Entrepreneurship Week 2019 : Steps to be an Entrepreneur

Entrepreneurship Week merupakan rangkaian kegiatan perkuliahan terintegrasi dengan suasana yang lebih santai yakni talkshow maupun workshop. Entrepreneurship Week atau yang biasa disebut EntreWeek ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh dan untuk mahasiswa Podomoro University program studi Entrepreneurship. EntreWeek mengundang para pengusaha berpengalaman untuk dapat berbagi pengetahuan dan segi pandang seorang Entrepreneur.

Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni untuk melaksanakan prinsip pembelajaran Expreriental Learning pada serangkaian mata kuliah pada program studi Entrepreneurship, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari pakar/praktisi di dunia bisnis serta mendorong mahasiswa untuk menerapkan hasil pembelajarannya dalam usaha dan masyarakat.

Tahun ini, EntreWeek dilaksanakan selama empat hari yakni dimulai pada 3 Desember sampai 6 Desember 2019 dengan tema Steps to be an Entrepreneur dimana setiap mahasiswa didorong untuk bisa menjadi seorang Entrepreneur yang memiliki dampak tidak hanya bagi usahanya sendiri namun juga bagi masyarakat luas. Pada hari pertama, EntreWeek dibuka dengan speech oleh Ibu Maria Prihandrijanti selaku PLT Wakil Rektor Podomoro University, Bapak Wisnu Sakti Dewobroto selaku Ketua Program Studi Entrepreneurship dan Crystal selaku ketua panitia EntreWeek 2019 yang dilanjutkan dengan Talkshow dengan narasumber Bapak Erie Sudewo selaku Founder Dompet Dhuafa dengan tema “Membangun Karakter Pemimpin Berjiwa Wirausaha”.

Setelah sesi talkshow usai, dilanjutkan dengan Potluck yang dilaksanakan di Entrepreneurship Area Podomoro University dan EntreWeek hari pertama ditutup dengan talkshow bersama Para Alumni Podomoro University program studi Entrepreneurship yang kini juga sedang menjalankan usahanya yakni Richard Owada, Jaeysen Canily dan Nicole Zhang, dan sesi terakhir dilanjutkan dengan sharing mengenai PUCEL oleh Sherlly Agustiane bersama dengan PUCEL’s Coach lainnya.

EntreWeek hari kedua dibuka dengan talkshow bersama Jezzie Setiawan selaku founder dan CEO Gandeng Tangan. Gandeng Tangan merupakan penghubung antara para pemilik usaha mikro yang membutuhkan pembiayaan dengan para pendana yang ingin memberikan dampak sosial. Setelah sesi talkshow usai dilanjutkan dengan sesi terakhir di hari kedua yakni Business Simulation Workshop dengan menggunakan Business Craft Boardgame yang diikuti oleh seluruh peserta EntreWeek yang dipandu oleh para panitia. Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti sesi ini, karena mahasiswa dapat belajar strategi dalam membangun dan mengembangkan usaha dengan cara yang menyenangkan.

Pada hari ketiga, acara EntreWeek berisi sesi talkshow bersama Bapak Abimantra Pradhana selaku Co-founder SANA Studio yang merupakan ruang olahraga. Dan pada hari terakhir, acara EntreWeek terbagi atas dua sesi. Pada sesi pertama, Workshop bersama Ibu Yasinta Indrianti dengan tema “Memahami dan Mendalami Karakter Seorang Pemimpin”. Setelah itu, di sesi kedua terdapat Talkshow bersama Andanu Prasetyo selaku Founder of Kopi Tuku dan Dokter Rachelle sebagai perwakilan dari Dermies.

Serangkaian acara Entrepreneurship Week telah terancang dan terlaksana dengan sangat baik. Tanpa dukungan dan partisipasi setiap pihak tentu saja kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik. Banyak pengalaman dan pelajaran baru yang didapatkan oleh mahasiswa/I Podomoro University dari kegiatan ini.

Part of : PUCEL & Entrepreneurship

Writer : Jessica
Editor : Marcomm