ArticleEntrepreneurship

Gustavo Coffee Roastery

Dunia perkopian Indonesia tengah menunjukkan grafik yang sangat meningkat, konsumen kopi semakin hari semakin banyak. Ini juga yang membuat coffee shop banyak berdiri, khususnya di Jakarta. Itu yang membuat pecinta kopi pasti sering mendatangi kedai kopi untuk mencoba berbagai rasa kopi dari berbagai biji kopi dengan berbagai teknik yang digunakan.

Seperti halnya, Albert Gustavo mahasiswa Entrepreneurship Podomoro University 2016 yang juga merupakan pemilik dari Gustavo Coffee Roastery memulai usahanya dari Micro Roastery. Micro Roastery adalah kegiatan mengolah biji kopi dari mentah menjadi matang. Albert mensupply biji kopi tersebut secara impor dan lokal dan mensupply juga ke berbagai coffee shop yang ada di Jakarta dan tentunya ke usaha lain di bidang kopi.

Albert memulai usahanya sendiri yang berawal di tahun 2012 dengan mendatangi dan mencoba kopi di salah 1 café yang ada di Jakarta karena kesukaannya kepada kopi. Lalu mulai berangkatlah ide-ide untuk membuat coffee shop di tahun yang sama. Sampai pada akhirnya di tahun 2014, Albert memberanikan diri untuk membeli beberapa mesin kecil dan mencoba sesuatu yang baru. Hingga 2016 semua nya baru benar-benar dimulai.

Melewati proses yang panjang untuk memulai suatu usaha tentu tidak mudah, banyak lika liku dan kesulitan atau tantangan yang dihadapi. Dalam hal ini, Albert juga mengalaminya, apalagi usaha ini ia jalankan dan bangun sendiri semua dari awal.  Pemasaran / Marketing yang merupakan kesulitan terbesar yang dialami oleh Albert, karena kurangnya pengetahuan tentang pemasaran membuat Albert belum begitu mengerti bagaimana cara memasarkan usahanya di kalangan luas apalagi perkembangan media social yang baru berkembangan belakangan ini.

Albert juga pernah mengalami jatuh bangun selama ia memulai usahanya, seperti contohnya selama 1 tahun biji kopi yang telah diolah sempat terhambat selama 1 tahun dan tidak mendapatkan penjualan sama sekali. Tentu saja keadaaan seperti ini membuat pemilik usaha mengalami jatuhnya mental.

Tetapi ketika masuk kuliah dan mulai belajar, Albert mencoba untuk mencari jati dirinya dan dengan giat belajar serta mengerti bagaimana proses kerja marketing dalam sebuah usaha. Melalui kegiatan perkuliahan, Albert juga belajar bagaimana mengatur pola keuangan dalam suatu usaha agar dapat terus berkembang.

Setelah melewati itu semua, Albert terus belajar hingga memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi  Indonesia Barista Competition pada tahun 2017 di acara Indonesia Coffee Event yang dilaksanakan di Kuningan City dan akhirnya membuahkan hasil yaitu mendapatkan peringkat 5 besar.

Tidak hanya itu, Gustavo Coffee Roastery yang membuka booth di acara Jakarta Coffee Week 2019 yang dilaksanakan di PIK Avenue merupakan satu-satunya booth yang didatangi oleh World Barista Champion 2019 yaitu Jooyeon Jeon. Bahkan salah satu alat yang dibawa oleh Albert waktu pameran ditanda tangani oleh Jooyeon Jeon. Semua yang Albert dapatkan tentunya melewati proses belajar dan jatuh bangun sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan membanggakan.

Melalui banyak event dan kegiatan yang diikuti, Albert mendapatkan banyak koneksi untuk mengembangkan usahanya, karena menurutnya hal yang paling penting dari sebuah usaha yaitu koneksi. Karena kalau tidak ada koneksi tentunya suatu bisnis akan sulit berjalan dan berkembang. Seperti yang dialami Albert sendiri bahwa dalam bisnis Gustavo Coffee Roastery nya ia dibantu oleh banyak orang yang sebelumnya ia tidak kenal. Koneksi lah yang menjadi penunjang dan pendukung maju nya suatu bisnis.

Tentunya banyak sekali mata kuliah yang bisa Albert dapatkan sewaktu ia menempuh pendidikan di Podomoro University salah satunya yaitu Principal of Marketing, dimana yang sudah dijelaskan sebelumya bahwa Albert kurang mengerti bagaimana sistem marketing dalam sebuah usaha hingga ia mempelajari nya pada waktu masuk kuliah.

Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena kedepannya kamu akan mendapatkannya. Itulah pesan yang diberikan Albert untuk #podivers yang masih mencari jati diri. Kamu juga ingin seperti Albert? Belajar banyak hal, menciptakan peluang bersama Podomoro University dan memulai suatu bisnis baru dengan dibimbing oleh dosen-dosen di Podomoro University.

Yuk sign up dan isi data kamu disini, kita sama-sama konsultasi dan kamu bisa Tanya apa saja langsung bersama ketua Program Studinya. Dan jangan khawatir, karena Podomoro University menawarkan program beasiswa s/d 100* baik melalui jalur akademik maupun non akademik.

Yuk sign up disini untuk konsultasi : https://podomorouniversity.ac.id/dirumahaja dan kalian bisa mendaftarkan diri juga di program beasiwa jika kalian sudah mengetahui jurusan apa yang kalian minati disini https://podomorouniversity.ac.id/scholarship/ . Kita tunggu ya

Buat kalian yang mau follow instagram nya Gustavo Coffee Roastery bisa di follow di @gustavo.coffee. Dan jangan lupa untuk tonton video lengkap bagaimana perjalanan Albert Gustavo di video dibawah ini.

Part of : Entrepreneurship

Writer : Marcomm
Editor : Marcomm