ArticleGeneral

Apa sih PUCEL?

PUCEL (Podomoro University Centre of Entrepreneurial Leadership) hadir sebagai wadah Civitas Akademika Podomoro University dalam mengembangkan potensi sebagai professional maupun wirausaha. PUCEL terbagi menjadi dua bagian yakni Inkubator Bisnis yang mengikubasi pengusaha pemula baik dari dalam maupun dari luar kampus Podomoro University dan juga Pusat Kewirausahaan (Entrepreneurship Center) yang terus menciptakan suasana kewirausahaan di Podomoro University melalui berbagai kegiatan seperti Workshop, Lomba Business Plan, Youthpreneur dan kegiatan lainnya. Setiap tahunnya PUCEL merekrut Entrepreneur Coach guna mendampingi mahasiswa pengusaha pemula untuk terus mengembangkan usahanya.

Dalam kerangka kerja PUCEL, terdapat 3 area yang menjadi konsentrasi , yaitu Enriching, Empowering dan Bridging
Enriching adalah pembinaan mahasiswa atau tenant inkubator di lingkungan akademik dalam hal metode maupun materi Kewirausahaan untuk meningkatkan minat Civitas Akademika Podomoro University untuk menjadi seorang yang memiliki jiwa entrepreneur serta meningkatkan semangat untuk menjadi entrepreneur.

Empowering adalah dukungan penuh dengan memberikan fasilitas networking, mentoring, serta coaching dari berbagai hal yang berkaitan untuk menumbuh kembangkan potensi unggul pengusaha pemula Podomoro University yang diambil dari hasil penelitian maupun karya para mahasiswa.

Bridging adalah usaha PUCEL untuk menjebatani hasil inkubasi bisnis ke arah komersialisasi agar usaha yang dijalankan semakin berkembang dan mampu untuk bersaing secara lokal maupun global.

Terus menyelaraskan dengan misi Pemerintah untuk melahirkan banyak pengusaha pemula di lingkungan Universitas, PUCEL terus mengadakan kegiatan rutin bertemakan kewirausahaan serta ikut mengembangkan keilmuan kewirausahaan dengan cara bekerja sama dengan para akademisi di dalam maupun diluar kampus.

Tidak hanya itu, PUCEL akan terus bekerja sama dengan lembaga inkubator dan lembaga lain diluar kampus yang mempunyai misi yang sama dalam hal kewirausahaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para pengusaha pemula untuk dapat berkontribusi maksimal untuk memberikan dampak ekonomi serta dampak sosial bagi masyarakat.

Dengan kurikulum kewirausahaan yang dimiliki oleh Universitas Agung Podomoro, PUCEL akan terus membantu Universitas Agung Podomoro dalam menghasilkan Entrepreneurial Leaders (EL) yang berempati serta menciptakan nilai berkelanjutan bagi masyarakat. Dalam wujud nyata Entrepreneur Coach akan terus bertambah setiap tahunnya dan akan menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitar dan juga masyarakat.

Writer : Jessica
Editor : Dr. Wisnu Sakti Dewobroto, S.T., M.Sc.