ArchitectureArticleConstruction Engineering and Management

Ini kisah kami di Chifuday

Chifuday merupakan sebuah singkatan yang berasal dari kata Children Fun Day, salah satu kegiatan pengabdian masyarakat dari Prodi Manajemen dan Rekayasa Konstruksi dan Arsitektur, Universitas Agung Podomoro. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang ternyata memberikan dampak negatif terhadap anak-anak. Kurangnya pengawasan orang tua dan berbagai macam fitur menarik dalam gadget menjadikan beberapa anak-anak kurang melakukan aktifitas diluar rumah dengan teman-temannya.

Padahal bermain diluar rumah banyak memberikan manfaatnya selain mendapatkan pengalaman dan melatih ketahanan fisik, Vitamin D yang didapat dari sinar matahari baik untuk kesehatan jantung dan tulang anak. Dikutip dari Halodoc.com, menurut World Health Organization (WHO) waktu yang harus digunakan untuk aktivitas fisik anak adalah 1 (satu) jam setiap harinya. Aktivitas fisik dalam bentuk permainan juga dapat merangsang perkembangan dan kemampuan otak pada anak.

Oleh karena itu kegiatan CHIFUDAY (Children Fun Day) dilakukan guna mengajak anak-anak untuk bermain diluar, memberikan edukasi tentang kreatifitas dan berbagai hal lainnya agar bersosialisasi antar sesama dan belajar bekerja sama yang dilaksanakan pada bulan Mei 2019 di kawasan RPTRA Amana Bunda Tanjung Duren Selatan. Chifuday dikemas dengan berbagai permainan yang dapat membangun sikap kepemimpinan, kreatif dan kepercayaan diri serta tanggung jawab sejab dini. Beberapa permainan yang diadakan ialah Tebak Gambar, Kuda Bisik, Estafet Sarung, Timang-Timang, Menyebrangi Lautan dan Mozaic Pulau. Hayo kalian masih ada yang inget permainan ini ga? Coba ingat kembali kapan terakhir kali kalian mainan ini?

Kita rasakan kembali keseruan dihari itu yaaa. Jadi pertama-tama yang dilakukan ialah pembagian kelompok yang beranggotakan 7-8 orang. Kemudian panitia mendampingi masing-masing kelompok dan membuat nama kelompok yang berasal dari nama pahlawan. Permainan tidak ditentukan urutan melainkan memiliki pos pos yang sudah dijaga oleh panitia untuk pemandu permainan. Berikut momen keseruan yang sempat diabadikan pada saat itu :

Diakhir acara, panitia mengumumkan pemenang lomba dari masing masing permainan dan memberikan hadiah, jangan sedih adik adik yang tidak memenangkan lomba pun tetap mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi karena sudah ikut serta menikmati keseruan bersama teman-teman. Nantinya kegiatan ini akan diadakan lagi dilain tempat agar anak-anak diluar sana tidak hanya bergantung dengan gadget, merasakan keseruan bermain diluar bersama teman-teman. Kalian yang ingin merasakan permainan ini kembali, kami tunggu partisipasinya menjadi panitia sebagai mahasiswa ya.

Part of : Construction Engineering and Management and Architecture

Writer : Suci Dewi Sartika
Editor : Marcomm