ArticleEntrepreneurship

Ini Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Menjelang Bulan Ramadhan!

Sebagai anak kuliahan, bukan berarti Anda harus bergantung kepada orang tua untuk memberikan uang jajan maupun membayarkan uang kuliah. Nyatanya, banyak bisnis yang bisa Anda coba hanya dengan modal tak seberapa, terlebih lagi di masa-masa menjelang Ramadhan. Tapi ingat ya, dengan masa seperti ini jangan berjualan di pusat keramaian, tetapi ikuti peraturan pemerintah untuk physical distancing. Gunakan jalur online mengenai Instagram, facebook, Whatsapp, line dan sebagainya.

Ini dia beberapa bisnis yang bisa Anda lakukan menjelang Bulan Ramadhan ini!

Jualan takjil
Ini dia menu favorit orang-orang ketika berbuka puasa. Rasanya tak lengkap berbuka tanpa takjil andalan mulai dari es kolak pisang, pisang ijo, pisang goreng (semua jenis olahan pisang memang mantap buat takjil), es campur, es buah dan banyak lagi.

Nah kalo Anda hobi masak dan membuat kue, Anda bisa membuat takjil versi Anda sendiri. Selain bisa disesuaikan dengan lidah orang-orang yang memang menjadi target pasar Anda, margin keuntungan yang bisa Anda ambil juga lebih besar.

Namun tenang saja, Anda yang tidak bisa masak atau tidak punya waktu untuk memasak juga bisa menjual takjil dengan sistem kulakan atau dengan kata lain membeli dari supplier lain yang menjual takjil dalam jumlah besar sehingga harga yang ditawarkan pun relative lebih murah dari harga pasaran.

Garage Sale
Tidak hanya takjil, nyatanya garage sale juga bisa jadi ide bisnis yang oke di Bulan Ramadhan. Bagaimana caranya? Bukalah lapak di daerah yang kira-kira ramai ketika berbuka, misalnya di dekat lokasi penjual takjil atau tempat makan.

Hal ini coba diterapkan oleh penjual di daerah Bandung, yang mana mereka membuka lapak di depan Masjid Salman ketika hari Jumat menjelang waktu Jumatan.

Sehabis sholat Jumat, ternyata banyak orang yang berkunjung untuk membeli berbagai macam hal mulai dari baju, buku hingga peralatan rumah tangga.

Tidak perlu modal, Anda hanya perlu mengumpulkan barang-barang bekas (namun bukan berarti rusak dan berlubang, ya) dari teman-teman kampus Anda, lalu Anda bisa menjualnya di Garage Sale. Sebagian keuntungan bisa Anda serahkan kepada teman Anda sebagai bentuk kompensasi.

Katering Sahur dan Ifthar
Sebagai anak kos, kadang berbuka puasa tidak terasa luar biasalagi. Bagaimana tidak, tinggal jauh dari keluarga, beli makanan seadanya karena terlambat bangun untuk sahur atau terlalu malas membeli makan di luar yang antriannya bisa mencapai pintu keluar.

Nah, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk menyajikan menu catering berbuka puasa bagi teman-teman Anda para “Perantau”. Untuk berbuka sahur, sajikan saja menu sederhana seperti nasi kuning atau nasi uduk.

Sementara untuk berbuka ifthar, bisa Anda sajikan menu yang lebih variatif lengkap dengan nasi, lauk, sayur, buah hingga takjil. Anda bisa mengajak dua atau tiga orang teman Anda untuk membantu Anda memasak dan mengantarkan katering.

Parcel
Meskipun membutuhkan modal yang relative lebih besar, jualan parcel juga bisa jadi pilihan berbisnis ketika Ramadhan. Salah satu alasannya adalah karena tidak dibutuhkan keahlian khusus dan waktu yang banyak untuk menyiapkan parcel.

Anda hanya perlu membeli snack, kue kering atau sirop, kemudian menyusunnya sedemikan rupa di dalam keranjang anyaman kayu. Untuk membuatnya lebih menarik, hiaslah dengan pita warna-warni bernuansa Ramadhan.

Nah buat bisnis parcel ini, nampaknya akan susah untuk Anda jual kepada sesama mahasiswa. Untuk makan saja sudah susah, apalagi untuk membeli parcel, bukan? Tapi Anda bisa menawarkannya kepada ayah ibu teman-teman kalian. Tentu saja melalui mereka terlebih dahulu, ya. Atau jika koneksi Anda cukup luas, Anda juga bisa menawarkan parcel tersebut kepada para dosen kampus.

Source : cocoandbean.au

Kartu Ucapan Lebaran
Meskipun kartu ucapan sekarang sudah tidak terlalu popular lagi, masih banyak yang menggunakannya untuk memberikan hadiah secara formal. Misalnya mahasiswa yang memberikan hadiah parcel ketika Bulan Ramadhan kepada Dosen Pembimbing Skripsinya, pasti membutuhkan kartu ucapan.

Jika pasarnya tidak terlalu luas, Anda juga bisa menawarkan kartu ucapan digital yang bisa dibuat secara custom sesuai permintaan konsumen. Karena kartu ucapan jenis ini tidak membutuhkan biaya modal, maka Anda juga bisa menawarkan harga yang lebih murah.  

Beberapa program gratis yang bisa Anda coba untuk mendesain kartu lebaran adalah Canva, Adobe Spark, Crello, Visme dan banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa bisnis yang bisa Anda coba ketika menjelang Bulan Ramadhan. Hari gini masih minta uang jajan sama orang tua? Mending buat bisnis sendiri yang mungkin saja bisa jadi modal buat bisnis besar ketika Anda telah lulus nanti. Selamat mencoba!

Part of : Entrepreneurship

Writer : Dr. Wisnu Sakti Dewobroto S.T., M.Sc.
Editor : Marcomm