5 Cara Jadi Arsitek Profesional, Banyak Rintangannya!

Profesi idaman banyak orang, membuat arsitek dikagumi karena kepintaran dan kecerdasannya dalam merancang sebuah bangunan. Namun, diperlukan orang yang kompeten dan profesional untuk menjadi arsitek handal. Untuk itu, cara jadi arsitek perlu memiliki pendidikan yang tinggi dan kompeten di bidangnya.

Menjadi arsitek, ada banyak hal yang perlu anda ketahui. Seperti, dimana bangunan akan didirikan, pondasi yang digunakan serta rancangan bangunan yang disusun secara matang agar terlihat kokoh dan sempurna.

5 Cara Jadi Arsitek Profesional, Banyak Rintangannya!

Apa Langkah Pertama yang Harus Dimiliki Seorang Arsitek? 

Jika anda ingin menjadi arsitek, anda perlu memantapkan niat dan memahami bagaimana konsekuensi menjadi arsitek. Dengan itu, anda tak perlu ragu menghadapi hal-hal sulit serta berawal dari keinginan akan memantapkan niat anda sehingga perlu ketekunan dan dedikasi yang tinggi untuk menjadi arsitek profesional.

Sementara itu, arsitek perlu memiliki jiwa seni dan estetika dalam menyeimbangkan rancangan yang dibuat. Hal itu, membuat nilai lebih arsitek dan akan membuat setiap orang kagum terhadap anda. Selain itu, arsitek juga perlu pendidikan yang tinggi serta pengetahuan yang luas tentang bangunan dan arsitektur bangunan.

Berikut lima cara jadi arsitek profesional yang perlu anda ketahui, seperti apa?

Memiliki Ide-ide Kreatif

Jadi arsitek, perlu ide-ide hebat yang bisa dieksekusi dengan baik sehingga membentuk desain yang estetik dan unik. Pemecahan masalah dan berpikir kritis juga diperlukan dalam menjadi arsitek. Karena, dengan pemecahan masalah yang baik anda bisa dengan mudah mendapat solusi dari rancangan desain serta material bangunan yang digunakan.

Selain itu, pendidikan yang mumpuni juga diperlukan dalam menjadi arsitek. Dengan pendidikan tinggi, anda bisa menjadi arsitek berkualitas dengan kemampuan yang anda miliki. Tak lepas dari imajinasi yang tinggi, dan membangun suatu ide menjadi rancangan desain yang sempurna membuat pekerjaan arsitek ini banyak digemari.

Berjiwa Seni yang Tinggi

Tak semudah yang dibayangkan, menjadi arsitek perlu ketekunan tinggi dan berjiwa seni. Dalam merancang desain bangunan, tentunya desain tersebut perlu memiliki nilai estetika dan seni yang terlihat menarik. Sehingga, desain bangunan juga terlihat bagus serta mempertahankan kebutuhan klien dan anggaran yang ada.

Di sisi lain, kemampuan di bidang desain juga dibutuhkan untuk menjadi arsitek handal. Karena, ini menjadi poin penting untuk merancang desain bangunan dan dapat meningkatkan kemampuan anda di bidang arsitek. Selain itu, kemampuan desain yang anda miliki juga perlu terasah agar dapat meningkatkan imajinasi serta kreativitas dalam rancangan desain bangunan.

Memiliki Gelar Arsitek

Tentunya, arsitek profesional perlu memiliki gelar khusus. Biasanya, gelar tersebut terakreditasi National Architectural Accrediting Board (NAAB). Ada juga kursus bagi arsitek seperti sistem lingkungan, desain arsitektur, sejarah arsitektur, sains dan bangunan teknologi serta visualisasi.

Setelah menyelesaikan program tersebut, arsitek bisa bekerja dan mendapat pengalaman dalam perusahaan. Hal itu menjadi nilai tambah arsitek dalam diri anda sehingga dapat menghandle pekerjaan yang sulit dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta penyelesaian masalah yang baik.

Mencari Pengalaman Sebagai Arsitek Berlisensi

Cara jadi arsitek selanjutnya, anda perlu berpendidikan tinggi dan pengalaman kerja yang sesuai. Namun, anda juga perlu memiliki sertifikat lisensi arsitektur agar menjadi arsitek profesional dan handal. Kualifikasi itu, seringkali dicari perusahaan kepada pelamar yang kompeten dan serius menjadi arsitek.

