Career Day 2020

Kamis, 20 Februari 2020 – Kemahasiswaan Podomoro University melaksanakan acara Career Day 2020, yaitu acara yang dibuat khusus untuk mahasiswa dan alumni Podomoro University yang sedang mencari lapangan pekerjaan bagi yang sudah lulus dan mencari tempat magang bagi mahasiswa yang masih berkuliah di Podomoro University. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Anthem APL, dan Anthem Podomoro University yang dipandu oleh PUVOIR (UKM Choir Podomoro University), selanjutnya dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Bp. Ezra Peranginangin selaku kepala bagian Kemahasiswaan dan Ibu Maria Prihandrijanti selaku Wakil Rektor bidang Akademik.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan menyambut Ibu Debbie Kusuharto selaku Human Capital Business Partner Head of Bank BTPN sebagai Keynote Speaker dalam acara Career Day 2020 hari ini. Ibu Debbie menjelaskan bahwa kurang lebih 4000 kandidat yang memasukkan lamaran pekerjaan ke bank BTPN tapi hanya 15 kandidat yang terpilih. Bank BTPN menseleksi 15 kandidat terpilih setelah melewati proses yang panjang mulai dari membuat essay, proses interview, proses research dan presentasi bersama anggota kelompok sampai melakukan presentasi di depan Head of Departmen di Bank BTPN.

Setelah Ibu Debbie selesai menjadi Keynote Speaker acara dilanjutkan dengan talkshow dan sesi Tanya jawab yang di moderator oleh Ibu Edvi Gracia, dosen program studi Kewirausahaan, dan sesi talkshow dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dibawakan oleh 2 narasumber yaitu Ibu Lena Dy, CEO dan Co-Founder dari Career Support dengan tema “Build Career Digitally”. Ibu Lena menjelaskan mengapa beliau mendirikan Career Support? Alasannya karena beliau melihat banyak sekali orang yang mengalami permasalahan waktu mencari lapangan pekerjaan. Karena banyak SMA/K dan Universitas tidak memiliki Career Center sehingga sulit untuk membantu mencarikan tempat magang atau lapangan pekerjaan jadi Career Support hadir untuk membantu mempercepat proses orang-orang yang ingin mendapatkan pekerjaan di tempat kerja impiannya

Selanjutnya Bapak Dr. Bambang Prayogo, Ak, MBA, CA selaku Direktur dari PT. Bumi Nusa Permai dengan tema “The Value, The Employee must have”. Beliau menjelaskan bahwa bahkan seorang Direktur juga masih seorang pegawai. Jika ingin menjadi orang sukses dan bernilai maka kita harus memiliki pikiran yang terbuka, tidak hanya bisa mendengar masukan dari atasan tetapi juga bisa mendengar dari bawahan atau bahkan sesama kolega kerja, karena itu akan membuat kita semakin melihat banyak hal dari pandangan yang lebih luas.

Setelah sesi I dari talkshow dan Tanya jawab selesai, alumni Manajemen Rekayasa dan Konstruksi 2015 Steven Wijaya melakukan sesi sharing untuk memberikan masukan kepada para junior nya bahwa betapa pentingnya berorganisasi pada saat masa perkuliahan karena di dalam pekerjaan kita harus banyak berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain.

Sesi kedua dimoderator kembali oleh Ibu Edvi Gracia dan dibawakan oleh 2 narasumber yaitu Mr. Nicolas Llovet sebagai Direktur dari KPI Consultancy dengan tema “Emotional Intelligent”. Mr. Nicolas menceritakan pengalaman pribadinya dimana ia mengirimkan 147 lamaran pekerjaan, 36 interview yang ditolak dan 1 interview yang akhirnya mengubahkan hidupnya dan membawa dia seperti sekarang ini. Kunci yang terpenting yaitu jangan merasa diri sudah hebat dan tidak membutuhkan persiapan.

Narasumber kedua yaitu Bapak Widitomo H. Puntoadi sebagai Wakil Ketua Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI) dengan tema Quantity Surveyor dalam Dunia Konstruksi.  Mata kuliah yang mengajarkan tentang Quantity Surveyor sementara ini baru dimiliki oleh 2 kampus yaitu D4 Manajemen Rekayasa dan Konstruksi di Podomoro University dan Universitas di Padang. Apa itu QS? Quantity Surveyor merupakan profesi yang berhubungan ke konstruksi dengan pekerjaan menghitung biaya konstruksi dari 1 bangunan. 3 prinsip QS yaitu BMW (Biaya, Mutu dan Waktu).

Setelah selesai dengan 2 narasumber terakhir, sesi talkshow dan sharing di acara Career Day 2020 sudah selesai dan dilanjutkan dengan para mahasiswa dan alumni yang ingin bertanya-tanya ke booth yang sudah diundang oleh Podomoro University sambil didampingi oleh Primenova UKM Band dari Podomoro University dan Exalted UKM Dance Podomoro University.

Terima kasih kepada seluruh narasumber dan partisipan yang sudah bergabung dalam acara Career Day 2020. Semoga kebutuhan mahasiswa dan alumni Podomoro University terpenuhi dan kami berharap para partisipan dapat kembali bergabung dalam acara Career Day selanjutnya.

Writer : Marcomm
Editor : Marcomm

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Kado Istimewa Menjelang Dies Natalis ke-9, Universitas Agung Podomoro Berhasil Meraih Peringkat Akreditasi Institusi Baik Sekali

Jakarta, 29 Juni 2022- Pada tahun ini, Universitas Agung Podomoro atau biasa dikenal dengan Podomoro University, untuk pertama kalinya telah berhasil melaksanakan kegiatan asesmen lapangan Akreditasi Institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan perolehan peringkat Akreditasi Institusi Baik Sekali, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut secara tatap muka dari tanggal 17 Juni

Wisuda Podomoro University

Podomoro University Selenggarakan Wisuda Ke-4 dengan Tema “Menjadi Insan Unggul serta Kreatif demi Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”

Jakarta – Pada hari Jumat, 10 Desember 2021, Universitas Agung Podomoro atau yang biasa dikenal dengan Podomoro University telah melaksanakan prosesi wisuda dengan tema “Menjadi Insan Unggul serta Kreatif demi Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Acara wisuda ke-4 Podomoro University diselenggarakan secara daring dan luring bertempat di kampus Podomoro University. Acara wisuda secara resmi dibuka oleh

Wisuda Podomoro University

Podomoro University Selenggarakan Wisuda Ke-3 dengan Tema “Readiness to IoT Transformation”

Jakarta – Pada hari Kamis, 17 Desember 2020, Universitas Agung Podomoro atau yang biasa dikenal dengan Podomoro University telah melaksanakan prosesi wisuda dengan tema“Readiness to IoT Transformation” secara daring. Acara wisuda secara resmi dibuka oleh Ketua Senat Bapak Bacelius Ruru, S.H., LL.M (Rektor Podomoro University). Pada hari yang spesial ini, para wisudawan/ti juga mendapatkan kata

Dies Natalis 7 Podomoro University “Embracing Opportunities”

Dalam rangka menyambut Dies Natalis ke 7 dengan tema “Embracing Opportunities” yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2020, Podomoro University mengadakan rangkaian acara seminar online dengan berbagai topik dan pembicara-pembicara ahli. Tema “Embracing Opportunities” dipilih dengan tujuan untuk membangkitkan semangat, ide & inovasi positif dalam menyambut era New Normal. Rangkaian acara Dies Natalis ke 7