Desain Arsitektur: Jurusan serta Prospek Kerjanya!

Dalam mengambil jurusan di tingkat pendidikan tinggi harus dilakukan secara matang. Maka dari itu, sebelum memutuskannya Anda perlu memahami jurusan yang akan diambil. Jika, Anda tertarik untuk mengambil jurusan desain arsitektur Anda bisa menyimak ulasan ini terlebih dahulu. 

Anda harus berpikir dengan lebih matang dalam memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda, jangan sampai salah jurusan melekat pada diri Anda sendiri. Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi terkait jurusan yang akan Anda pilih, Arsitektur. Langsung saja simak ulasannya.

Kilas Informasi Jurusan Desain Arsitektur

Salah satu jurusan populer di Indonesia dan memiliki banyak peminat ialah Jurusan desain arsitektur. Di Indonesia jurusan arsitektur telah hadir sejak masa kolonial dan terus berkembang hingga saat ini. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cerah sehingga menjadikannya sebagai jurusan yang paling banyak diminati.

Desain Arsitektur: Jurusan serta Prospek Kerjanya!

Arsitektur adalah jurusan perkuliahan, ilmu yang mempelajari segala hal berkaitan dengan rancangan bangunan serta lingkungan binaan. Jurusan ini tak hanya mempelajari teknik pembangunan saja, melainkan juga berfokus pada estetika desain pembangunannya. Bisa dikatakan Arsitektur masih menjadi bagian Fakultas Teknik.  

Berbeda dengan teknik sipil yang merealisasikan pembangunan, arsitektur lebih terarah untuk menuangkan konsep, ide, ataupun desainnya pada  kertas. Dengan ini, Mahasiswa Arsitektur tak hanya mempelajari kekokohan pembangunannya saja, melainkan pertimbangan keindahan dan kenyamanan bangunan.

Mahasiswa jurusan arsitektur diharuskan untuk memahami teori Firmitas—kekuatan bangunan, Utilitas—fungsi bangunan, serta Venustas—estetika bangunan.

Bagi Anda yang berminat mempelajari desain dan rancangan pembangunan, jurusan arsitektur bisa menjadi referensi jurusan yang tepat dan sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jurusan arsitektur memiliki prospek yang cerah, meski begitu untuk mengemban pendidikan di jurusan ini, Anda harus berjuang lebih keras untuk mendapatkan bangku perkuliahan.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Belajar Arsitektur, Perlu Kompetensi Tinggi

Mata Kuliah Desain Arsitektur

Jika Anda memilih untuk mengambil jurusan desain arsitektur, maka akan ada banyak mata kuliah yang harus Anda pelajari. 

Matkul atau mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan arsitektur di antaranya, Teknik Komunikasi Arsitektur, Arsitektur dan Lingkungan, Arsitektur Etnik, Tata Ruang, Matematika Arsitektur, Fisika Bangunan, Kalkulus, Gambar Teknik, Estetika Bentuk, Mekanika Teknik, Ilmu Bahan Bangunan, Azas dan Metoda Perancangan,  Seni Rupa, Pencahayaan dan mata kuliah lainnya. 

Biasanya urutan ilmu yang dipelajari semasa kuliah yakni Di semester awal Anda akan mempelajari ilmu Studio Perancangan Arsitektur 1, Gambar Teknik, teori Bentuk Arsitektur, Pengantar Arsitektur, Estetika, hingga Dasar-dasar Struktur dalam Arsitektur. 

Lalu, di semester 2 Anda akan belajar ilmu Studio Perancangan Arsitektur 2, Struktur dan Konstruksi Bangunan, Bahan Bangunan dalam Arsitektur, Pengantar Teori Perancangan Arsitektur, Etika, hingga Logika.

Di semester 3 Anda akan belajar ilmu Studio Perancangan Arsitektur 3, Struktur Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah, Fisika Bangunan, Utilitas Bangunan,Teori dan Sejarah Arsitektur Pra Modern, dan sebagainya.

