Besarnya Potensi Karir Jurusan Hukum Bisnis Internasional!

Apakah Anda tahu bahwa studi tentang hukum bisnis internasional di perguruan tinggi memiliki prospek karier besar? Jika ingin tahu lebih detail soal ini, mari bahas dulu seputar aspek studi ini serta peluang kariernya pada artikel berikut!

Besarnya Potensi Karir Jurusan Hukum Bisnis Internasional!

Apa Itu Hukum Bisnis Internasional?

Secara umum, arti dari hukum bisnis internasional adalah aturan yang mengatur kegiatan transaksi yang dilakukan oleh pihak-pihak dalam konteks kegiatan kerja atau bisnis dengan lingkup global. Dari arti ini, Anda dapat melihat hubungan yang lebih kompleks karena lingkupnya yang cukup besar.

Hukum bisnis tiap negara tentu saja berbeda-beda. Menjalankan bisnis di Indonesia akan mengikuti aturan berbeda dari hukum yang berlaku di Amerika. Tapi saat perusahaan Indonesia melakukan hubungan kerja dengan perusahaan Amerika, mana hukum yang dipakai? Dalam kasus ini, peraturan yang berlaku adalah perjanjian antar pihak sebagai subjek hukum internasional.

Batasan dari hukum internasional terbentuk dari perjanjian-perjanjian serta batasan yang sudah disepakati sejak lama. Pada awalnya, aturan internasional tidak ada seputar bisnis. Tapi sepanjang perkembangan manusia, banyak organisasi, lembaga, perusahaan dan bahkan negara yang menerapkan aturan tersebut.

Peraturan yang awalnya hanya kontrak dua pihak untuk keperluan transaksi yang jelas, akhirnya menjadi basis hubungan kontrak yang mirip. Pada akhirnya semua ini terakumulasi menjadi hukum bisnis yang diaplikasikan secara global. Bahkan sekarang tiap jenis industri tertentu memiliki daftar aturan hukum yang berbeda dan mengikat secara internasional.

Contoh saja keperluan industri minyak. Untuk hukum internasional seputar dagang dan bisnis minyak, aturan yang digunakan harus mengikuti ketentuan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries). Sedangkan untuk kebutuhan chip alat elektronik, aturan dagangnya bisa mengikuti ketentuan SIA (Semiconductor Industry Association).

Baca juga: Apa Itu Hukum Bisnis? Kenali Aturan Penting untuk Pelaku Bisnis

Potensi Ambil Jurusan Hukum Bisnis Internasional

Dari penjelasan definisi di atas, Anda mudah membayangkan betapa besar potensi kerja jika mempelajari hal ini. Apabila Anda studi di jurusan hukum bisnis internasional, jalur karir Anda lebih terbuka dibandingkan jurusan lainnya.

Tidak percaya? Mengapa tidak Anda bayangkan kondisi ekonomi global saat ini. Semua bisnis dengan mudah menjalin koneksi dengan bisnis lain di negara berbeda. Adanya internet dan kemudahan komunikasi, membuat kerja sama antar bisnis tidak lagi melihat jarak.

Untuk sukses membuat koneksi kerjasama dengan perusahaan negara lain, tentu saja pengetahuan seputar hukum bisnis dan aturan transaksi internasional menjadi penting. Faktor ini mendorong para perusahaan mencari lulusan hukum bisnis yang ahli seputar aturan internasional saat ini.

Di era sekarang ini, kebutuhan lulusannya makin dicari, tapi jurusan hukum internasional seputar bisnis ini tidak populer. Popularitas yang tidak tinggi ini karena banyak orang yang tidak paham prospeknya. Lebih banyak orang mengira jurusan studi ini hanya digunakan untuk perusahaan kelas internasional.

Jika hanya melihat aspek ini, potensi kerja lulusan jurusan ini pasti kecil.  Namun, mengingat bentuk bisnis modern sekarang yang sudah global, aspek yang dipercaya banyak orang itu tidak benar. Persepsi ini sayangnya masih tetap ada di masyarakat sekarang.

Untungnya, hal ini adalah kesempatan bagi Anda. Karena popularitas yang masih kecil, persaingan sebagai lulusan hukum bisnis internasional juga lebih rendah. Jika Anda bisa menjadi lulusan yang baik dari jurusan ini, jalur karir Anda akan lebih dicari para perusahaan yang ingin berkembang ke luar negeri.

Aplikasi Hukum Bisnis Internasional Cukup Fleksibel Untuk Karir

Banyak orang menganggap penggunaan hukum bisnis seputar internasional sempit. Kebanyakan hanya berpikir hal ini berlaku untuk perusahaan internasional saja. Hal ini tentu tidak benar. Banyak perusahaan lokal harus membuat koneksi ke perusahaan di negara lain untuk akses distribusi bahan baku ataupun marketing. Jadi penggunaan hukum bisnis antar negara tetap berlaku.