Kemampuan lain yang perlu anda kembangkan, diantaranya adalah penguasaan komputer dan perangkat lunak, berkomunikasi secara tulisan dan lisan, dan dapat memanajemen waktu serta kemampuan berorganisasi dengan baik.

Networking yang Luas

Kemampuan desain memang dibutuhkan dalam menjadi arsitek profesional. Namun, dengan komunitas yang luas dan memiliki relasi yang tak terbatas anda akan belajar banyak hal dari senior arsitek dalam merintis kariernya di dunia arsitektur. Sehingga, hal itu akan menjadi motivasi anda untuk terus melangkah mengejar impian anda menjadi arsitek.

Hal itu bertujuan, dalam menjangkau sumber daya arsitektur yang mumpuni sehingga anda memiliki banyak pengalaman dan kenalan sehingga mendapat ilmu baru serta kepemimpinan menjadi manajemen arsitektur yang baik.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Arsitek yang Sukses

Nilai-nilai Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjadi Arsitek Profesional

Ada beberapa nilai yang perlu anda ketahui untuk menjadi  arsitek handal. Dengan mengetahui nilai-nilai tersebut, anda akan memegang teguh prinsip arsitek yang terus berinovasi dan berkembang dengan hal-hal baru. Simak beberapa nilai penting sebelum menjadi arsitek profesional, apa saja?

Nilai-nilai Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjadi Arsitek Profesional

Efisiensi Energi

Nilai-nilai cara jadi arsitek yang satu ini terkadang tak dimiliki semua orang. Anda perlu memiliki energi dalam insulasi perancangan rumah sehingga lebih hemat biaya. Arsitek juga perlu tahu, bagaimana cara penggunaan uang yang efisien dan terlatih dalam mendesain berbagai macam tipe rumah dan bangunan.

Mementingkan Kesehatan Penghuni Rumah

Cara jadi arsitek handal, juga memerlukan nilai-nilai penting seperti mementingkan kesehatan penghuni rumah. Mulai dari menentukan desain rumah yang aman dan terhindar dari kebocoran atap, tahan terhadap jamur dan anti banjir.

Untuk itu, arsitek profesional perlu pertimbangan yang matang terhadap bangunan yang dirancang agar tetap mementingkan kesehatan penggunanya. Arsitek juga perlu merancang rumah seefisien mungkin, sehingga penghuni bisa nyaman dan aman di dalam rumah.

Memiliki Lisensi

Seperti yang disebutkan di atas, cara jadi arsitek tidaklah mudah. Anda perlu pelatihan dan pengalaman yang bagus sehingga mendapatkan lisensi dalam mendirikan perumahan maupun proyek-proyek besar. Dengan lisensi, anda bisa lebih mudah merancang perumahan hingga bangunan besar.

Arsitek berlisensi, lebih banyak dipilih karena memenuhi persyaratan pembangunan dan perancangan bangunan serta memiliki pertimbangan dan pengalaman lebih dibanding arsitek yang tak memiliki lisensi.

Mempertimbangakan Daya Tahan Bangunan

Dengan arsitek profesional, semua bisa diandalkan termasuk daya tahan bangunan. Dengan rancangan desain yang telah dipertimbangkan dengan matang, biaya perawatan yang minim dan fokus untuk pembangunan menjadi hal penting dalam nilai-nilai menjadi arsitek. Butuh rancangan khusus dan detail yang matang sehingga bangunan bisa bertahan lama.

Tak heran, jika arsitek memiliki banyak peran penting untuk mempertimbangkan kesehatan pengguna rumah hingga kesejahteraan proyek yang dikerjakan.

Baca juga: Bagaimana Menjadi Arsitek di Tahun 2022

Nilai Jual Bangunan

Nilai jual bangunan juga menjadi faktor penting bagi arsitek mempertimbangkan bagaimana memilih bangunan dengan rancangan dan penempatan yang berkualitas. Sektor kepemilikan rumah juga sangat terpukul akibat resesi besar-besaran. Untuk itu, arsitek perlu memiliki keunggulan dalam letak strategis tanah agar memberi untung besar saat pemasaran.

Di sisi lain, fungsionalitas juga penting bagi arsitek dalam memecahkan masalah. Mengukur setiap inci, dan merancang rumah idaman bukanlah hal yang mudah. Namun, arsitek harus merencanakan rumah serta bangunan yang efisien agar pajak yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kreativitas yang Luas

Cara jadi arsitek profesional dan bisa diandalkan adalah memiliki kreativitas yang luas. Dengan kreatif, arsitek bisa memanfaatkan imajinasi mereka dalam membangun rancangan bangunan dan rumah idaman serta melihat peluang yang ada.

