Ini Cara Mendapatkan Beasiswa dengan Mudah!

Jika kita mencarinya dengan sungguh-sungguh, sebenarnya ada banyak cara mendapatkan beasiswa untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi namun terhalang oleh biaya. Di era modern seperti saat ini, beasiswa bukan hanya disediakan oleh mereka yang benar-benar tidak mampu saja.

Belakangan ini semakin banyak jalur dan penyedia beasiswa untuk calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Dengan begitu, kesempatan kita sebagai pendaftar untuk terpilih menjadi orang yang menerima beasiswa jadi semakin besar juga.

Jenis beasiswa yang ditawarkan pun semakin beragam, bahkan tidak sedikit yang hingga di-cover 100% untuk semua biaya kuliah di universitas yang kita mau. Jika Anda sedang mencari-cari informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan beasiswa, mari kita pelajari bersama dalam artikel berikut ini.

Apa Saja Jenis-jenis Beasiswa?

Kebanyakan dari kita mungkin hanya tahu beasiswa Bidikmisi yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin kuliah. Padahal, beasiswa ada banyak jenisnya dan tidak selalu disediakan oleh pemerintah. Beberapa contoh jenis beasiswa yang lain seperti:

  • Beasiswa swasta
  • Beasiswa yayasan
  • Beasiswa ikatan dinas
  • Beasiswa Non-akademik
  • Beasiswa penghargaan
Ini Cara Mendapatkan Beasiswa dengan Mudah!

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu setiap jenis beasiswa di atas.

1. Beasiswa Swasta

Sesuai dengan namanya, beasiswa swasta adalah jenis bantuan yang disediakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan swasta. Umumnya perusahaan yang menyediakan beasiswa jenis ini tidak bergerak khusus di bidang pendidikan dan layanan masyarakat.

Salah satu contoh beasiswa swasta yang paling sering kita dengar adalah dari Djarum Plus untuk calon atlet bulu tangkis dan beberapa olahraga lainnya.

Beasiswa jenis ini sendiri tidak selalu untuk bidang olahraga saja. Sebab ada banyak perusahaan yang menyediakan beasiswa untuk kuliah di bidang akademik maupun non-akademik lainnya kepada masyarakat Indonesia yang berprestasi di bidang apapun.

2. Beasiswa Yayasan

Berbeda dengan beasiswa swasta, beasiswa yayasan diberikan langsung dari sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan layanan masyarakat. Kebanyakan lembaga ini bergerak secara non-profit dan hanya mendukung calon mahasiswa yang ingin berkuliah sesuai dengan bidang yang mereka paling minati.

Salah satu beasiswa yayasan yang paling terkenal di Indonesia adalah dari yayasan Orbit Hasri Ainun-Habibie.

3. Beasiswa Ikatan Dinas

Selanjutnya ada jenis beasiswa ikatan dinas, yaitu sebuah bantuan yang diberikan kepada mahasiswa untuk berkuliah hingga selesai. Namun ketika sudah lulus, mahasiswa tersebut harus bekerja sesuai di tempat yang telah ditentukan oleh pemilik lembaga selama beberapa tahun, contohnya seperti STAN dan IPDN.

Ada keuntungan dan kekurangan dari beasiswa jenis ini. Keuntungannya adalah kita tidak perlu khawatir mencari pekerjaan ketika sudah lulus nanti karena akan langsung ditempatkan oleh lembaga. Sedangkan kekurangannya, akan ada penalty bila ternyata kita ingin mengundurkan diri dari tempat yang sudah ditentukan sebelum waktunya.

4. Beasiswa Non-akademik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, beasiswa tidak selalu untuk masyarakat yang pintar matematika, sains, atau bahasa Inggris. Sebab tidak sedikit pula beasiswa yang disediakan untuk anak bangsa yang pintar dalam olahraga, seni, musik, dan bidang non-akademik lainnya.

Kebanyakan penyedia beasiswa non-akademik di Indonesia memang hanya di bidang olahraga saja. Tetapi tidak sedikit universitas luar negeri yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia yang berprestasi di bidang non-akademik lain selain olahraga dengan tunjangan hingga 10 juta per bulan.

5. Beasiswa Penghargaan

Jenis beasiswa yang terakhir adalah beasiswa penghargaan. Jenis beasiswa ini disediakan khusus oleh Kemendikbud Ristek untuk anak-anak yang orang tuanya gugur dalam pengabdian ke negara. Umumnya calon penerima beasiswa ini diusulkan langsung oleh kepala staf TNI atau yang setingkat di instansi lain.

Bagaimana Tips & Cara Mendapatkan Beasiswa?

Melihat banyaknya jenis beasiswa yang bisa dicoba, tentunya membuat rasa percaya diri kita akan diterima jadi lebih tinggi. Namun, peserta yang mendaftar beasiswa tetap harus memiliki keahlian dalam bidang tertentu, baik akademik maupun non-akademik.

Jadi belajar dan berusaha terus di bidang yang ingin dikuasai bukanlah tips untuk mendapatkan beasiswa, melainkan sebuah kewajiban.

