Ini Dia Kunci Rahasianya Daya Tarik Desain Kemasan Produk

Apakah anda memperhatikan desain kemasan saat membeli sebuah produk? Jika diperhatikan, desain kemasan produk menjadi salah satu unsur utama yang menciptakan daya tarik bagi seseorang untuk membeli sebuah produk. Desain yang menarik, terlahir dari tangan-tangan kreatif yang memiliki kunci rahasia. Kunci rahasia tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Mengenal Kemasan Produk

Ini Dia Kunci Rahasianya Daya Tarik Desain Kemasan Produk

Sebuah produk tidak bisa dilepaskan dari kemasannya. Selain berfungsi untuk melindungi produk, kemasan juga berfungsi untuk menciptakan daya tarik bagi yang melihatnya. Desain kemasan produk adalah barang yang digunakan untuk membungkus sebuah produk. Kemasan dapat menjadi cerminan pertama dari sebuah produk.

Wujud pertama dari produk yang anda lihat adalah kemasannya. Sehingga, penting untuk membuat desain kemasan produk kreatif yang bersifat unik. Keunikan pada kemasan dapat menciptakan daya tarik bagi pembeli produk tersebut. 

Fungsi Desain Kemasan Produk

Desain kemasan produk tidak hanya berfungsi untuk membungkus dan menjaga kondisi produk. Namun, terdapat beberapa fungsi penting lain yang perlu untuk anda ketahui, sebagai berikut:

1. Sebagai Identitas

Setiap produk memiliki identitas yang perlu diketahui oleh calon pembeli. Kemasan memiliki peranan penting dalam menunjukkan identitas produk tersebut. Ciri khas yang disampaikan dalam kemasan dapat memudahkan konsumen untuk mengenali produk tersebut.

2. Simbol Estetika Produk

Estetika adalah adalah bagian penting dalam penjualan sebuah produk. Semakin indah kemasan produk anda, maka semakin mudah untuk menarik konsumen untuk melirik produk tersebut. Anda bisa memainkan berbagai unsur estetika pada kemasan tersebut, seperti unsur warna, bentuk, hingga bahan yang digunakan. 

3. Komunikasi dan Brand Image

Kemasan produk dapat dimaknai sebagai media komunikasi antara produk dengan konsumen. Komposisi dan penjelasan produk yang terdapat pada kemasan dapat membantu konsumen untuk memahami produk tersebut.

Selain itu, gambar desain kemasan produk yang anda munculkan dapat berfungsi sebagai komunikator brand image yang anda kembangkan. Sehingga, konsumen dapat mengenali produk anda dengan mudah.

Prinsip Dasar Desain Kemasan

 Proses mendesain kemasan produk tidak dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa kunci rahasia yang perlu anda ketahui untuk membuat desain kemasan yang menarik, sebagai berikut:

1. Sederhana

Kemasan yang menarik tidak harus rumit adalah prinsip dasar yang perlu anda ingat. Sehingga, anda tidak perlu memikirkan hal-hal yang rumit, anda dapat memilih desain yang sederhana. Kemasan sederhana, namun mampu menunjukkan ciri khas produk anda.

Desain sederhana bisa ditunjukkan dari pemilihan warna, bentuk, dan bahan yang anda gunakan. Anda dapat memikirkan desain produk yang mudah dibawa dan memudahkan konsumen. Jangan lupa untuk melengkapi desain produk dengan informasi yang penting mengenai produk. Supaya konsumen dapat dengan mudah memahaminya.

2. Unik

Keunikan kemasan dapat membantu menambah daya tarik konsumen pada produk anda. Unik memiliki makna berbeda dari yang lain, misalnya melalui bentuk kemasan hingga warna. Sederhana, bukan berarti anda tidak bisa memainkan warna-warna yang cerah. Bahkan, anda bisa menggunakan warna-warna yang sedang populer, seperti lilac dan baby blue.

Pemilihan warna yang tepat dapat menjadi salah satu cara membuat desain kemasan produk yang menarik konsumen. Sebaiknya, jangan ragu dalam memilih warna yang unik. Supaya produk anda bisa memiliki tampilan yang unik dan mudah diingat oleh konsumen.

3. Tambahkan Informasi Penting Produk

Informasi produk merupakan hal yang penting dalam sebuah kemasan. Meskipun, anda memiliki kemasan produk yang sederhana dan menarik, namun tidak informatif. Hal tersebut dapat mengurangi nilai jual dari produk tersebut.

Informasi pada kemasan produk harus dicantumkan dengan jelas. Anda dapat menggunakan font yang jelas, supaya konsumen dapat membaca informasi produk dengan mudah. Sehingga, konsumen dapat memahami dan mengetahui produk yang anda tawarkan.

4. Bahan Ramah Lingkungan

Kemasan yang menggunakan bahan ramah lingkungan bisa menambah daya tarik konsumen. Kehidupan masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya menjaga keberadaan alam semesta, membuat mereka lebih tertarik kepada produk yang ramah lingkungan. Jadi, anda bisa memilih bahan-bahan yang bisa didaur ulang.

Jika anda menggunakan bahan-bahan daur ulang, maka dapat membantu mengurangi anggaran pembuatan kemasan. Kemasan daur ulang cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau dan ekonomis. Selain itu, produk anda juga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Aplikasi untuk Membuat Desain Kemasan

Jika anda ingin membuat desain kemasan, maka anda tidak perlu bingung. Saat ini, terdapat berbagai aplikasi yang dapat membantu proses pembuatan desain kemasan produk, sebagai berikut:

1. Logo Maker Pro Free

Aplikasi pertama yang dapat membantu pekerjaan desain anda adalah Logo Maker Pro Free. Aplikasi ini memiliki berbagai macam tools yang berstandar tinggi. Anda juga bisa memilih beragam logo dan font tulisan yang anda inginkan. Aplikasi ini akan membantu anda membuat kemasan produk yang unik.

2. 3D Logo Design

Jika anda ingin membuat kemasan produk yang memberi kesan elegan, maka anda dapat mencoba menggunakan aplikasi 3d Logo Design. Aplikasi ini dirancang secara profesional untuk membantu dan mempermudah pekerjaan anda. Istimewanya lagi, aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis.

3. Logo Maker-Pro Logo Creator

Logo Maker-Pro Logo Creator dapat menjadi salah satu pilihan aplikasi untuk membuat desain kemasan produk. Aplikasi ini dapat membantu anda untuk mendesain kemasan makanan dengan mudah. Anda dapat mendesain produk dengan teks dan gambar yang telah disediakan dalam aplikasi ini. Bahkan, aplikasi ini bisa digunakan pada android anda.

Prediksi Trend Kemasan Terbaru

Prediksi Trend Kemasan Terbaru

Bagi anda yang ingin belajar mengenai desain kemasan produk secara profesional, maka anda bisa kuliah di Universitas Agung Podomoro atau Podomoro University. Universitas ini memiliki jurusan Product Design yang khusus mempelajari mengenai pembuatan produk, termasuk membuat desain kemasan. Jika anda tertarik, anda dapat segera mengunjungi podomorouniversity.ac.id untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Supaya anda lebih bersemangat untuk belajar desain, maka akan dibahas mengenai prediksi kemasan produk terbaru di tahun 2022, sebagai berikut:

1. Kemasan Vintage

Jika anda memiliki produk yang terbuat dari kayu maupun logam, maka kemasan vintage dapat menjadi pilihan. Kemasan vintage dapat menambah kesan unik pada produk anda, misalnya anda menjual produk gantungan kunci dari kayu, maka kemasan vintage akan cocok. 

Desain kemasan vintage dapat dibuat dengan menggunakan elemen desain huruf, warna, dan bahan kemasannya. Pemilihan desain ini dapat menambah nilai estetika dalam kemasan produk anda.

2. Kemasan Transparan

Desain transparan sebenarnya bukan tema baru dalam perkembangan desain kemasan produk. Namun, desain ini kembali menarik perhatian dengan pemilihan gambar-gambar yang menarik yang menambah keindahan produk.