Karena, dengan kreativitas dan imajinasi yang luas. Arsitek, tak hanya dapat merancang atau mempertimbangan bangunan baik. Namun, belajar untuk terus menyelesaikan masalah dengan solusi dan menjadikan hal tersebut suatu rintangan besar yang harus dihadapi.

Begitulah cara jadi arsitek yang handal dan profesional. Anda tak perlu ragu untuk memulai pengalaman baru atau mencari relasi dalam mengejar impian untuk menjadi arsitek. Jangan risau, Podomoro University hadir dalam memberi pendidikan untuk anda yang ingin berkarier di bidang arsitektur bangunan, sistem saluran, mekanikal dan elektrikal.

Dengan berkuliah di Podomoro University, anda akan di didik dalam sistem pendidikan profesional yang terintegrasi tinggi dengan praktik industri serta kajian teori. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya, universitas ini memiliki misi yang tinggi dalam mengajarkan pengetahuan serta keterampilan arsitektur.

Kolaborasi penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat di berbagai jaringan membuat Podomoro University unggul dalam mencetak mahasiswa yang kompeten dan berprestasi. Dengan mutu dan proses yang terkendali, sarana dan prasarana yang lengkap menjadikan Podomoro University universitas yang mumpuni untuk anda.

Di sisi lain, Podomoro University memiliki kompetensi yang ahli di bidang arsitektur. Sehingga, tanggung jawab, keterampilan desain dan jiwa kewirausahaan dalam lingkungan kampus telah terjamin. Peluang karir yang ditawarkan pun beragam, seperti Kontraktor, Konsultan Khusus, Sarjana Arsitektur, Arsitek Rumah, dan Perencana Arsitektur. Yuk tunggu apa lagi? Segera daftar!

Baca juga: 5 Langkah Mudah Belajar Arsitektur, Perlu Kompetensi Tinggi!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Kenali Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur Sebelum Pilih Jurusan

Pilihan bidang ilmu yang dipelajari dan ditekuni bisa menjadi profesi yang selanjutnya menjadi jalan hidup seseorang. Salah satu saat yang sangat menentukan dalam membuat pilihan ini adalah saat memilih jurusan kuliah. Mengetahui perbedaan teknik sipil dan arsitektur bisa menjadi sebuah panduan dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan. Jurusan teknik sipil

7 Pekerjaan Arsitektur yang Perlu Anda Ketahui

7 Pekerjaan Arsitektur yang Perlu Anda Ketahui

Pekerjaan arsitektur tidak hanya membuat desain rumah saja. Namun ada juga berbagai macam pekerjaan yang bisa dilakoni oleh lulusan teknik arsitektur. Memang hampir semua daftar pekerjaan arsitektur berkaitan dengan bangunan. Meski demikian namun ada beberapa jenis pekerjaan dan role pekerjaan berbeda yang bisa ditekuni. Ringkasnya, arsitektur adalah sebuah seni atau praktik yang melibatkan proses perancangan

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Detail Arsitektur pada Sebuah Bangunan

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Detail Arsitektur pada Sebuah Bangunan

Arsitektur bukan hanya dilihat dari hasil akhirnya saja. Ada berbagai faktor yang mendukung prosesnya. Faktor-faktor tersebut inilah yang dinamakan dengan detail arsitektur. Dimana seorang arsitek haruslah bisa mempertimbangkan dan juga memikirkan konsep arsitektur dari berbagai segi. Dalam arti, segi-segi tersebut sangat erat hubungannya dengan kenyamanan pengguna atau yang lebih dikenal dengan istilah antropometri. Apa pengertian

Fakta tentang Kuliah Jurusan Arsitektur

Fakta tentang Kuliah Jurusan Arsitektur

Fase lulus sekolah menengah atas selalu memberikan euphoria tersendiri. Menentukan jenjang berikutnya kerap menjadi perdebatan di lingkungan sekitar. Kuliah atau bekerja memiliki keunggulannya masing-masing.  Bagi anda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan kuliah jurusan arsitektur. Apa saja yang akan dipelajari ketika kuliah di jurusan arsitektur? Bagaimana prospek karier lulusan arsitektur? Simak