ArticleProduct Design

Desain Benang Wol dalam berbagai Produk

Inspirasi tentang fashion semakin berkembang, banyak yang memunculkan tren baru dan juga mengadaptasi gaya lama. Salah satunya adalah motif bordir yang sering digunakan sebagai pemanis tampilan kain. 

Embroidery art sekarang juga digunakan sebagai inspirasi berpakaian sehari-hari, mulai dari motif atasan, bawahan, hingga saat ini yang sedang hangat diperbincangkan adalah hiasan produk rumah tangga yang terbuat dari benang wol. Bentuknya pun bermacam-macam dari keset, penghias lampu tidur, penghias dinding rumah dan salah satu bentuk yang paling sering dipakai sekarang adalah bentuk flora dan hewan hewan hias

Source : Pinterest

Teknik bordir atau teknik sulam benang wol juga menempatkan hiasan-hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain dan diletakkan pada ujungnya untuk menghias atau mempercantik tampilan. Awalnya, proses pengerjaannya sendiri lebih banyak dilakukan secara manual, namun di zaman milenial ini kehadiran mesin bordir, banyak yang memilih jalur praktis karena selain prosesnya bisa meminimalisi waktu, motif berulang juga dapat dihasilkan secara masif.

Hal yang menjadi pusat perhatian dari seni bordir benang wol ini adalah desainnya. Berbeda dengan cara menjahit biasa, pengerjaan kriya bordir harus diperhatikan dengan detil. tatanan dan barisan garis, warna dan bentuk yang dibuat harus sesuai satu sama lain agar dapat menampilkan nilai estetika atau keindahan, mengingat salah satu fungsi desain adalah sebagai dekorasi untuk mempercantik sebuah benda. Desain dasar bordir benang wol itu sendiri ada empat yaitu bentuk figur seperti hewan dan manusia (alami), berbagai garis (geometris), dekoratif dan bentuk imajinatif (abstrak).

Adapun terdapat 10 teknik-teknik dasar menyulam yang dapat digunakan ke desain bordir, dimulai dari back stitch dan running stitch, , hingga lazy daisy dan seed stitch yang  dapat menghasilkan detail menonjol dalam seni kriya.

Teknik-teknik menyulam juga di aplikasikan dan dibuat oleh Mahasiswa/i Desain Produk Podomoro University. Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Desain Produk angkatan 2018.

Kalian berminat untuk mengetahui tentang Desain Produk lebih lagi? Yuk konsultasi bersama dengan Ketua Program Studi dan diskusi tentang banyak hal. Jangan ragu untuk DM kita di @podomorouniversity

Part of : Product Design

Writer : Ridha Rahmatia
Editor : Marcomm