Anda dapat menggunakan kemasan transparan saat membuat desain kemasan produk makanan. Desain ini dapat memperlihatkan produk yang berada di dalamnya. Sehingga, konsumen dapat melihat produk dengan mudah.

Desain transparan dapat digunakan sebagai kemasan permen, kue, hingga jajanan ringan. Jangan lupa untuk menambahkan gambar-gambar yang menarik, supaya terlihat lebih unik dan menarik.

3. Kemasan Warna Cerah

Kemasan dengan warna-warna yang berani diperkirakan akan menarik perhatian konsumen di tahun 2022. Sehingga, anda tidak perlu ragu untuk memilih warna-warna yang cerah. Jika anda menggunakan warna yang menonjol, maka akan lebih mudah bagi konsumen untuk melihat produk anda.

4. Kemasan Ramah Lingkungan

Kemasan ramah lingkungan menjadi salah satu desain kemasan menarik di tahun 2022. Belakangan  ini, semakin banyak orang yang peduli dengan lingkungan sehingga memperhatikan kemasan produk yang dapat di daur ulang. Orang-orang semakin sadar, bahwa penggunaan bahan daur ulang dapat membantu menjaga lingkungan.

Desain kemasan daur ulang dapat menambah ketertarikan konsumen terhadap produk anda. Anda bisa memilih untuk menggunakan bahan craft paper. Bahan ini lebih mudah terurai, sehingga tidak akan berisiko merusak lingkungan. Selain kemasan produk unik, anda juga berperan dalam menjaga lingkungan.

Demikianlah, pembahasan mengenai kunci rahasia membuat desain kemasan produk yang unik dan menarik. Anda dapat menerapkan konsep-konsep tersebut supaya kemasan produk anda bisa menarik konsumen. Anda juga perlu belajar mengenai cara membuat kemasan produk secara profesional, hal ini penting untuk meningkatkan kualitas produk anda. Berikan tampilan menawan dan tunjukkan kualitas terbaik produk anda.

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Mengenal Jenis-Jenis Desain Produk dan Tujuannya

Mengenal Jenis-Jenis Desain Produk dan Tujuannya

Jika membahas tentang desain produk, tentu bukan hal yang asing di telinga Anda. Mengingat desain produk sendiri akan jadi identitas dari sebuah produk itu sendiri. Tapi tahukah Anda tentang tujuan dari desain produk dan juga jenis-jenis desain produk itu sendiri! Jik a belum, maka ini akan jadi ulasan menarik untuk Anda baca. Apa itu desain

Tujuan Desain Produk dan Manfaat Pendidikan Desain Produk

Tujuan Desain Produk dan Manfaat Pendidikan Desain Produk

Desain produk merupakan rangkaian langkah-langkah dalam mempelajari serta merencanakan sebuah produk yang nantinya memiliki nilai guna, ergonomis dan estetis. Sama seperti aspek dasar dari desain-desain yang lain, desain produk memiliki fokus pada perpaduan nilai fungsional dan nilai estetik dalam menghasilkan sebuah produk. Sehingga bisa dikatakan bahwa tujuan desain produk adalah menghasilkan barang yang memiliki nilai

Belajar Desain Kemasan Produk Kreatif di Universitas Podomoro

Belajar Desain Kemasan Produk Kreatif di Universitas Podomoro

Pendidikan menjadi jalan terbaik untuk memiliki kompetensi di suatu bidang. Bahkan pekerjaan seni dan kreatif pun membutuhkan standar kompetensi bagi siapapun yang ingin bekerja secara formal di sebuah lembaga. Bahkan pekerja seni atau kreatif yang bekerja sendiri juga akan memiliki nilai lebih jika memiliki sertifikasi kompetensi karena pernah menamatkan pendidikan di bidang yang dijalani. Karena

Kenali Lebih Dalam Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

Kenali Lebih Dalam Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

Desain produk merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi desain produk adalah fungsi dan kegunaan dari produk tersebut. Desainer produk menjadi salah satu profesi yang menjanjikan dengan semakin berkembangnya bisnis secara digital.  Pengertian Desain Produk Desain produk adalah sebuah proses imajinasi, membuat, dan memperbaiki produk