Semester 4 ilmu yang Anda pelajari yakni Studio Perancangan Arsitektur , Struktur dan Konstruksi Bangunan Bentang Lebar,Perencanaan Tapak, Permukiman Kota, Teori dan Sejarah Arsitektur Modern, dan lainnya.

Semester 5 mempelajari ilmu Studio Perancangan Arsitektur 5, Struktur Konstruksi Bangunan Bertingkat Tinggi, Perumahan Kota, Teori dan Sejarah Arsitektur Pasca Modern, Pranata Pembangunan.

Di semester 6 Anda akan mempelajari ilmu Metodologi Riset Arsitektur, Pengantar Wawasan Kerja Profesi & Dunia Kerja serta Arsitektur Kota.  Terakhir ilmu arsitektur yang dipelajari di semester 7 ialah ilmu Studio Akhir Arsitektur. Selanjutnya, di semester 8 Anda akan terfokus untuk menyelesaikan skripsi.

Kenapa Harus Jurusan Desain Arsitektur?

Untuk meyakinkan diri Anda dalam memilih desain arsitektur sebagai jurusan pilihan, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Latar Belakang Sejarah dan Budaya

Arsitektur  tidak pernah terlepas dari karakteristik sejarah dan budaya Indonesia. Terlebih Indonesia dikenal sebagai negara dengan sejarah kolonial serta banyak suku dan etnis yang menduduki bumi Indonesia. Hal tersebut dapat mempengaruhi karakter bangunan dan lingkungan binaan umum di Indonesia.    

Oleh karena itu Arsitektur merupakan bagian jurusan yang memiliki keunggulan.  Ketika Anda menjadi Mahasiswa Arsitektur, Anda dapat mempelajari bangunan budaya dan bersejarah yang ada di Indonesia.

2. Mempelajari Rancangan Bangunan

Ketika Anda memutuskan untuk memilih desain arsitektur sebagai jurusan pendidikan, Anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai rancangan bangunan, bahkan Anda bisa melakukan desain bangunan dengan estetik yang berbeda. 

Di Indonesia sendiri memiliki rancangan bangunan dengan penghargaan internasional, salah satunya penghargaan World Building of the Year 2015 serta Urban Habitat Award 2014. 

Jika Anda menjadi arsitektur, Anda akan mendapat kesempatan untuk membuat rancangan yang lebih megah dari bangunan-bangunan tersebut.  Oleh karena itu, pahami dahulu materi arsiteknya untuk mengasah kemampuan Anda, ya. 

Baca Juga: Detail Arsitektur pada sebuah bangunan

3. Meningkatkan Kemampuan 

Seperti yang Anda ketahui, bahwasannya jurusan desain arsitektur merupakan jurusan yang sangat sulit untuk dilewati. Maka dengan ini Anda akan didorong untuk meningkatkan kemampuan diri. 

Di jurusan arsitektur Anda akan mendapatkan banyak tugas, meski terbilang sulit Anda pasti bisa melewatinya dengan seiring waktu. Sebab, kesulitan hanya ada di awal pelajaran saja. 

Nanti, saat Anda sudah berada di tahap terakhir, Anda akan merasa kagum dengan pencapaian tersebut. Bagaimana perkembangan kemampuan diri Anda menjadi lebih meningkat.

4. Mendapatkan Pekerjaan dengan Etos Kerja yang Baik

Setelah Anda berhasil menyelesaikan pendidikan sebagai Mahasiswa Arsitektur, Anda tak perlu cemas mengenai prospek pekerjaan yang akan didapat. Sebab, bidang arsitektur memiliki pekerjaan yang cukup luas seiring dengan perkembangan jaman.

Anda bisa mendapatkan kesempatan yang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan kapital pendapatan yang memuaskan. 

Menjadi seorang desain arsitektur, Anda akan dihadapi dengan pekerjaan yang bersifat dinamis sebab setiap proyek memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, tentu saja pekerjaan ini akan menyenangkan untuk menantang kemampuan diri Anda. Anda pun memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru, sehingga relasi Anda menjadi semakin luas. 

Selain itu, Arsitektur merupakan jurusan yang sangat tepat bagi Anda yang memimpikan untuk memiliki bangunan dengan desain impian. 

