Ini Dia Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia

Jika dihitung, ada banyak sekali pengusaha sukses di Indonesia dari berbagai daerah. Bahkan majalah Forbes pernah menyebutkan beberapa pengusaha dari Indonesia yang masuk ke daftar orang terkaya di Asia. Hal ini menjadi bukti bahwa pengusaha di Indonesia sudah mulai terdengar namanya di tingkat dunia.

Dikutip dari Wikipedia, pengusaha sekaligus pemilik dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu Robert Budi Hartono, masuk ke dalam daftar 30 orang terkaya di Asia berkat perusahaan Djarum miliknya.

Sedangkan di Indonesia sendiri, daftar pengusaha sukses datang dari berbagai bidang, bukan hanya bisnis rokok saja. Untuk lebih lengkapnya, mari kita lihat siapa saja pengusaha paling kaya di dalam negeri dalam artikel ini.

Siapa Saja Pengusaha Sukses di Indonesia?

Jika melihat dari daftar 10 orang terkaya di Indonesia, urutannya adalah seperti berikut ini.

  1. Robert Budi Hartono
  2. Michael Bambang Hartono
  3. Sri Prakash Lohia
  4. Prajogo Pangestu
  5. Chairul Tanjung
  6. Jerry Ng
  7. Keluarga Tahir
  8. Eddy Kusnadi Sariatmadja
  9. Djoko Susanto
  10. Theodore Rachmat

Namun dalam kesempatan kali ini, kita bukan hanya akan membahas pengusaha terkaya saja, tetapi juga yang inspiratif dan membuktikan bahwa kerja keras akan terbayarkan di masa depan nanti.

Nah, berikut ini adalah kumpulan pengusaha dari dalam negeri yang bukan hanya sukses namun juga inspiratif.

1. Bob Sadino

Ini Dia Daftar Pengusaha Sukses di Indonesia
image by: goodnewsfromindonesia.id

Pengusaha asal Indonesia yang sukses dan menginspirasi banyak orang yang pertama adalah Bob Sadino. Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah melihat sosoknya dalam foto quote atau kata-kata inspiratif.

Bob Sadino sering kali menjadi bukti bahwa menjadi seorang pengusaha yang sukses tidak wajib punya ilmu yang tinggi, modal usaha yang besar, atau gaya hidup yang serba mewah. Hal ini ia cerminkan sendiri dari bagaimana caranya berpakaian sehari-hari yang selalu santai, dengan baju dan celana pendek, bahkan ketika bertemu presiden sekalipun.

Bob Sadino memulai karir bisnisnya dengan berjualan telur ayam dari rumah ke rumah. Ia merupakan tokoh yang pertama kali memperkenalkan telur ayam negeri dan daging ayam negeri ke masyarakat Indonesia.

Selain itu, Bob Sadino juga menjadi orang yang pertama kali menggunakan sistem hidroponik untuk menanam sayuran di Indonesia.

Salah satu kutipan Bob Sadino yang paling terkenal adalah “Saya tidak ingin membawa apa pun ketika saya mati, pengetahuan saya harus dibagikan dengan dunia ini”. Sehingga, beliau membagikan seluruh ilmunya melalui wawancara dan beberapa buku, seperti “Belajar bodoh dari Bob Sadino” dan “Mereka Bilang Saya Gila!” yang melahirkan banyak pengusaha dari berbagai kalangan masyarakat.

2. Chairul Tanjung

Selanjutnya ada Chairul Tanjung atau yang memiliki sebutan “Si Anak Singkong”. Ia adalah pemilik dari grup perusahaan terbesar di Indonesia, yaitu CT Corps. Kebanyakan dari Anda mungkin mengenalnya sebagai pemilik channel TV nasional Trans TV dan Trans 7.

Namun sebelum membangun saluran TV, Chairul Tanjung sudah memulai berjualan buku dan fotokopi untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, ia bersama beberapa temannya membuat sebuah perusahaan sepatu anak-anak bernama Pariarti Shindutama.

Dengan modal 150 juta, Chairul Tanjung bisa mengembangkan bisnis tersebut hingga diekspor ke luar negeri seperti Italia.

Namun karena perbedaan visi, Chairul Tanjung memisahkan diri dan membangun perusahaan baru yang kini dikenal sebagai Bank Mega. Ia juga merambah ke dunia multimedia dengan merintis Trans Tv dan Trans 7 di bawah naungan Trans Corp.

Pada tahun 2010, Chairul Tanjung pernah masuk ke daftar 1000 orang terkaya di dunia oleh Forbes. Dan di tahun 2014, peringkatnya meningkat jadi urutan 375.

3. Anton Haliman

Anton Haliman terkenal sebagai salah satu pengembang sekaligus pengusaha properti paling sukses di Indonesia. Beliau juga merupakan pendiri dari Agung Podomoro Group, sebuah group perusahaan property yang kini bukan hanya ada di Jakarta, namun juga beberapa daerah di luar Pulau Jawa dan Bali.

Agung Podomoro Group juga terkenal sebagai banyak pusat perbelanjaan, seperti Neo Soho, Senayan City, Kuningan City, Blok M Square, dan masih banyak lagi.

Kini, putra dari Bapak Anton Haliman yaitu Bapak Trihatma K. Haliman  juga mendirikan Podomoro University sebagai tempat pembelajaran anak-anak muda yang ingin menjadi wirausahawan di masa depan nanti.

4. Susi Pudjiastuti

Siapa Saja Pengusaha Sukses di Indonesia?
image by: kompas.com

Sebelum menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti sudah menjadi seorang pengusaha sukses di bidang penerbangan dan ekspor hasil perikanan. Salah satu perusahaannya yang paling terkenal adalah Susi Air yang beroperasi di beberapa kota besar di Indonesia.

Mirip dengan Bob Sadino, Susi Pudjiastuti juga menjadi sumber inspirasi anak muda dan masyarakat dari berbagai kalangan untuk memulai bisnisnya sendiri. Sebab ia memulai bisnisnya tanpa latar pendidikan apapun, bahkan sempat putus sekolah.

Dalam berbagai wawancara, ia menjelaskan bahwa bisnis pertamanya yaitu PT ASI Pudjiastuti Marine Product dimulai berkat menjual perhiasan seharga 750 ribu dan menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Kini produknya sudah diekspor dan mendominasi pasar di Asia Tenggara.

Sedangkan Susi Air dimulai berkat pinjaman dari bank BUMN untuk membeli 2 buah kapal Cessna Caravan. Awalnya pesawat tersebut digunakan untuk kebutuhan transportasi lobster dan hasil laut yang akan dikirim. Namun kini, Susi Air juga melayani penerbangan charter yang mengangkut masyarakat.

5. Salimin Prawiro Sumarto

Salimin Prawiro Sumarto juga menjadi tokoh pengusaha sukses di Indonesia yang pernah masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia oleh Forbes. Ia dikenal sebagai pemilik dari salah satu mal terbesar di Asean yang ada di Indonesia, yaitu Mal Taman Anggrek.

Salimin Prawiro Sumarto juga merupakan tokoh yang membangun Agung Podomoro Group bersama Anton Haliman pada tahun 2004.

Selain bergerak di bidang properti dan pusat perbelanjaan, Salimin Prawiro Sumarto bersama Mulia Group juga melebarkan sayap ke bidang lain seperti perdagangan, industri, dan produksi kaca untuk gedung serta kebutuhan otomotif.

6. Michael Bambang Hartono

Siapa Saja Pengusaha Sukses di Indonesia?
image by: detik.com

Michael Bambang Hartono adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia yang terkenal akan karakter sederhana dan rendah hati. Meskipun termasuk ke dalam salah satu orang terkaya di dunia, beliau tidak pernah gengsi untuk makan di warung pinggir jalan dengan pakaian sederhana.

Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono mewarisi perusahaan Djarum milik ayahnya, yaitu Oei Wie Gwan. Meskipun begitu, perjalanannya dalam dunia bisnis tidak mudah, bahkan bisa dibilang seperti merintis dari awal.

Sebab Oei Wie Gwan meninggal tidak lama setelah pabrik rokok miliknya terbakar habis di tahun 1963. Keduanya kemudian merintis kembali Djarum hingga pernah mendominasi pasar rokok di Amerika Serikat.

7. Trihatma K. Haliman

Pengusaha sukses di Indonesia yang berikutnya adalah Trihatma Kusuma Haliman. Beliau adalah anak dari Anton Haliman, sekaligus tokoh penting yang membawa Agung Podomoro Group ke luar daerah Jakarta.