Potensi karier hukum bisnis internasional menjadi lebih luas jika dilihat dari posisi ini. Anda yang studi di jurusan ini bahkan bisa masuk mudah ke banyak perusahaan di berbagai bidang industri. Perusahaan dengan ukuran tertentu, pastinya ingin kembangkan usaha. Jika usaha ingin berkembang, koneksi ke luar negeri harus diperhatikan. Dari situasi inilah penggunaan pengetahuan hukum internasional seputar bisnis menjadi berguna.

Berikut adalah beberapa pilihan karier yang bisa Anda pilih dengan pengetahuan hukum internasional seputar bisnis:

  • Advokat
  • Mengambil posisi di perusahaan sebagai PR
  • Notaris
  • Konsultan seputar hukum bisnis
  • Mediator
  • Auditor
  • Petugas sertifikasi ISO

Baca juga: Mengenal Pengertian Aspek Hukum dalam Bisnis

Rekomendasi Tempat Studi Hukum Bisnis Internasional

Untuk memastikan karier berjalan baik, Anda harus cari tempat studi hukum bisnis internasional yang berkualitas. Untuk tujuan ini, rekomendasi yang bisa dicoba salah satunya adalah Podomoro University. Universitas ini fokus mengembangkan lulusan dengan kemampuan tinggi dalam dunia bisnis.

Universitas ini didirikan oleh organisasi bisnis besar Indonesia yaitu Agung Podomoro Group. Karena merupakan bagian dari salah satu organisasi komersial Indonesia, tentu saja Anda bisa lebih yakin dengan kualitasnya.

Jadi jangan remehkan kualitas pengajaran di sini. Dibandingkan banyak universitas swasta lain, kurikulum yang digunakan mendekati universitas akreditasi A.

Kurikulum yang merupakan campuran pendekatan kelas internasional dan modern Indonesia ini, memastikan para mahasiswa aktif dan kreatif. Kurikulum ini juga didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas juga.

Untuk keperluan pembelajaran yang baik, fasilitas di universitas ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Contoh saja seputar perlengkapan kelas yang sudah menyediakan infrastruktur pembelajaran seperti komputer, proyektor, whiteboard, flipboard, AC dan berbagai fasilitas lain sudah disediakan.

Anda yang ingin jadi lulusan terbaik untuk hukum bisnis global dan studi seputar bisnis lainnya, pastikan coba mendaftar ke Universitas Podomoro.

Tips Sukses Karir Setelah Lulus Kuliah Jurusan Hukum Bisnis Internasional

Tips Sukses Karir Setelah Lulus Kuliah Jurusan Hukum Bisnis Internasional

Jika ingin jadi lulusan jurusan hukum bisnis internasional yang sukses, pastikan untuk menggunakan tips-tips berikut ini:

Jangan hanya belajar dari buku

Sumber dari buku memang baik dalam membentuk fondasi pengetahuan. Tapi Anda harus tahu bahwa kejadian di dunia nyata tidak semua-nya terekam dari buku. Anda harus mampu menyerap informasi dari sumber lain yang lebih banyak.

Sangat disarankan masuk ke banyak forum bisnis yang berbahasa Inggris. Anda bisa diskusikan masalah terkini seputar hukum bisnis pada forum tersebut. Mengambil source berita dari artikel New York Times ataupun The Economist juga bagus sebagai material pembelajaran.

Bila makin ahli dan berpengalaman membahas kasus yang riil, Anda akan lebih mudah mendapatkan skill analisa yang tajam. Hal ini lebih dibutuhkan pada bidang kerja daripada hafal aturan hukum bisnis tertentu dari buku saja.

Selalu update soal perkembangan kasus-kasus baru seputar bisnis

Perkembangan era akan berpengaruh juga dengan aturan hukum baru. Peraturan hukum bisnis sekarang belum bisa mengendalikan perkembangan masalah di dunia nyata. Karena itu, Anda yang ingin meniti karier sebagai lulusan hukum bisnis ini harus selalu mengikuti perkembangannya. Semakin update pengetahuan Anda, makin mudah juga Anda masuk dan lulus wawancara untuk kariernya.

Mendalami satu industri sebagai material observasi

Mengamati kasus berbagai industri tidak akan mudah. Karena itu, Anda disarankan mulai melihat satu industri saja. Contoh saja industri IT digital cinema distribution. Persewaan film digital seperti Netflix, Disney+ ataupun Amazon Prime adalah industri yang tergolong baru dan belum sepenuhnya memiliki struktur hukum internasional yang jelas.