5. Memiliki Kesempatan Berkeliling Dunia 

Seorang Desain Arsitektur harus memiliki banyak inspirasi untuk mendesain bangunan-bangunan baru. Salah satu cara mendapatkan inspirasi tersebut, arsitek biasa melakukannya dengan berkeliling dunia. 

Seorang Arsitek tidak mampu untuk mengembangkan idenya dengan baik, bila tidak berinteraksi dengan lingkungan luar dan melirik bangunan dari bagian lain. Oleh karena itu, berkeliling dunia akan menjadi bagian dari Mahasiswa Arsitektur. 

Peluang Kerja Jurusan Desain Arsitektur

Lulusan perkuliahan dengan Jurusan Desain Arsitektur memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus. Mau tahu bagaimana peluang pekerjaan arsitektur? Berikut penjelasannya.

1. Arsitek

 Peluang profesi Arsitektur yang pertama adalah profesi Arsitek. Jika Anda memutuskan untuk bekerja sebagai Arsitek, Anda memiliki tugas untuk mendesain bangunan yang sesuai dengan apa yang klien minta. 

Jelasnya, seorang Arsitek akan menuangkan konsep atau ide rancangan bangunan yang sesuai dengan permintaan si klien. Dengan ini, estetik suatu bangunan tergantung pada keahlian arsiteknya. 

Berkarir di bidang Arsitek tidak semudah yang Anda pikirkan, sebab membutuhkan kreativitas dan ketelitian yang mendalam. Namun, bayarannya jangan pernah Anda ragukan lagi, karena bayaran yang didapat tentu seimbang dengan kerja keras seorang Desain Arsitek, mulai dari 6 hingga 7 juta per bulannya.

2. Drafter

Jika Arsitek akan memberikan desain yang kasar, maka seorang Drafter akan mengerjakan hasil desain tersebut secara menyeluruh dan lebih detail. Seorang Drafter biasanya akan melakukan diskusi dengan kliennya mengenai bentuk asli dari rumah yang akan dibangun. 

Drafter merupakan profesi yang sangat dibutuhkan, terlebih saat jasa arsitek dipekerjakan di luar tim.  Tugas seorang Drafter tidaklah serumit tugas Arsitektur, maka dengan ini bayaran Drafter per bulannya bisa lebih kecil, kisaran 4 hingga 5 juta per bulannya.

3. Desain Interior

Menjadi seorang Desain Interior bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang lulusan desain arsitektur.  Seorang Desain Interior memiliki tugas utama dalam membuat desain ruangan untuk menjadi lebih estetik. Biasanya, yang didesain oleh pekerja berupa rumah atau bahkan perusahaan besar.

Menjadi seorang Desain Interior memang tidak mudah, sebab didorong untuk membuat desain ruangan yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan si klien. 

Sebelum menciptakan desain ruangan, pekerja harus melakukan diskusi terlebih dahulu dengan kliennya agar bisa menciptakan desain yang memuaskan. Profesi pilihan satu ini tentu sangat menarik bukan?

4. Konsultan Arsitektur 

Konsultan Arsitektur bisa menjadi profesi andalan, sayangnya profesi ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang menjadi fresh graduate. Menjadi seorang konsultan arsitektur butuh perjuangan yang lebih keras, sebab hanya orang berpengalaman dan sudah ahli yang bisa menjadi Konsultan Arsitektur. 

Konsultan Arsitektur memiliki tugas dalam mengerjakan perencanaan maupun analisis desain bangunan dan membuat Draft. Karena butuh perjuangan untuk menjadi Konsultan Arsitektur, maka gajinya bisa mencapai dua digit. Tertarik berprofesi satu ini? 

5. PNS

Selanjutnya, profesi yang dapat diemban oleh lulusan desain arsitektur adalah PNS—Pegawai Negeri Sipil. Tidak ada salahnya, kan, jika Anda mencoba untuk melakukan tes CPNS? Anggap saja untung-untungan. Siapa tahu Anda bisa lulus.

Dengan latar belakang lulusan arsitektur Anda bisa berada di posisi Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Dinas Tata Kota, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atau bahkan berada di posisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat.

6. Perencanaan Struktur Bangunan

Peluang Kerja Jurusan Desain Arsitektur

Terakhir, Anda bisa memilih untuk berprofesi sebagai Perencanaan Struktur Bangunan. Tugas dari profesi ini adalah merencanakan struktur bangunan yang nantinya akan dikerjakan oleh para pekerja bangunan.

Mulai dari pondasi, jendela, pintu dan lain sebagainya perlu direncanakan secara struktur agar hasilnya menjadi lebih berkualitas. Dengan adanya peningkatan permintaan konstruksi, profesi satu ini memiliki bayaran yang cukup tinggi, dimulai dari 7 juta per bulannya.

Itulah peluang pekerjaan bagi Anda yang lulusan desain arsitek. Beberapa profesi di atas perlu Anda pertimbangkan jika Anda sudah lulus dari pendidikan arsitektur.

Sebelum Anda memulai pendidikan menjadi Mahasiswa Desain Arsitek Anda pun harus tahu beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Baca juga: Pekerjaan Arsitektur yang perlu anda ketahui

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan dalam Memilih Jurusan Arsitektur

Di bawah ini merupakan hal-hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjadi Mahasiswa Desain Arsitektur

1. Memiliki Daya Minat  Seni dan Teknologi

Sebelum Anda yakin untuk memilih desain arsitektur sebagai pilihan pendidikan Anda, Anda harus memastikan minat yang dimiliki. 

Anda harus memiliki daya minat terhadap seni, sebab arsitektur tidak hanya didorong pada segala hal teknik, melainkan Anda akan dituntut untuk memahami seni dan estetika. 

Anda pun dituntut untuk memiliki minat terhadap gambar, sebab dalam menuangkan konsep ataupun ide bangunan menggunakan teknik gambar di kertas. 

Sebagai seorang Arsitektur terutama Desain Interior dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi maka dengan itu Anda pun harus memiliki ketertarikan pada teknologi.     

2. Pilih Universitas yang Tepat

Setelah Anda memastikan memiliki minat dalam bidang seni dan teknologi, langsung saja pilih universitas yang tepat.

 Untuk mengembangkan minat Anda harus memilih wadah dengan fasilitas yang menunjang keseluruhan pendidikan Anda. Anda bisa mencari tahu informasi universitas dengan Fakultas Arsitektur terbaik.  

Dengan pertimbangan banyak hal, Anda bisa memilih universitas yang tepat, seperti penilaian akreditasi hingga fasilitas yang disediakan.

3. Membuat Banyak Karya

Menjadi Mahasiswa Arsitektur haruslah giat menghasilkan karya yang beragam untuk mengasah keahliannya. Jangan hanya terfokus pada desain rumah saja, Anda bisa membuat karya desain lainnya. 

Salah satu caranya, Anda bisa melirik Arsitek-arsitek terdahulu untuk mendapatkan inspirasi karya, sehingga Anda bisa menuangkan konsep dan ide terbaru.  

Jika Anda sudah menjadi Mahasiswa di Kuliah Jurusan Arsitektur, Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan magang di beberapa bidang perusahaan untuk mendapatkan wawasan serta pengalaman cara jadi arsitek yang handal. Maka dengan ini, Anda bisa lulus menjadi arsitek yang benar-benar berkompeten.

4. Kreatif dalam Segala Hal

Menjadi Mahasiswa Arsitektur harus memiliki daya kreatif yang tinggi dalam segala hal, khususnya terhadap memecahkan masalah. Menjadi arsitektur yang profesional Anda didorong untuk memiliki kemampuan dalam  berhitung dan menggambar.  

Mahasiswa Arsitektur dihadapkan dengan perancangan fungsi bangunan sehingga mendorongnya untuk memiliki kekreatifan dengan tingkat yang tinggi. Dengan daya kreatif yang tinggi, Anda bisa menuangkan ide rancangan yang tidak hanya terfokus pada fungsinya melainkan juga estetik-nya. 

Anda pun harus bisa membangun karakter yang kuat sebagai Mahasiswa Arsitektur dalam mencerminkan kepribadian diri. 

