5 Langkah Mudah Belajar Arsitektur, Perlu Kompetensi Tinggi!

Bukan hal yang mudah menjadi arsitek handal dan profesional, ada banyak rintangan dan halangan yang perlu anda hadapi di dalamnya. Belajar arsitektur, memerlukan imajinasi serta pemahaman yang tinggi tentang struktur bangunan dan bagaimana cara mendesain bangunan tersebut sesuai dengan keinginan klien.

Lalu, apakah hanya sampai situ belajar arsitek? Tentu tidak, banyak sekali hal-hal yang perlu anda pelajari dalam dunia arsitek seperti pemahaman tentang peletakan bangunan hingga mementingkan penghuni rumah di dalamnya.

Kenapa Belajar Arsitektur Penting Bagi Arsitek?

5 Langkah Mudah Belajar Arsitektur, Perlu Kompetensi Tinggi!

Dengan pemahaman lebih tentang arsitektur dan interior lainnya, arsitek akan lebih ahli dalam menangani setiap hal yang berhubungan dengan bangunan serta cara menangani masalah-masalah lainnya yang akan dihadapi. Untuk itu, penting bagi arsitek mempelajari struktur bangunan hingga memecahkan masalah yang biasa dihadapi.

Memiliki ide yang cemerlang dan unik, menjadi keunggulan arsitek dalam mendesain maupun merancang bangunan. Berikut langkah-langkah penting belajar arsitektur, seperti apa? 

Memiliki Program Arsitektur yang Terakreditasi

Menjadi arsitek tak semudah yang anda bayangkan, anda perlu memiliki gelar arsitektur yang berlisensi sarjana dalam program lima tahun dan program pasca perguruan tinggi yang ditempuh dalam dua hingga tiga tahun. Tentunya, hal ini akan sulit jika anda tak memiliki passion dalam arsitektur. Namun, jika anda benar-benar ingin menjadi arsitek, anda hanya perlu terus belajar dan mengasah kemampuan anda.

Meski ada sarjana seni, sains bahkan seni rupa dalam arsitektur. Hal itu belum tentu terakreditasi secara nasional, untuk itu anda memerlukan gelar sarjana ini dan menghadiri program master arsitektur agar memenuhi syarat menjadi arsitek profesional berlisensi negara.

Di luar negeri, banyak kemungkinan anda bisa mendapat beasiswa bahkan menempuh pendidikan arsitektur. Perlu magang dan mencari pengalaman selama bertahun-tahun untuk menjadi arsitek profesional yang bisa memenuhi syarat menjadi arsitek handal. Untuk itu, mantapkan niat anda jika ingin menjadi arsitek terbaik dan terkadang perlu biaya tinggi dalam memenuhi cara tersebut.

Biaya yang ditawarkan dalam perguruan tinggi tersebut bervariasi, siswa dalam negeri akan jauh lebih murah dari mereka yang berada dari luar negeri. Untuk mendapat gelar sarjana lima tahun, anda perlu mengeluarkan sekitar Rp 713,000,000 dan tergantung pada kebijakan sekolah masing-masing.

Diperlukan Ujian dan Pelatihan Khusus Arsitek

Gelar profesional arsitek, diperlukan pengujian dan pelatihan khusus. Dalam program tersebut, siswa dituntut untuk begadang dan mengajukan sebuah proyek yang dikritik oleh rekan-rekan dan professor. Untuk itu, jika anda berkuliah sebagai arsitek akan dituntut dalam berproses membangun kepercayaan diri dan berpikir kritis.

Profesor Universitas Columbia, menyarankan jika calon mahasiswa arsitek perlu mencari program akademik yang menekankan pada desain berbasis komputer. Karena, hal itu akan mengasah keterampilan mereka dalam belajar di dunia industri dan arsitektur modern.

Dalam program arsitektur yang berkualitas, mahasiswa akan bertumbuh dalam kreativitasnya serta membangun keterampilannya dalam komunikasi tim dan mendukung suasana belajar yang efektif. Sementara itu, sekolah juga perlu mengajar mahasiswanya secara psikologis agar membangun dan mendorong semangat mereka dalam menghadapi pekerjaan.

Namun, memiliki gelar arsitektur profesional tak cukup untuk menjadi syarat mendapatkan lisensi sebagai arsitek dalam mengerjakan proyek tanpa pengawasan. Jadi arsitek handal, diperlukan pelatihan tiga tahun yang mencakup magang di lapangan serta menjalani berbagai ujian arsitek enam divisi untuk lisensi dengan biaya Rp 20,000,000.

Berkembang dalam Dunia Arsitektur

Belajar arsitektur, perlu ditekuni oleh orang-orang yang ahli dan memiliki niat serta passion di bidang arsitek. Sebagai arsitek, anda perlu menyelesaikan permasalahan dengan baik dan didukung dengan solusi yang tepat. Jika tidak, hal itu hanyalah angan-angan belaka untuk menjadi seorang arsitek profesional.

Dalam arsitektur, menyelesaikan masalah perlu menghabiskan waktu berjam-jam dengan menjelajahi permasalahan serta mencari solusi yang tepat. Arsitek di masa depan, dituntut untuk dapat menyelesaikan berbagai macam masalah serta memperhatikan detail-detail kecil dalam pekerjaannya.

Untuk itu, belajar arsitektur perlu serius dan memiliki jam terbang yang tinggi. Karena, arsitek memiliki banyak hal yang perlu dipelajari dan dikembangkan agar dapat menunjukkan bahwa anda layak untuk jadi arsitek profesional dalam menangani berbagai masalah serta dapat merancang desain bangunan modern yang menarik.

Mengembangkan Ide Kreatif dengan Konsep yang Menarik

Arsitek, merupakan pengrajin yang mampu merancang tempat pribadi serta properti pemerintah dan tempat-tempat komersial untuk umum. Arsitek, seringkali berkolaborasi dalam bidang desain interior, teknik struktural dan perencanaan kota. Hal itu bertujuan dalam pembangunan toko, rumah, dan kantor serta tempat rekreasi yang menarik.

Kompensasi yang diterima arsitek per tahun, sekitar Rp 1.000,000,000 pada 2019. Bidang arsitektur, akan meningkat 1 persen dari tahun 2019 karena pertumbuhan tersebut memproyeksikan pertumbuhan pekerjaan sekitar 4 persen di antara semua pekerjaan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa arsitek lainnya, mengambil proyek konstruksi dan yang lainnya menciptakan jenis bangunan tertentu mulai dari apartemen, rumah dan rumah ibadah hingga pusat budaya kuliner. Hal lain yang diperhatikan arsitek seperti peningkatan konstruksi bangunan, pelestarian lingkungan juga perlu diperhatikan secara khusus.

Dalam catatan arsitek, industri mereka juga dipengaruhi dalam penurunan ekonomi karena konstruksi yang menurun. Untuk itu, arsitek perlu pintar-pintar mengetahui situasi serta memiliki kesabaran yang tinggi dalam menangani berbagai kasus yang terjadi di lapangan. 

Arsitek lain mengatakan, jika pekerjaan ini merupakan pembelajaran seumur hidup dan sangat menyenangkan. Sehingga, mereka menghargai bahwa produk yang mereka kerjakan merupakan produk nyata yang bernilai tinggi dan tahan lama.

Kenapa Belajar Arsitektur Penting Bagi Arsitek?

Kompetensi yang Tinggi dan Tekad yang Kuat

Memiliki desain dan rancangan yang sempurna merupakan hal yang bagus bagi arsitek. Namun, jangan lupakan tekad dan kompetensi yang anda miliki untuk menjadi arsitek yang handal. Karena, dengan kompetensi yang tinggi disertai niat yang kuat anda akan terbiasa melewati rintangan dan akan selalu dihadapkan pada masalah-masalah detail pada bangunan.

Dengan bertekad, anda mampu belajar dari arsitek-arsitek terkenal lainnya agar mampu mengejar ketertinggalan dan terinspirasi dari karya-karya mereka. Di sisi lain, anda perlu berjalan menemui kota-kota besar dan unik agar mendapat gambaran bagaimana rancangan bangunan dan pondasi yang kuat didirikan.

Selain itu, menjadi arsitek merupakan komitmen seumur hidup yang perlu anda jalani. Berkarier di bidang arsitektur, perlu pengalaman selama bertahun-tahun untuk mempelajari pemecahan masalah yang praktis dan rancangan bangunan-bangunan besar sehingga dapat bersaing kompetitif dalam pasar.

Ketika rancangan bangunan yang terus mengalami perubahan, arsitek perlu riset dan mengembangkan ide-ide mereka agar mendapat pengetahuan seperti apa bangunan yang cocok didirikan di lahan yang berbeda-beda serta belajar lebih dari apa yang mereka ketahui sebelumnya.

