ArticleProduct DesignUncategorized

Apa itu Desain Produk?

Kata desain sering di artikan sebagai sebuah rancangan, rencana dan gagasan. Pengertian desain bisa dilihat dari berbagai sudut pandang dan cakupannya. Desain juga dapat menjadi alat untuk pemecahan suatu masalah dengan sebuah target yang jelas.

Jadi desain bukanlah hanya sebuah rancangan di atas kertas, tetapi juga proses secara keseluruhan sehingga sebuah rancangan, rencana atau gagasan terwujud dan memiliki nilai.

Desain produk juga merupakan sebuah konsep ide tentang sebuah produk yang kemudian siap dijadikan barang nyata dan cara untuk mengubah ide menjadi kenyataan. Desain produk merupakan salah satu faktor yang paling penting bagi suatu perusahaan. Keberhasilan dan kegagalan produk menentukan bisnis, pangsa pasar, dan reputasi perusahaan.

Desain produk juga merupakan sebuah proses pembentukan dan pengembangan ide yang efisien dan efektif dalam rangka menciptakan produk baru. Desain produk mencakup semua pekerjaan desain teknik dan industri yang digunakan untuk mengembangkan sebuah produk, mulai dari konsep awal hingga produksi, yang akhirnya mengubahnya menjadi sebuah penemuan nyata suatu produk.

Desain produk yang baik dan benar memiliki tujuan untuk membuat pengguna merasa nyaman, aman  dan mendapatkan manfaat saat menggunakan produknya tersebut. Jadi berkaitan dengan aspek bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan produk tersebut, apakah merasa nyaman, aman, mudah digunakan, memberikan solusi dan manfaat atas masalah pengguna, sehingga bisa memberi dampak positif secara emosional bagi si pengguna.

Secara umum tujuan desain produk  adalah :
1. Menghasilkan produk produk yang  berkualitas yang mempunyai nilai jual yang tinggi.
2. Untuk menghasilkan produk yang tren pada masanya sesuai kebutuhan konsumen semua kalangan.
3. Menghasilkan produk seekonomis mungkin tanpa mengurangi nilai jual, kualitas dan manfaat produk tersebut.
4. Meningkatkan selera pasar dan memiliki target pasar baru.

Desain Produk itu sendiri dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian, salah satu contoh nya adalah Desain Produk Kemasan dan Desain Produk Industri.

Desain Produk Kemasan
Desain produk kemasan adalah suatu rancangan untuk kemasan pada suatu produk sebagai upaya mendukung pemasaran. Selain memiliki fungsi untuk membungkus, desain kemasan produk mempunya fungsi lain terkait pemasaran, yaitu memberi proteksi, sarana komunikasi visual (kesan elegan, ekslusif, dan berkualitas ), simbol estetika yang dapat dilihat dari elemen desain (warna, tipografi, dan komposisi), penegasan identitas, aspek ergonomi (terkait kenyamanan yang dapat memberikan kemudahan dalam pemakaian penggunanya), penyampaian informasi dan sebagai wadah dalam pendistribusian.

Contoh Desain Produk Kemasan

Desain Produk Industri
Pengertian dari Desain Produk Industri adalah ilmu dalam merencanakan dan mendesain suatu produk untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang sangat erat kaitannya dengan dengan kebutuhan seorang manusia,  pada perkembangan prinsip ruang lingkup industri dapat meningkatkan kualitas hidup seorang manusia.

Contoh Desain Produk Industri

Part of : Product Design

Writer : Ridha Rahmatia
Editor : Marcomm