Entrepreneurship

Ciri-ciri Wirausahawan yang Harus Anda Ketahui

ciri-ciri wirausahawan

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan sedang menjadi tren di kalangan milenial, sayangnya tidak semua orang punya ciri-ciri wirausahawan sukses dalam diri mereka. Mengingat jadi seorang wirausahawan punya resiko yang besar sekali, baik dari segi mental maupun keuangan, tentunya para calon entrepreneur harus tahu apa saja yang mereka butuhkan agar bisa sukses di bidang ini.

Sejak bermunculannya startup di Indonesia, semakin banyak anak muda yang tertarik untuk membuat brand mereka sendiri dan menjadi seorang wirausahawan. Dikutip dari website resmi Kominfo, tercatat ada lebih dari 2000 startup di Indonesia yang menjadikan kita berada pada peringkat 5 di dunia.

Apa itu Wirausahawan?

Berdasarkan situs Byjus, entrepreneurship atau wirausahawan adalah seorang yang memiliki atau mengatur sebuah bisnis baru dan ingin berkembang serta mengambil resiko dari ketidakpastian untuk mendapatkan profit.

Di Indonesia, wirausahawan sering diartikan sebauah pengusaha atau pemilik bisnis yang umumnya baru dibuka dan masih berukuran kecil dari segi value maupun wilayah operasi. Tetapi, kata “entrepreneurship” sekarang lebih sering dianggap sebagai pemilik brand yang bergerak secara online dan memasarkan secara modern.

Sebenarnya bisnis kecil yang beroperasi secara konvensional juga bisa disebut sebagai wirausaha. Tetapi kebanyakan millennial di Indonesia lebih tertarik membuka bisnis yang memanfaatkan teknologi secara maksimal baik untuk pejualan maupun promosi dan branding.

ciri-ciri wirausahawan

Baca juga: Pengetahuan Dasar tentang apa itu Kewirausahaan/Entrepreneurship

Kualitas Apa Saja yang Ada Dalam Wirausahawan Sukses?

Menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan kedisplinan tingkat tinggi, tanggung jawab besar, dan kemampuan dalam membuat rencana dan eksekusi yang baik.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, banyak orang ingin menjadi wirausahawan karena bisa menghasilkan omzet hingga ratusan juta setiap tahunnya. Tetapi, tidak semua orang punya kemampuan untuk jadi entrepreneur yang sukses.

Tidak sedikit yang justru berhenti di tengah jalan, gagal hingga merugi ratusan juta, bahkan ada yang mengalami gangguan kesehatan mental karena tekanan yang dirasakan.

Karena menjadi seorang wirausahawan adalah peran yang sangat krusial, dimana tanggung jawab kondisi finansial tim akan ada di tangan Anda, mari ketahui dulu apa saja kualitas yang perlu dimiliki seorang entrepreneur sukses.

1. Kejujuran dan Moralitas

Baik kepada tim internal maupun klien dan customer, kejujuran seorang wirausahawan akan menentukan bagaimana nasib usahanya. Sebab usaha yang dibangun dengan kebohongan-kebohongan tidak akan bertahan lama, justru hanya akan membawa kerugian untuk pemilik maupun investor dan pelanggan.

Kejujuran juga akan mempermudah komunikasi antara pemilik brand dengan orang-orang di sekitarnya. Sebab soerang entrepreneur harus menyampaikan apa yang ada di pikirannya dengan jujur untuk hal-hal yang berhubungan dengan brand sendiri.

2. Inisiatif dan Mampu Membuat Keputusan

Kualitas berikutnya yang harus ada dalam seorang wirausahawan jika ingin sukses adalah kemampuan dalam mengambil keputusan. Termasuk mengambil inisiatif dalam kondisi yang krusial.

Sebab masa depan brand ada dalam tangan seorang wirausahawan seorang. Tidak akan ada tindakan apapun jika tidak diputuskan oleh pemilik brand tersebut. Oleh karena itu, entrepreneur tidak boleh ragu-ragu jika tidak ingin kehilangan momentum maupun potensi profit untuk brand.

3. Konsisten dalam Ucapan dan Perbuatan

Wirausahawan yang sukses juga harus konsisten dalam ucapan maupun perbuatan. Hal ini akan memengaruhi bagaimana sikap tim dan cara mereka menilai Anda.

Sebagai contoh kecil, jika seorang wirausahawan mengatakan jangan buang sampah sembarangan pada timnya, tetap ia sendiri sering buang sampah bukan di tempatnya, maka tim dari brand tersebut mungkin akan memandangnya sebagai orang yang tidak konsisten.

Konsistensi juga harus dicerminkan dalam pembuatan rencana untuk brand. Sebab rencana yang tidak konsisten dan selalu berubah-ubah tidak akan membawa brand Anda ke arah yang lebih baik.

4. Pengetahuan dalam Berbisnis

Pengetahuan dalam dunia bisnis juga menjadi kualitas yang wajib dimiliki oleh semua wirausahawan. Jika Anda melihat banyak entrepreneur muda yang sudah sukses, itu semua bukan hanya karena mereka memulai bisnis lebih awal, tapi juga mereka belajar bagaimana cara membangun bisnis dengan serius.

Belajar secara teori saja juga tidak cukup sebagai modal mengembangkan sebuah bisnis. Sebab dibutuhkan pengalaman langsung di lapangan, jam terbang, dan experiential learning.

