“YOU ARE THE NEXT ENTREPRENEUR”

“The entrepreneur always searches for change, responds to it and exploits it as an OPPORTUNITY.”

Peter Drucker

 

Saat ini banyak entrepreneurs muda yang bermunculan dengan mengusung ide-ide bisnis dan usaha yang kreatif dengan prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Sejalan dengan hal tersebut, Podomoro University (PU) sebagai universitas berbasis Kewirausahaan dibawah naungan Agung Podomoro Group, terus berupaya memberikan pendidikan & pengajaran dengan nilai-nilai entrepreneurship yang dapat ditransfer kepada mahasiswa (PODIVERS) melalui berbagai aktifitas belajar-mengajar.

 

Sebagai sebuah universitas yang terus bertumbuh, dengan misinya menjadi Universitas berbasis kewirausahaan, berbudaya Indonesia serta berkualitas Internasional, Podomoro University (PU) berusaha senantiasa menyediakan pendidikan tinggi berbasis kewirausahaan yang diadaptasi dalam semua program studi, khususnya Entrepreneurship & Accounting. Salah satu langkah strategis Podomoro University dalam mengembangkan konsep kewirausahaan adalah menjalin kerjasama dengan Babson Global Inc. – pelopor dalam pendidikan kewirausahaan No. 1 di Amerika Serikat.

 

Dengan kurikulum internasional yang menghadirkan beberapa mata kuliah andalan, salah satunya mata kuliah TAEL (Thinking & Acting Like an Entrepreneurial Leader) di awal perkuliahan, dimana para mahasiswa (PODIVERS) akan dibentuk untuk memiliki pemikiran atau mindset entrepreneurial dan diharapkan bisa terjun langsung membangun bisnis.

 

Success story APG sebagai developer terdepan, menghadapkan PU bisa menjadi sebuah panutan, justru sebagai sebuah universitas baru, yang baru meluluskan angkatan pertamanya, tahun ini. Menghadirkan keseluruhan program studi unggulan dan integrasi dengan stakeholders APL & PU, serta melalui unit PUCEL (Podomoro University Center of Entrepreneurial Leaders) sebagai pusat inkubator bisnis PU, praktisi & dosen professional akan memberikan coaching & mentoring secara intens bagi PODIVERS untuk membangun real-business.

 

Keberhasilan Podomoro University dalam melahirkan start-up entrepreneur, telah dibuktikan dengan adanya beberapa lulusan PU angkatan pertama (Angkatan 2014) yang telah berhasil mendirikan start-up business, bahkan ada yang sudah berbentuk PT (Perseroan Terbatas) dan memiliki beberapa cabang usaha.

 

Ket. Foto (Kiri – Kanan): Andre Wijaya (Bahanku.com), Jessica Syella (Bali Banana), Agnes Monica (Ayam Naknan), Richard Owada (Markette- PT. Dots & Line), Ailin Nicole (Nicole Zhang-Makeup Artist), James Arthur Widjaja (PT. Tekno Olah Pangan)

 

Sebagai salah satu bentuk jalinan kerjasama dengan Babson Global, Inc. PU tidak hanya mengadopsi kurikulum internasional saja, tapi juga menyelenggarakan event besar bertajuk Entrepreneurship Week 2018 dari tanggal 13-16 November 2018. Entrepreneurship Week 2018, dengan menghadirkan pengusaha-pengusaha usia muda yang sudah sukses serta Prof. Donna Kelly dari Babson Global, yang hadir langsung dari Amerika Serikat.  Mereka menjelaskan langsung kepada PODIVERS- calon pengusaha masa depan di Podomoro University, mengenai tips dan saran praktis yang dapat diimplementasikan langsung pada bisnis mereka.

 

Latar belakang para pengusaha yang diundang dalam Entrepreneurship Week 2018, datang dari beragam industri, adalah mulai dari IT, F&B, kecantikan, edukasi, hingga konveksi. Bila membicarakan tren dan inovasi, kuncinya ada pada kemampuan melihat gap permasalahan di masyarakat, lalu menjadikan gap tersebut sebagai peluang bisnis.

 

Tetapi ada pula yang melihat celah dalam pasar industry untuk membangun bisnis, sehingga pasar tersebut dapat terpenuhi kebutuhannya. Konsep membangun bisnis dengan melihat permasalahan sebagai peluang dan tantangan yang dihadapi masyarakat, itu akan membuat bisnis berkelanjutan (sustainable).

 

Entrepreneurship Week 2018 diikuti oleh PODIVERS dengan antusias tinggi. PODIVERS mendapatkan bekal ilmu, tidak hanya dari segi teori yang dipelajari dalam kelas & buku-buku perkuliahan, namun mereka juga terlibat praktek langsung dan berkesempatan mendengarkan langsung dari pakarnya.

 

Prof. Donna Kelly (Babson College) & Nilam Sari (Owner of Baba Rafi)

 

Prof. Donna Kelly (Babson College) sedang berinteraksi langsung dengan PODIVERS

 

Selain mendapatkan sharing ilmu dari para professional, selama 4 hari berturut-turut PODIVERS juga mendapatkan kesempatan berdiskusi langsung dalam sharing class with Prof. Donna Kelly. Dalam sharing class session ini, PODIVERS dibimbing dalam membangun hal-hal teknis yang berkaitan dengan business plan & business creation, baik dari sisi marketing hingga langkah-langkah bagaimana menjadikan bisnis tersebut menjadi terus berkelanjutan.

Suasana sharing class session Prof. Donna Kelly bersama dengan Podivers

 

Diharapkan, dengan rangkaian acara Entrepreneurship Week 2018, memberikan bekal yang cukup bagi PODIVERS dalam mempersiapkan start-up business di masa yang akan datang, serta siap berkompetisi dalam era revolusi industry 4.0, sesuai dengan tekad Podomoro University sebagai a leadership-development agent, untuk menciptakan model kepemimpinan baru serta menjadi asset penting generasi muda Indonesia untuk membangun dan mengembangkan bisnis di era 4.0.

 

Writer : Nadira

Editor : Rubby

 

Instagram : @podomorouniv

Facebook : Podomoro University

Website : www.podomorouniversity.ac.id 

16 November 2018