Perencanaan Wilayah Dan Kota

Program studi Perencanaan Wilayah dan Kota Podomoro University menerapkan metode pembelajaran do and learn yang melatih mahasiswa untuk memiliki pola pikir kewirausahaan. Pola pikir kewirausahaan dapat mengarahkan mahasiswa untuk memecahkan masalah. Dalam hal ini, mereka diarahkan untuk memecahakan masalah yang berkaitan dengan isu perkotaan. Mahasiswa juga akan diarahkan untuk merencanakan pembangunan properti dan real estate dengan terjun langsung melihat proses pembangunan properti di dalam laboratorium organik, yaitu pada proyek-proyek Agung Podomoro Land.

mengapa Perencanaan Wilayah dan Kota?

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota berfokus pada beberapa tantangan utama yang dihadapi masyarakat Indonesia, termasuk pertumbuhan penduduk, urbanisasi yang cepat, kemiskinan dan tunawisma, penggunaan lahan konflik, keragaman budaya, pembangunan ekonomi, dan keberlanjutan ekologis. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota memberikan pemahaman yang terintegrasi dari cara dimana komunitas kota, ekonomi kota dan lingkungannya beroperasi dan berinteraksi satu sama lain.

 

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota di Podomoro University beriorentasi pada bidang pembangunan properti dan real estat. Pada program ini mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan agar memiliki pola pikir dan wawasan yang komprehensif guna merumuskan alternatif terbaik dalam menyusun perencanaan pembangunan properti dan real estat yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Lulusan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota akan memiliki keterampilan khusus untuk menjadi perencana yang handal dalam menganalisa yang mempengaruhi berbagai aspek kekuatan sosial, ekonomi, budaya, hukum, politik, ekologi dan estetika yang membentuk lingkungan binaan dan dapat memastikan bahwa kota dan kawasan regional memiliki komunitas dan kegiatan ekonomi yang dinamis. Selain itu lulusan prodi ini dituntut untuk dapat menghasilkan perencanaa n kota yang berjiwa kewirausahaan yang mampu menyediakan kualitas hidup yang tinggi, dan lingkungan yang berkelanjutan bagi komunitasnya.

Visi

Menjadi program studi yang diakui secara nasional dan internasional dengan mengusung nilai-nilai inovatif dan kewirausahaan dalam perencanaan wilayah dan kota, khususnya di bidang pembangunan properti dan real estat.

Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan sarjana perencanaan wilayah dan kota yang berbasis pada keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perencanaan pembangunan properti dan real estat.
  • Menyelenggarakan program pendidikan perencanaan wilayah dan kota yang bermutu untuk menghasilkan lulusan dengan penguasaan teori dan ilmu terapan yang tanggap terhadap tantangan lokal maupun global.
  • Menerapkan suasana belajar mengajar yang kondusif guna mendorong terciptanya sivitas akademika yang profesional, berdaya saing, bersikap etis, serta memiliki keinginan belajar sepanjang hayat.
  • Melakukan kegiatan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang implementatif dan bernilai guna.
profil lulusan

Profil lulusan mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Podomoro University adalah; seorang sarjana yang dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk membantu menyelesaikan masalah kawasan regional dan perkotaan; sarjana yang mampu berkontribusi pada penciptaan komunitas-komunitas yang layak huni, kegiatan ekonomi yang dinamis dan tempat-tempat yang berkelanjutan; tenaga professional yang andal dalam menganalisis kelayakan lokasi serta merumuskan perencanaan pembangunan properti dan real estat.

peluang karir

Sektor swasta; pengembang properti, konsultan perencanaan dan desain kota, ahli penilai dan analis properti, kontraktor properti, dan pemilik bisnis properti.

 

Sektor publik; Kementrian PUPR, Kementrian Agraria dan Tata Ruang, BAPPENAS, Dinas Tata Kota.