Itulah mengapa beberapa universitas yang punya jurusan entrepreneurship seperti Podomoro University selalu memberikan materi praktek baik dalam bentuk KKN maupun pengamatan ke wirausaha yang sudah berkembang di daerah Jakarta.

Memiliki networking yang luas dengan orang-orang yang sudah berpengalaman juga tidak kalah penting. Sebab ketika terjun di dunia wirausaha, kita akan membutuhkan banyak masukan constructive dari mereka.

5. Kemampuan dalam Berkomunikasi dan Interaksi Sosial

Beberapa dari Anda mungkin berpikir apa hubungannya bisnis dan interaksi sosial? Padahal social skill adalah faktor paling penting yang akan menentukan masa depan brand Anda.

Seorang wirausahwan yang tidak bisa berinteraksi sosial dengan baik, kikuk ketika berbicara, dan tidak bisa menyampaikan apa yang ia inginkan umumnya tidak memiliki relasi bisnis yang luas. Sedangkan dalam dunia bisnis, networking adalah satu faktor eksternal yang bisa membantu perkembangkan sebuah usaha.

Baca juga: Gustavo Coffee Roastery

ciri-ciri wirausahawan yang sukses

Bagaimana Ciri ciri Wirausahawan yang Akan Sukses?

Punya kemampuan dan pengetahuan dalam dunia bisnis saja tidak cukup untuk membuat usaha yang sukses. Sebab ada ciri ciri wirausahwan sukses yang bisa dilihat dari perilaku mereka sehari-hari. Misalnya selalu tepat waktu, disiplin, cekatan, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah ciri ciri wirausahawan sukses yang siapa tahu ada dalam diri Anda.

1. Bisa Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Dunia bisnis dan usaha akan terus berganti dari tahun ke tahun, dari era ke era, bahkan dari bulan ke bulan. Pemasaran yang awalnya dilakukan dengan kertas brosur, papan reklame, dan iklan komersial di tv, sekarang beralih ke dalam satu perangkat dan media digital.

Oleh karena itu, pandai beradaptasi dengan lingkungan, suasana, dan kondisi pasar yang baru menjadi ciri bahwa Anda bisa memiliki usaha yang bertahan dengan perubahan tren setiap waktu.

2. Lebih Banyak Menghabiskan Waktu untuk Hal Produktif dalam 24 Jam

Selanjutnya, ciri ciri wirausahawan yang sukses adalah menggunakan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang produktif dibandingkan untuk bermalas-malasan dan menonton hiburan dalam 24 jam. Tapi, bukan berarti entrepreneur adalah orang yang tidak pernah istirahat dan bekerja dari bangun tidur hingga tidur lagi.

Menjadi seorang entrepreneur memang tidak memiliki jam kerja pasti, tidak seperti karyawan 9 – 5. Oleh karena itu, sangat mudah untuk tergoda bermain, menonton youtube, atau cek media sosial dibandingkan melakukan hal yang produktif.

Itulah mengapa, orang yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal produktif punya kemungkinan lebih besar menjadi wirausahwan sukses.

3. Mau Membantu Orang Lain

Ciri wirausahwan sukses yang mungkin tidak banyak disadari oleh orang-orang adalah mau membantu teman, tim, dan orang lain di sekitarnya. Sebab dengan membantu orang lain, secara tidak sadar Anda juga akan belajar, mendapatkan pengalaman lebih banyak, maupun mengingat kembali pelajaran yang sebelumnya.

Membantu orang lain juga bisa memperluas jaringan dan memperkuat hubungan relasi baik dengan klien, tim, maupun dengan teman bisnis.

4. Peka Terhadap Masalah di Sekitar dan Berusaha Menyelesaikannya

Ciri ciri wirausahawan yang sukses satu ini sebenarnya bisa dilihat sejak kita masih kecil. Jika diperhatikan, biasanya ada 2 jenis anak kecil ketika mainan kesayangannya rusak. Yang pertama adalah membuang mainan tersebut dan mengganti yang baru, sedangkan yang kedua adalah memperbaiki mainana tersebut agar berfungsi kembali.

Jika Anda tipe anak nomor 2, kemungkinan besar Anda punya peluang menjadi seorang entrepreneur sukses di masa depan nanti.

Sebab inti dari membangun usaha adalah menyelesaikan masalah yang dialami oleh masyarkat. Sebagai contoh, salah satu startup Unicorn terbesar di Asia Tenggara dari Indonesia, yaitu Gojek, diawali dengan keresahan sang founder ketika sulit mencari ojek.

Begitupun dengan toko online, e-wallet, dan bidang usaha lainnya. Semuanya dibuat berdasarkan masalah yang dialami oleh masyarakat dan berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Dari segi bisnis, masyarakat yang merasa terbantu akan menggunakan jasa maupun produk dari brand Anda kembali dan merekomendasikannya ke orang lain. Sedangkan dari sisi sosial, Anda jadi bisa membantu banyak orang di seluruh Indonesia.

Beberapa ciri ciri wirausahawan sukses di atas mungkin ada yang tidak Anda miliki. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menjadi seorang entrepreneur sukses di masa depan. Podomoro University telah mencetak banyak wirausahawan sukses bukan hanya dibekali oleh ilmu secara teknis namun juga menerapkan kebiasaan dan kedisiplinan kepada setiap mahasiswanya.

Baca juga: Mengejutkan, Ini Pengaruh Influencer Terhadap Brand Anda! Part 1

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.