Teknik Sipil Konstruksi Bangunan

Sebagai salah satu bidang keahlian Teknik Sipil, Program studi Teknik Konstruksi Bangunan Podomoro University menerapkan pendidikan teknologi desain dan konstruksi yang terus menerus berkembang. Proses pembelajaran ditekankan pada keakuratan perhitungan struktur bangunan yang kekuatannya sangat penting dalam keamanan dan kenyamanan pengguna bangunan tersebut. Mahasiswa disiapkan untuk menjadi profesional yang memiliki keahlian analisis dan desain bangunan, di mana terdapat peluang dan kesempatan kerja yang besar untuk profesi structural engineer.

mengapa Teknik Sipil Konstruksi Bangunan?

Teknik Sipil Konstruksi Bangunan merupakan bidang keahlian profesional yang berhubungan dengan analisis dan desain (rancang bangun) bangunan teknik sipil. Yang dimaksud bangunan teknik sipil secara umum meliputi perumahan, gedung bertingkat, bangunan industri (pabrik, anjungan minyak lepas pantai), jembatan dan bangunan air (dam, saluran irigasi). Sekarang ini, baik karena kebutuhan dan/atau untuk icon, sudah banyak bangunan-bangunan teknik sipil yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi seperti gedung/tower pencakar langit, jembatan bentang panjang atau antar pulau, jalan bawah tanah/terowongan dan mega stadion. Selain itu, ada masalah yang berhubungan dengan bahan konstruksi seperti batu, baja dan kayu juga semakin berkurang dan juga isu lingkungan yang harus diperhatikan. Kondisi ini menuntut peran profesional dalam bidang Teknik Sipil Konstruksi Bangunan (structural engineer) yang semakin baik dari segi teknis, inovatif dan peka terhadap lingkungan dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur modern. Dengan tingginya kebutuhan akan infrastruktur, proyek-proyek yang beragam jenis dan kompleksitasnya, serta teknologi dan bahan konstruksi yang terus berkembang, maka profesi ini menawarkan peluang kerja yang besar, pekerjaan yang menarik dan dinamis serta tidak membosankan, dan kepuasan ketika sebuah proyek selesai.

 

Pekerjaan seorang prefesional bidang Teknik Sipil Konstruksi Bangunan adalah melakukan perhitungan-perhitungan kekuatan dan menyiapkan gambar-gambar struktur untuk menjamin struktur tersebut kuat (tidak runtuh) ketika beban-beban bekerja. Dalam mendesain, seorang structural engineer juga harus mempertimbangkan aspek pelaksanaan konstruksinya agar menghasilkan desain yang mudah dilaksanakan di lapangan. Ditambah dengan aspek pemilihan bahan konstruksi yang efisien, meminimkan pengaruh konstruksi terhadap lingkungan, maka structural engineer diharapkan menghasilkan desain struktur yang aman dan ramah lingkungan.  

 

Program studi (Prodi) Teknik Sipil Konstruksi Bangunan mendidik dan menyiapkan mahasiswa/i untuk menjadi profesional dalam bidang teknik sipil konstruksi bangunan (structural engineer). Materi-materi pokok yang diberikan dalam Prodi Teknik Sipil Konstruksi Bangunan meliputi prinsip-prinsip mekanika, pengetahuan teknologi bahan konstruksi, analisis dan desain struktur, serta desain pondasi. Mahasiswa/i juga dilatih untuk membuat dan menggunakan aplikasi komputer pada analisis dan desain struktur karena sangat dibutuhkan dan membantu di dunia kerja. Selain itu, mereka diajarkan pengaruh-pengaruh negatif dari proyek konstruksi terhadap lingkungan dan akan dibekali dengan pendidikan kewirausahaan. Jadi, Teknik Sipil Konstruksi Bangunan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kuat secara teknis dan siap berkarya di dunia konstruksi sebagai ahli struktur (structural engineer), bisa berkembang sesuai tuntutan pekerjaan, inovatif dan peduli dengan lingkungan.

Visi

Menjadi institusi pendidikan di bidang Teknik Sipil Konstruksi Bangunan terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional dengan mengusung nilai inovatif dan kewirausahaan.

Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan Teknik Sipil Konstruksi Bangunan yang menghasilkan lulusan dengan pengetahuan dan keterampilan guna menghadapi tantangan global
  • Menerapkan suasana belajar mengajar yang kondusif dan berkualitas guna mendorong terciptanya sivitas akademika yang tangguh, inovatif, handal, dan profesional melalui proses pembelajaran sepanjang hayat
  • Melaksanakan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berdaya guna bagi sesama dan bangsa
  • Penyelenggaraan pendidikan sarjana Teknik Sipil Konstruksi Bangunan yang berfokus pada gedung modern dengan pengembangan teknologi konstruksi terkini dan berkelanjutan
profil lulusan

Sarjana yang memiliki kemampuan dalam analisis dan desain suatu konstruksi bangunan gedung modern yang siap bekerja pada dunia konstruksi bangunan.

peluang karir
  • Konsultan teknik
  • Kontraktor
  • Developer properti
  • Berbagai instansi pemerintah dan BUMN
  • Perusahaan-perusahaan bidang teknik