Jadi jika ada kasus-kasus tertentu, pasti material bahasannya akan berguna untuk pengetahuan Anda. Mengikuti perkembangan satu industri akan memudahkan Anda selalu tahu situasi terkini dan bahkan mendukung perkembangan karier di industri yang sama. Bayangkan saja dengan pengetahuan hukum industri film digital, membantu Anda mendaftar produsen dan distributor film Indonesia.

Diskusi banyak dengan kasus-kasus terkini

Untuk mengembangkan perspektif penanganan kasus riil, Anda tidak boleh hanya membaca dari buku saja. Anda harus mulai diskusikan kasus-kasus terkini yang sedang berjalan. Diskusi dapat dilakukan dengan rekan mahasiswa lain ataupun dengan dosen pengajar. Semakin diskusi digali, makin besar juga perspektif Anda dalam menangani sebuah kasus hukum bisnis.

Lulusan dari hukum bisnis hanya bisa sukses jika mampu menganalisis kasus dari berbagai perspektif. Hal ini penting untuk memastikan kontrak dan hukum terikat tidak sekedar tulisan saja tapi memiliki nilai mengikat. Jangan sampai ada loophole ataupun drama terjadi hanya karena proses bisnis yang kurang jelas.

Apakah Anda Tertarik?

Dari bahasan di atas, Anda bisa melihat bagaimana potensi karir jika mendalami hukum bisnis internasional. Banyak orang menganggap jurusan ini terlalu elite dan hanya khusus untuk kebutuhan ekspor dan impor saja. Padahal, kebutuhan pengetahuan hukum dagang internasional bisa diaplikasikan pada banyak konteks bisnis.

Bila Anda ingin jalur karier dengan potensi banyak dan memiliki kemungkinan sukses tinggi, pastikan belajar seputar hukum bisnis global ini. Semoga pembahasan diatas dapat menjadi inspirasi tersendiri bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Apa Saja Opsi Jalur Studi untuk Mendalami Kontrak Bisnis?

Apa Saja Opsi Jalur Studi untuk Mendalami Kontrak Bisnis?

Kontrak dalam dunia bisnis adalah hal penting. Sayangnya kontrak sulit dipelajari terutama untuk keperluan bisnis. Kontrak bisnis adalah hal yang kompleks. Anda harus bisa memiliki pengetahuan dari segi relasi bisnis, pengetahuan transaksi, komunikasi, mediasi dan hukum. Pengetahuan ini juga tidak tetap karena setiap harinya aturan kontrak bisa berubah. Walaupun digunakan umum dalam bisnis dan berbagai

Mengenal Pengertian Aspek Hukum dalam Bisnis

Mengenal Pengertian Aspek Hukum dalam Bisnis´┐╝

Memulai sebuah bisnis biasanya harus mulai mempelajari apa saja aspek-aspek yang perlu diperhatikan agar kedepannya tak ada permasalahan. Salah satu aspek tersebut yakni pandangan dari hukum. Dalam bidang apapun seperti bisnis, hukum tetaplah berdampingan di dalamnya. Keberadaan hukum tersebut dimaksudkan supaya segala sesuatunya tetap berjalan sesuai aturan demi mencegah timbulnya permasalahan. Anda yang akan memulai

Mahasiswa Hukum Wajib Tahu! Pengertian Hukum dan Hal Terkait

Mahasiswa Hukum Wajib Tahu! Pengertian Hukum dan Hal Terkait

Pada kehidupan bermasyarakat, terdapat peraturan yang berupa sanksi dan norma yang mana dibuat berdasarkan kesepakatan bersama. Tujuan dari dibuatnya hukum yaitu mengatur serta menjaga ketertiban, keadilan, sehingga kekacauan dapat dicegah atau dapat dikendalikan.  Tiap negara mempunyai peraturan hukum berbeda, termasuk Indonesia. Sesuai pasal 1 ayat 3, Indonesia adalah negara hukum serta tiap warga negaranya harus

Apa Itu Hukum Bisnis? Kenali Aturan Penting untuk Pelaku Bisnis

Apa Itu Hukum Bisnis? Kenali Aturan Penting untuk Pelaku Bisnis

Punya bisnis besar di usia muda tentunya bakal memudahkan Anda dari segi finansial. Tak perlu sibuk kerja dari pagi sampai malam, Anda hanya perlu fokus mengelola bisnis dan memastikan pekerja yang terlibat mampu mengerjakan masing-masing tugas. Bukan cuma itu, secara tak langsung kamu membantu perkembangan ekonomi negara. Namun, mengembangkan bisnis juga butuh perjuangan. Anda harus