5. Mental 

Tak hanya memiliki karakter yang kuat, sebagai Mahasiswa Arsitektur harus memiliki mental yang kuat. Sebab membutuhkan perjuangan yang lebih keras lagi jika Anda mengemban pendidikan ini. 

Dengan mental yang kuat Anda bisa memaksa untuk mengembangkan wawasan serta kemampuan Anda. 

Cobalah untuk melakukan pelatihan mental secara perlahan, sehingga jika Anda sudah berkarir dan menemukan klien sesungguhnya, Anda bisa menghadapinya dengan baik. Oleh karena itu Anda harus memiliki mental yang tidak mudah menyerah untuk menjadi seorang arsitek yang handal. 

Poin di atas perlu Anda persiapkan mulai detik ini, agar Anda bisa berkarir dengan sukses. Nikmati masa muda untuk mendapatkan masa depan yang cerah. 

Baca Juga: 5 Cara jadi Arsitek Professional, Banyak Rintangannya

Bingung mencari perguruan tinggi dengan program studi  Arsitektur terbaik? Universitas Agung Podomoro atau Podomoro University bisa menjadi solusi terbaik. 

Podomoro University merupakan perguruan tinggi yang memiliki  program studi Arsitektur dengan fasilitas yang dapat menunjang proses pendidikan. Tak hanya itu, program studi Arsitektur yang dimiliki oleh Podomoro University memiliki nilai akreditasi Baik Sekali . Anda bisa menjadi lulusan arsitektur yang profesional dengan mengemban pendidikan di sana. 

Untuk mencari tahu informasi perguruan tinggi terkait, Anda bisa mengunjungi situs resminya dengan mengklik link di bawah ini.

podomorouniversity.ac.id

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Pilihan bidang ilmu yang dipelajari dan ditekuni bisa menjadi profesi yang selanjutnya menjadi jalan hidup seseorang. Salah satu saat yang sangat menentukan dalam membuat pilihan ini adalah saat memilih jurusan kuliah. Mengetahui perbedaan teknik sipil dan arsitektur bisa menjadi sebuah panduan dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan. Jurusan teknik sipil

7 Pekerjaan Arsitektur yang Perlu Anda Ketahui

7 Pekerjaan Arsitektur yang Perlu Anda Ketahui

Pekerjaan arsitektur tidak hanya membuat desain rumah saja. Namun ada juga berbagai macam pekerjaan yang bisa dilakoni oleh lulusan teknik arsitektur. Memang hampir semua daftar pekerjaan arsitektur berkaitan dengan bangunan. Meski demikian namun ada beberapa jenis pekerjaan dan role pekerjaan berbeda yang bisa ditekuni. Ringkasnya, arsitektur adalah sebuah seni atau praktik yang melibatkan proses perancangan

5 Cara Jadi Arsitek Profesional, Banyak Rintangannya!

5 Cara Jadi Arsitek Profesional, Banyak Rintangannya!

Profesi idaman banyak orang, membuat arsitek dikagumi karena kepintaran dan kecerdasannya dalam merancang sebuah bangunan. Namun, diperlukan orang yang kompeten dan profesional untuk menjadi arsitek handal. Untuk itu, cara jadi arsitek perlu memiliki pendidikan yang tinggi dan kompeten di bidangnya. Menjadi arsitek, ada banyak hal yang perlu anda ketahui. Seperti, dimana bangunan akan didirikan, pondasi

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Detail Arsitektur pada Sebuah Bangunan

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Detail Arsitektur pada Sebuah Bangunan

Arsitektur bukan hanya dilihat dari hasil akhirnya saja. Ada berbagai faktor yang mendukung prosesnya. Faktor-faktor tersebut inilah yang dinamakan dengan detail arsitektur. Dimana seorang arsitek haruslah bisa mempertimbangkan dan juga memikirkan konsep arsitektur dari berbagai segi. Dalam arti, segi-segi tersebut sangat erat hubungannya dengan kenyamanan pengguna atau yang lebih dikenal dengan istilah antropometri. Apa pengertian