Trihatma K. Haliman memiliki latar belakang pendidikan arsitektur di Jerman. Ketika Anton Haliman sedang mengembangkan Agung Podomoro Group, Trihatma dipanggil untuk menggunakan pengetahuannya dalam dunia arsitektur dan pembangunan agar bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Salah satu karakter yang bisa dipelajari dari Trihatma adalah keberaniannya dalam mengambil resiko dan selalu memikirkan keuntungan paling terakhir. Itulah sebabnya beliau bisa membawa Agung Podomoro Group bertahan di tengah krisis moneter ketika banyak pengembang lainnya harus tutup.

8. Achmad Zaky

Pengusaha sukses di Indonesia yang terakhir adalah Achmad Zaky, salah satu pelopor belanja online di masyarakat sekaligus tokoh yang dianggap memberikan pengaruh besar untuk perkembangan UKM di Indonesia.

Achmad Zaky terkenal sebagai founder dari Bukalapak, namun ia mengundurkan diri di sekitar tahun 2020. Sebelum mengundurkan diri, ia sudah berhasil membawa Bukalapak menjadi salah satu Unicorn pertama di Indonesia, bahkan di Asia. Ia juga menerima gelar penghormatan “Satyalancana Wirakarya” oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, karena telah memajukan UKM melalui marketplace buatannya.

Kini Achmad Zaky berfokus pada bidang yayasan edukasi, penelitian, dan kewirausahaan. Ia membagikan ilmunya kepada anak-anak muda yang ingin membangun startup sendiri dan menjadi penggerak ekonomi di dalam negeri.

Ternyata, pengusaha sukses di Indonesia tidak selamanya memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Beberapa di antaranya bahkan putus sekolah dan membangun bisnisnya dengan modal tekad saja. Meskipun begitu, pendidikan formal tetap menjadi hal yang penting baik sebagai bekal pengetahuan maupun untuk mengumpulkan relasi di dunia bisnis.

Baca Juga: Ciri – Ciri Wirausahawan Yang Harus Anda Ketahui

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Sudah Menemukan Potensi Diri? Kenali Potensi Dirimu, Yuk!

Sudah Menemukan Potensi Diri? Kenali Potensi Dirimu, Yuk!

Apa itu potensi diri? Potensi diri adalah kemampuan individu yang masih tersimpan dan belum digunakan dengan maksimal. Potensi diri dapat berkembang melalui bakat atau pun usaha belajar dan kerja keras sehingga potensi dapat ditunjukkan melalui aksi. Setiap individu memiliki potensi diri. Namun, tidak semuanya dapat menggunakan potensi diri dengan baik. Potensi diri dapat digunakan dengan

Ketahui Apa Gaya Kepemimpinanmu di Sini!

Ketahui Apa Gaya Kepemimpinanmu di Sini!

Dalam sebuah organisasi, kehadiran pemimpin sangat dibutuhkan. Pemimpin secara tidak langsung menentukan nasib organisasi akan mengalami kemajuan atau kemunduran. Seorang pemimpin membantu organisasi mencapai tujuannya dengan cara mendorong, menggerakkan, dan meyakinkan anggotanya agar dapat bekerjasama dengan baik. Pemimpin juga harus mampu menggali potensi anggotanya. Umumnya, penunjukkan pemimpin didasarkan oleh pertimbangan tertentu sehingga ditemukan seorang pemimpin

Mengenal Tokoh Inspiratif Bob Sadino & Kata-kata Motivasinya

Mengenal Tokoh Inspiratif Bob Sadino & Kata-kata Motivasinya

Bambang Mustari Sadino atau yang kerap disapa Bob Sadino atau Om Bob, merupakan tokoh inspiratif di dunia bisnis. Pengusaha inspiratif ini lahir di Tanjungkarang, Lampung pada 9 Maret 1933, dan meninggal dunia pada 19 Januari 2015. Nama Bob Sadino dikenal sebagai seorang pebisnis yang sukses, Bob Sadino memiliki beberapa bisnis yakni Kem Chicks, Kemfood, Kem

Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Analisis Peluang Pasar

Salah satu rahasia sebuah bisnis dapat tetap bertahan di tengah persaingan pasar, dan ketidakstabilan ekonomi adalah model bisnis yang tepat. Namun, menentukan model bisnis bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan dan dikorbankan untuk menemukan model bisnis yang tepat di tengah pasar yang beragam. Salah satu faktor yang dapat memudahkan Anda untuk