ArticleGeneral

Ciptakan Ekosistem BUMN yang Sehat & Berkelanjutan

Jakarta, 28 Januari. Media Indonesia sebagai salah satu media terbesar di Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 50th. Sebagai bentuk apresisasi Media Indonesia dengan para external stakeholders mereka, salah satunya Podomoro University, yang berkesempatan hadir dalam perayaan HUT 50TH Media Indonesia di Grand Studio Metro TV. Sebagai sebuah institusi pendidikan yang terus berkembang dan berkomitmen penuh dalam peningkatan kualitas generasi penerus bangsa, Podomoro University terus mengembangkan serta memelihara hubungan yang baik dengan berbagai institusi, perusahaan, organisasi dan media massa, salah satunya adalah dengan Media Indonesia.

Untuk perayaan HUT Media Indonesia tahun ini, Media Indonesia menghadirkan Menteri BUMN Erick Tohir untuk memberikan kuliah umum. Kegiatan kuliah umum dengan menghadirkan pejabat kementerian/pemerintahan sudah dilakukan selama 4 tahun berturut-turut oleh Media Indonesia tiap kali perayaan hari jadi mereka. Ini sebagai bentuk komitmen Media Indonesia dalam hal transparansi dan keterbukaan terkait kebijakan pemerintah yang bisa didiskusikan dengan publik lewat peran media massa.

Acara kuliah umum dibuka dengan kata sambutan dari Pimpinan Metro TV, kemudian dilanjut dengan kata sambutan dari Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Dalam kuliah umum yang disampaikan secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Tohir, meng-highlight roadmap BUMN periode 2019-2024 yang mengacu kepada visi-misi Presiden RI Joko Widodo, yaitu:

  1. Pembangunan Infrastruktur
  2. Pengembangan Sumber Daya Manusia
  3. Percepatan pertumbuhan Investasi
  4. Reformasi Birokrasi
  5. Penggunaan APBN yang bisa tepat sasaran

Mengacu kepada visi misi Presiden RI Joko Widodo tersebut, Menteri BUMN Erick Tohir menyiapkan beberapa langkah strategis di Kementerian BUMN untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat yaitu:

  1. Menciptakan nilai ekonomi & sosial, keseimbangan antara bisnis dan pelayanan public
  2. Transformasi di era disrupsi, terutama dalam kaitan Inovasi Model Bisnis
  3. Kemajuan teknologi
  4. Peningkatan investasi
  5. Pengembangan bakat. Melatih dan mengedukasi tenaga kerja serta mengembangkan SDM berkualitas untuk Indonesia.

Ditengah-tengah kuliah umum, terdapat beberapa poin menarik yang disampaikan oleh Menteri BUMN, yaitu:

  1. Untuk membangun sebuah ekosistem yang baik, maka diperlukan kesadaran seluruh instansi untuk secara cepat bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada. Upgrading soft skills menjadi poin penting dalam usaha adaptasi di era disrupsi saat ini. Tidak hanya berhenti sampai dengan proses adaptasi, namun sinergi positif antar institusi memegang peranan penting dalam menciptakan sebuah ekosistem yang baik.
  2. Link & match antara dunia industry dengan institusi pendidikan, terkadang tidak sesuai dengan jurusan yang diambil oleh para lulusan. Indonesia bisa belajar dari sistem pendidikan di luar negeri, dimana para siswa/i nya diberikan mata kuliah general subjects yang berisi ilmu-ilmu dasar diluar dari ilmu jurusan yang sudah diambil. Sehingga, para lulusan tersebut akan siap ditempatkan di industry manapun.
  3. Peluang entrepreneur tidak saja hanya untuk kalangan middle-middle up, namun Indonesia juga bisa menciptakan peluang entrepreneur untuk kelas middle-middle low, yaitu lebih banyak berkolaborasi menggunakan produk-produk local. Sehingga, bisa mendorong serta menumbuhkan pengusaha-pengusaha daerah/lokal.
  4. Bisnis tidak saja hanya berbicara tentang profit, namun bagaimana bisa memberikan add-value & transparansi untuk masyarakat luas.

Banyak hal positif yang bisa diambil selama acara Kuliah Umum dari Menteri BUMN Erick Tohir. Podomoro University sebagai sebuah lembaga pendidikan terus berkomitmen mendukung program-program pemerintah demi kemajuan dan kemaslahatan bangsa dan negara menuju Indonesia Emas 2045.

Selamat dan sukses selalu untuk HUT 50th Media Indonesia.

Writer : Nadira Nunki
Editor : Marcomm