ArticleGeneral

Kegiatan Mentoring di Podomoro University

Pada era globalisasi ini tantangan yang dihadapi entrepreneur akan semakin berat, persaingan sudah bukan berskala lokal melainkan antar negara. Kurangnya persiapan membuat banyak entrepreneur yang menutup bisnisnya. Persaingan di bidang usaha memang berat,sehingga setiap entrepreneur harus terus belajar agar bisnisnya dapat bertahan.

Entrepreneur khususnya entrepreneur muda memang memiliki semangat bisnis yang tinggi, namun belum tentu memiliki pengalaman yang memadai. Kehadiran mentor tentu sangat berperan penting, dengan berbagai pengalaman bisnis mentor dapat membimbing para entrepreneur untuk mengembangkan usahanya.

Bagi entrepreneur muda, menemukan mentor yang tepat merupakan keputusan yang cukup besar dalam kesuksesan bisnisnya. Sebaiknya, carilah mentor yang sesuai dengan industry bisnis yang Anda miliki, sehingga memiliki sudut pandang yang sama dengan Anda.

Kegiatan mentoring memiliki banyak manfaat bagi seorang entrepreneur khususnya mahasiswa sebagai entrepreneur muda, yakni sebagai berikut :

Mendapatkan pengalaman sebagai pembelajaran.
Pengalaman merupakan pelajaran paling berharga dan penting dalam mengembangkan bisnis. Tidak semua pengalaman bisa didapatkan dari buku, inilah mengapa mahasiswa sebagai entrepreneur muda membutuhkan mentor untuk berbagi pengetahuan, pengalaman bahkan kesalahan yang sudah pernah terjadi dan dilakukan sebelumnya. Sehingga, mentee akan semakin mengerti langkah yang harus dilakukan selanjutnya.

Memiliki kesempatan memperluas jaringan.
Seorang mentor memiliki jaringan yang tidak terbatas yang dapat menguntungkan bisnis mentee. Biasanya, untuk membantu mentee mengembangkan bisnisnya, mentor akan memberikan rekomendasi jaringan yang dapat bekerja sama dengan bisnis para mentee.

Membantu bisnis berkembang lebih baik.
Berdasarkan penelitian, mentor memiliki peran yang penting bagi entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya lebih baik dan dapat mencapai kesuksesan.

Meningkatnya rasa percaya diri.
Kepercayaan diri tentu saja menjadi salah satu faktor utama dalam membangun bisnis. Kepercayaan diri membantu entrepreneur menjadi lebih kompetitif dan dapat mencapai setiap tujuan yang telah ditetapkan. Namun, tentu saja terkadang timbul keraguan dari dalam diri. Dengan kegiatan mentoring, tentu saja Mentor tentu akan memberikan arahan kepada mentee bagaimana cara menghadapi berbagai tantangan serta meyakinkan keraguan mentee melalui pengalaman yang dimiliki.

Membantu Anda menjadi pemimpin yang lebih baik.
Mentoring menjadi tempat pelatihan bagi entrepreneur khususnya mahasiswa sebagai entrepreneur muda untuk belajar menjadi pemimpin yang lebih baik dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang sukses.

Belakangan ini, banyak program mentoring yang didedikasikan untuk mempertemukan mentor dengan mentee. Podomoro University bersama PUCEL menyediakan fasilitas mentoring kepada mahasiswa Podomoro University untuk dapat belajar dan mengembangkan potensi diri maupun bisnis yang dijalani. Kegiatan mentoring telah dilaksanakan sejak tahun 2019 yang berlaku bagi semua program studi.Para mentor merupakan Bapak/Ibu Dosen, sedangkan mentee merupakan mahasiswa Podomoro University. Saat ini, terdapat sepuluh mentor dari berbagai program studi yakni :

  1. Anwar Basalamah
  2. Christy Dwita
  3. Dang Hartono
  4. Edvi Gracia
  5. Ezra Pernaginangin
  6. Iwan Lesmana
  7. Meco Sitardja
  8. Prof. Sony Priyanto
  9. Yasinta Indrianti
  10. Wisnu Sakti Dewobroto

dengan bidang keahlian yang berbeda-beda seperti business communication, entrepreneurial marketing, finance, human capital & talent, hotel operation & management, product engineering sehingga mampu melengkapi kebutuhan setiap mahasiswa di Podomoro University.

Bagi mahasiswa Podomoro University yang ingin melakukan mentoring, bisa menghubungi Admin melalui WhatsApp ke 0813-1148-0432. Kegiatan mentoring ini berlaku bagi semua program studi, untuk jadwal masing-masing mentor dapat dilihat di Instagram @Pucel.co.

Part of : Pucel

Writter : Jessica
Editor : Marcom