Ketika ilmu dan pengalaman anda telah terasah dengan baik, perluas koneksi dengan arsitek lainnya agar anda dapat mengekspos lebih dalam tentang rancangan desain di seluruh dunia. Dengan itu, anda dapat mengeluarkan ide-ide unik dan inspirasi tentang rancangan desain yang menarik.

Tak perlu sulit-sulit belajar di luar negeri, Universitas Agung Podomoro atau Podomoro University menawarkan program arsitektur berkualitas dengan program unggulan. Universitas ini memiliki sistem pendidikan yang terintegrasi dengan praktik profesional dan kajian teori bersama dengan industri yang kompeten di bidang wirausaha dan promosi budaya Indonesia.

Ditunjang dengan berbagai fasilitas dalam belajar arsitektur, Podomoro University memberi kesempatan kepada siswa untuk mendapat pendidikan dalam bidang arsitektur, elektrikal, mekanikal, sistem saluran hingga struktur dan air. Dalam proses pembelajarannya, universitas ini menekankan pada ilmu terapan berbasis teknologi informasi.

Dengan simulasi desain, mahasiswa akan mendapat pengalaman menyenangkan dari industri dengan fasilitas laboratorium dan program magang yang diadakan. Misi yang diterapkan di universitas ini bermacam-macam, mulai dari membangun kebanggaan dan keunggulan program dalam kolaborasi pengajaran hingga pengabdian pada masyarakat dalam tanggung jawab sosial.

Di sisi lain, Podomoro University juga membangun keunggulan program dalam penelitian serta pengabdian masyarakat dalam jaringan eksternal, internal bahkan internasional. Dengan pengendalian proses belajar, maka kampus ini patut anda pilih untuk berkarier di bidang arsitek agar menjadi arsitek profesional dan handal.

Belajar arsitektur di Podomoro University ini sangat mudah, beragam peluang karier yang bisa anda pilih mulai dari Kontraktor, Konsultan Khusus, Arsitek Rumah, Sarjana Arsitektur, Pengembang Properti, dan Perencana Arsitektur menjadikan universitas ini kampus idaman dengan biaya kuliah yang terjangkau. Yuk buruan daftar!

Baca juga: Desain Arsitektur: Jurusan serta Prospek Kerjanya!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Table of Contents

Related Posts

Sejumlah Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

Sejumlah Alasan Memilih Jurusan Akuntansi

Sebagai calon mahasiswa memilih jurusan kuliah memang hal yang tak mudah dan membutuhkan banyak pertimbangan dan pemikiran yang matang. Mempertimbangkan jurusan apa yang bisa memaksimalkan kemampuan dan bisa memudahkan di dalam mendapatkan pekerjaan. Pastinya juga melihat apakah kemampuan dan ilmu yang didapat saat kuliah nantinya akan berikan dampak yang signifikan serta dibutuhkan.  Sebagai informasi, jurusan

Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini yang Dipelajari

Apa Saja Mata Kuliah Jurusan Akuntansi? Ini yang Dipelajari

Memilih jurusan untuk kuliah memang bukan perkara yang mudah. Ada sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Jurusan kuliah penting sekali untuk kedepannya. Alasannya karena jurusan kuliah adalah fondasi untuk melewati langkah yang berikutnya. Dengan belajar di jurusan kuliah yang tepat, Anda dapat fokus untuk kembangkan potensi yang dimiliki serta dapat memahami rencana karier Anda

Apakah Jurusan Akuntansi Harus Pintar Matematik

Apakah Jurusan Akuntansi Harus Pintar Matematik?

Menjadi seorang mahasiswa jurusan Akuntansi perlu memiliki beberapa hal yang menjadi kemampuan utama, salah satunya yaitu munculnya pertanyaan mengenai apakah jurusan Akuntansi harus pintar matematik yang cukup sering dilontarkan oleh seorang calon mahasiswa yang ingin memasuki jurusan satu ini. Tidak hanya mengenai kemampuan dalam hal matematik saja, tetapi ada beberapa kemampuan lainnya yang juga wajib

Prospek Kerja yang Dimiliki Lulusan Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja yang Dimiliki Lulusan Jurusan Akuntansi

Salah satu hal yang biasanya dihadapi bagi para lulusan dari SMA yaitu menentukan kira-kira apa jurusan yang cocok untuk dijadikan sebagai tujuan di kuliah serta perguruan tinggi mana yang sesuai dengan minat dan bakat. Mencari jurusan dengan prospek kerja yang bagus dan berjangka panjang sudah menjadi hal yang wajib untuk dijadikan sebagai bagian dari pertimbangan