ArticleProduct Design

Desain Lampu Hias

Lampu hias untuk ruang tamu memiliki model yang membuat kita sulit untuk memilihnya karena lampu hias datang dengan berbagai model dan ukuran yang menarik. Namun,  ada beberapa hal harus dipertimbangkan pada saat memilih model lampu hias untuk ruang tamu Anda.

Berikut terdapat beberapa model lampu hias yang dapat Anda pilih untuk dipasang dirumah Anda. Berbicara tentang lampu, tentu saja yang ada dibayangan kita adalah fungsi yang dihadirkan oleh lampu tersebut. Tanpa lampu, tentunya kita tidak bisa melihat benda dan ruang yang ada di sekitar kita. Lampu memang sangat dibutuhkan untuk menerangi ruangan dirumah.

Begitu juga dengan ruang tamu yang dikatakan sebuah organ penting di dalam rumah. Ruang tamu pastinya sebuah ruangan yang selalu ada pada setiap rumah. Tentunya, memiliki sebuah ruang tamu yang nyaman dibarengi dengan interior yang menarik menjadi dambaan setiap orang.

Sebuah ruang tamu yang nyaman pastinya memiliki macam-macam furniture yang menarik dan cantik. Untuk dapat, memberikan sebuah kesan yang apik, ruang tamu haruslah memberikan penerangan yang  benar-benar cukup agar setiap furnitur dan ornamen didalam ruang tamu dapat terlihat dengan jelas. Oleh sebab itu, memiliki sebuah model lampu hias di ruang tamu Anda merupakan ide yang sangat bagus

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan dalam memilih lampu hias untuk ruang tamu Anda:

Sesuaikan model dengan interior ruang tamu
Hal pertama adalah penyesuaian interior atau tema ruang tamu Anda. tentu saja, jika ruang tamu Anda minimalis, Anda juga harus memilih model lampu hias yang minimalis juga. Atau ruang tamu Anda bertema klasik anda tidak bisa memilih lampu hias dengan desain yang heboh. Maka, penyesuaian model dan interior ruang tamu sangatlah diperlukan.

Warna
Pilihlah warna yang cocok untuk ruang tamu Anda.

Ukuran
Ukuran lampu hias harus diperhatikan ketika anda membeli lampu hias. Ukuran yang terlalu besar untuk ruang tamu yang sempit atau ukuran yang besar untuk ruangan yang sempit adalah sebuah kesalahan dalam memilih ukuran dan model lampu hias.
Cahaya yang dihasilkan dan efek cahaya yang dihasilkan oleh lampu tentu memiliki perbedaan pada setiap lampu hias. Cahaya yang dihasilkan harus sesuai dengan tema ruang tamu Anda. Tentunya, terdapat lampu hias dengan efek cahaya yang soft, glow, atau sorot cahaya yang cukup kuat.

Seperti Program Studi Desain Produk di dalam mata kuliah Process & Materials Laboratorium yang dibimbing oleh Ibu Nurul. Mahasiswa/i juga diajar untuk membuat suatu produk lampu hias. Seperti contoh 1 kelompok yang membuat lampu hias yang diberi nama Aradhana hasil karya Irfan Setiawan dan Alaric Pricell mahasiswa Desain Produk angkatan 2018 Podomoro University. Tentunya dalam membuat suatu produk pasti ada permasalahan dan penyelesaian yang dibuat oleh para mahasiswa.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang Aradhana produk yang dibuat oleh Irfan Setiawan dan Alaric Pricell.

Di era globalisasi ini kerap kali orang mulai melupakan budaya Nusantara. Oleh karena itu diperlukan suatu produk yang mampu menampilkan identitas budaya bangsa agar semakin dikenal. Dimulai dari sesuatu yang sederhana tetapi berdampak besar dalam jangka waktu panjang.

Maka terciptalah Aradhana. Aradhana adalah sebuah lamp sculpture terinspirasi dari gerakan penari lilin yang berasal dari Sumatera Barat. Lalu dipilih salah satu bagian gerakan yang khas untuk dijadikan dasar bentuk dan disederhanakan sedemikian rupa agar terlihat elegan dan modern.

Aradhana diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti membawa perdamaian dan penghormatan. Nama ini diberikan karena sesuai dengan kesan yang ingin disampaikan kepada publik.

Di kota metropolitan seperti Jakarta, orang-orang sangat sibuk dengan aktivitas bekerja seharian penuh. Sehingga tanpa disadari, keadaan emosional dari tempat bekerja terbawa hingga usai bekerja seperti stres, emosi, lelah, dan sebagainya. Oleh karena itu produk lampu ini diharapkan mampu memberikan ketenangan emosional bagi penggunanya dengan bentuk serta warna kehangatan yang dipancarkan.

Part of : Product Design

Writer : Ridha Rahmatia
Editor : Marcomm