ArticleGeneral

Podomoro University Memberi Apresiasi Beasiswa Pendidikan Program Studi S1 Kewirausahaan di FIKSI 2021

Sebagai universitas berbasis kewirausahaan, dengan salah satu visi misinya menghasilkan lulusan berjiwa kewirausahaan yang memiliki kompetensi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta berbudaya Indonesia, Podomoro University selalu berkomitmen untuk turut mendidik generasi muda agar memiliki mindset yang adaptif, kreatif dan inovatif sehingga menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi persaingan di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity). Melalui komitmennya ini, Podomoro University menjadi salah satu mitra dari institusi pendidikan, yang memberikan apresiasi beasiswa pendidikan secara penuh program studi S1 Kewirausahaan untuk kategori The Most Entrepreneurial Student di Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2021. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2021. FIKSI merupakan sebuah ajang kompetisi berskala nasional di bidang kreatifitas dan kewirausahaan yang dapat diikuti oleh peserta SMA/SMK/MA/Sederajat di seluruh Indonesia, yang sudah memasuki usia penyelenggaraan tahun ke-6. 

Pada tahun ini, kompetisi nasional FIKSI untuk tingkat SMA/MA bertema Dare to Start, Create Your Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh” dengan 6 bidang lomba yang terdiri dari bidang Boga, Kriya, Fashion, Desain grafis, Aplikasi game, video dan animasi serta Budidaya dan Lintas Usaha yang diikuti oleh total mencapai 1.240 pendaftar dan 130 finalis terpilih siswa/siswi SMA/MA seluruh Indonesia. Sedangkan, kompetisi nasional FIKSI untuk tingkat SMK bertema “Vokasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Persaingan Global” dengan 5 bidang lomba yang terdiri dari bidang Teknologi rekayasa dan TIK, Agribisnis dan Agroteknologi , Pariwisata, Industry seni dan kreatif, Kesehatan & pekerjaan sosial serta Kemaritiman yang diikuti oleh total mencapai 476 pendaftar dan 50 finalis terpilih siswa/siswi SMK seluruh Indonesia. 

Apresiasi beasiswa pendidikan secara penuh untuk program studi S1 Kewirausahaan di Podomoro University diberikan kepada pemenang juara 1 kategori The Most Entrepreneurial Student. Penilaian kategori tersebut berdasarkan jiwa wirausaha yang tinggi, peka terhadap permasalahan sosial dan wawasan kebangsaan yang baik. Melalui apresiasi ini, diharapkan dapat mendorong bertumbuhnya para talenta muda yang memiliki kemampuan mempelajari hal-hal baru secara cepat dan kreatif, sehingga dapat berkontribusi terhadap transformasi kemajuan ekonomi Indonesia. 

Tentunya, apa yang dilakukan oleh Podomoro University selalu selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim , dimana salah satu programnya adalah kegiatan wirausaha untuk meningkatkan kompetensi di bidang kewirausahaan. 

Selamat kepada penerima apresiasi The Most Entrepreneurial Student pada Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2021. Mari kita terus berinovasi dan bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar. 

Writer : NAD / Marcomm
Editor : Marcomm