Justru, 50% tips mendapatkan beasiswa berdasarkan situs Top Univesity yang akan kami bagikan di sini bukan tentang belajar. Apa sajakah tipsnya?

Rajin Cari Informasi Seputar Beasiswa

Saat ini, ada banyak sekali lembaga yang menyediakan beasiswa di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Dan dengan adanya internet, mencari informasi tentang beasiswa jadi jauh lebih mudah.

Tidak sedikit grup dan komunitas yang sering membagikan berita terbaru tentang pendaftaran beasiswa di berbagai lembaga yang bisa Anda ikuti. Jika ada satu lembaga yang memang Anda tertarik untuk mendaftar, misalnya Djarum Plus, cek website dan sosial media mereka secara berkala.

Dengan begitu Anda tidak akan ketinggalan update mengenai apa yang harus disiapkan, kapan pendaftaran dibuka, bagaimana cara mendaftar dan hal-hal teknis lainnya.

Bagaimana Tips & Cara Mendapatkan Beasiswa?

Miliki Prestasi di Bidang yang Diinginkan

Memiliki prestasi di bidang yang ingin Anda jalani akan membuat profil pendaftar jadi lebih menarik. Prestasi ini tidak wajib dibidang akademis seperti memenangkan olimpiade matematika dan lainnya.

Justru, prestasi yang dibutuhkan adalah yang berhubungan dengan jurusan kita nantinya. Misalnya jika Anda ingin mengambil jurusan atletik, memiliki prestasi di bidang atletik akan jadi nilai tambah untuk profil kita.

Tips yang satu ini memang tidak bisa disiapkan dadakan. Oleh karena itu jika masih ada waktu paling tidak 1 tahun atau 6 bulan lagi, cari lomba terbuka di bidang yang diinginkan untuk sekedar mendapatkan piagamnya.

Pilih Kampus yang Punya Sistem Ikatan Dinas

Hampir semua kampus yang memiliki ikatan dinas di Indonesia menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang lulus seleksi. Untuk beasiswa yang satu ini, Anda tidak perlu menyiapkan prestasi akademik maupun non-akademik.

Yang perlu disiapkan hanyalah pengetahuan mengenai soal-soal seleksi di universitas dan jurusan yang ingin Anda daftarkan. Di Indonesia sendiri, ada banyak kampus dengan sistem ikatan dinas, seperti:

  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi & Geofisika
  • Akademi Imigrasi dan Ilmu Kemasyarakatan
  • Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara
  • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
  • Politeknik Keuangan Negara (STAN)
  • Sekolah Tinggi Sandi Negara

Rata-rata perguruan tinggi yang disebutkan di atas memang punya peminat yang sangat banyak di Indonesia. Oleh karena itu, persaingannya sangat ketat dan kita harus belajar semaksimal mungkin untuk bisa diterima.

Kuasai Bahasa Inggris dengan Baik

Yang terakhir, kita perlu menguasai Bahasa Inggris minimal dalam tingkat conversational alias bisa bicara dan bisa mengerti apa yang orang lain bicarakan. Sebagian besar lembaga yang menyediakan beasiswa bahkan memerlukan hasil tes TOEFL dengan skor minimal 500 sebagai persyaratan wajibnya.

Dimana Bisa Mencari Info Beasiswa?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada banyak tempat mencari informasi beasiswa yang bisa didapatkan di internet. Nah, berikut ini kami punya beberapa agar tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai cara mendapatkan beasiswa.

Melalui Website Universitas yang Diinginkan

Beberapa universitas di Indonesia seperti Podomoro University menyediakan beasiswa khusus untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke sana. Agar tidak ketinggalan berita terbaru mengenai pengumuman pendaftaran di kampus ini, rutin-rutinlah mengecek situs kampusnya paling tidak 2 hari sekali.

Anda juga bisa melihat apakah ada persyaratan tambahan yang belum terpenuhi atau perlu melakukan registrasi ulang secara online melalui website universitas penyedia beasiswa.

Melalui Yayasan, Lembaga dan Komunitas

Selanjutnya, bertanya-tanya ke yayasan, lembaga dan komunitas offline maupun online juga bisa menjadi sumber terbaik untuk mencari info terbaru tentang cara mendapatkan beasiswa.

Sebelumnya sudah disinggung bahwa ada banyak komunitas di media sosial yang sering berbagi berita tentang beasiswa. Selain itu Anda juga bisa melihat-lihat website dari lembaga yang menyediakan beasiswa di kota Anda dan bertanya informasi yang ingin diketahui melalui customer service disana.

Mencari informasi ke guru di sekolah atau tempat les juga menjadi cara yang tepat. Sebab mereka pasti sudah berpengalaman dan punya koneksi ke lembaga-lembaga yang menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa.

Ternyata, ada banyak cara mendapatkan beasiswa yang bisa kita coba. Baik beasiswa untuk pendidikan jurusan akademik maupun non akademik. Jadi, jangan pernah putus semangat jika memang Anda belum diterima di satu lembaga penyedia beasiswa. Sebab masih ada banyak kesempatan yang menunggu di masa depan.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts