ArchitectureArticleConstruction Engineering and ManagementUrban and Regional Planning

Jadi Mahasiswa Teknik dengan Main UNO STACKO

Anak Teknik ngapain si? Masa iya hanya dengan main Uno Stacko memiliki pengalaman jadi anak teknik? Penasaran…  

Dilatar belakangi pembangunan kota yang cukup masif di Indonesia berefek kepada kebutuhan tenaga dibidang konstruksi seperti arsitek, ahli teknik sipil, ahli tata kota, ahli lingkungan, dan sebagainya. Memancing para ahli konstruksi asing berdatangan ke Indonesia, sedangkan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 271 juta jiwa sangat disayangkan, jika pembangunan tersebut dikerjakan oleh orang asing yang sebetulnya kita memiliki potensi untuk melakukannya demi negara kita sendiri.

Para dosen Prodi Manajemen Rekayasa Konstruksi, Prodi Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota menyelenggarakan workshop yang ditujukan untuk adik-adik yang khususnya sedang berada di fase berfikir “nanti kuliah ambil jurusan apa ya?” agar mendapatkan gambaran mengenai profesi yang pada 3 jurusan teknik ini.

Workshop ini diberi nama “City Simulation”, dengan menggunakan Uno Stacko kita bisa membuat kota. Sungguh keren bukan? Jadi mulanya, teman-teman SMA yang sudah datang (kebetulan yang kemarin ikut bermain itu adalah teman-teman dari SMA Gandhi Ancol) dibentuk berkelompok 5-6 orang. Dalam 1 kelompok tersebut masing-masing memiliki peran antara lain:
– Pemilik Proyek/ Owner yang memiliki kawasan kosong;
– Perencana Kota yang menentukan titik-titik pembangunan di lokasi stategis;
– Arsitek yang membuat bangunan menarik dan indah diliat
– Manajemen Konstruksi yang berhitung bangunan keinginan arsitek pas dengan budget atau tidak.

Setelah pembagian kelompok, panitia pun membagikan peta kawasan kepada owner kemudian owner dengan anggota tim berdiskusi memikirkan kota yang ingin mereka bangun. Dosen memberikan arahan mengenai permainan ini dan memberikan waktu selama 50 menit.
Waktu yang ditentukan pun telah usai dan masing masing kelompok mempresentasikan kota yang telah dibangun, para dosen memberikan tanggapan dan penilaian serta memberikan penghargaan bagi kota yang menarik dengan anggota yang memiliki kerjasama cukup baik.

Perlu di ingat ya #podivers, sebuah pembangunan itu harus mempunyai skill bekerja sama yang baik tidak bisa bekerja seorang diri. Jadi bagi kalian yang ingin bermain dan ingin menjadi salah satu yang berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia, kami tunggu ya.

Part of :
Construction Engineering and Management
Architecture
Urban and Regional Planning

Writer : Suci Dewi Sartika R, S.T
Editor : Marcomm