. Dalam menentukan karakter exotic animals Lakoona telah melakukan survey terhadap 99 narasumber untuk menentukan binatang yang paling tidak disukai. Produk-produk Lakoona meliputi hoodie, sweater, kemeja, kaos, totebag, popsocket, serta sticker.

Part of : PUCEL, Product Design

Writer : Jessica
Editor : Marcomm