Teman-teman, Tahukah Kalian Asyiknya Menjadi Seorang Auditor?

Bagi kalian yang bercita-cita menjadi seorang akuntan handal di masa depan, pasti sudah memiliki sedikit bayangan dong ketika lulus menjadi sarjana akuntansi nanti, apa yang akan kalian hadapi sebagai seorang pemula. Upps, atau jangan-jangan kalian sama sekali masih belum memiliki gambaran tentang masa depan lulusan sarjana akuntansi?

Well, artikel kali ini akan mengulas secara singkat bagaimana gambaran tentang masa depan lulusan sarjana akuntansi.


Sudah bukan rahasia umum kan guys kalau program studi Akuntansi menjadi program studi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini pun semakin di perkuat dengan fakta di lapangan, bahwa hampir di semua jenis organisasi /industri /perusahaan dapat dipastikan  akan membutuhkan jasa dari bidang akuntansi. Nah, ini dilihat sebagai peluang oleh para sarjana lulusan akuntansi dalam memasuki dunia kerja. Salah satu karir yang perlu diperhitungkan bagi sarjana akuntansi adalah sebagai External Auditor di Kantor Akuntan Publik. Hmmm...

Akuntansi Podomoro University

Pertanyaan selanjutnya bagaimana sih jenjang karir seorang auditor?


Pertama-tama yang harus kalian tahu adalah langkah awal dalam meniti karir untuk berprofesi menjadi seorang Auditor yaitu menjadi seorang Asisten Auditor terlebih dahulu. Asisten Auditor merupakan salah satu profesi kebanggaan bagi generasi kini  yang baru saja  menyelesaikan pendidikan di program studi akuntansi. Hehehe... gaji yang ditawarkan untuk seorang Auditor yang baru masuk alias masih fresh graduate juga tergolong lumayan lho. Belum lagi, apabila kalian nantinya di tugaskan di luar kantor terutama di luar kota, maka kalian akan dapatkan tambahan uang transportasi. Menarik bukan? ^^

Lalu, seperti apa nih jenjang karier untuk seorang auditor? Tenang, jika kalian berprestasi, maka tidak menutup kemungkinan kalian akan mengalami kenaikan jenjang karier. Jenjang karier yang akan dilalui sebagai seorang Auditor, pertama-tama akan  dimulai sebagai Asisten Auditor, meningkat menjadi Senior Auditor, Supervisor, Asisten Manajer, Manajer,  terakhir sebagai Partner. Nah, masing-masing tingkatan jenjang bisa ditempuh sekitar satu  sampai tiga tahun, guys. Semakin kalian berprestasi, maka karier kalian akan semakin melejit deh!

Audit Akuntansi Podomoro University

Nah sekarang, tahukah kalian beberapa hal yang menarik seputar auditor? Yuk, let’s find out!

  1. Pastinya kalian akan memperoleh pengalaman yang cukup memadai dalam bidang Audit,
  2. Perusahaan akan sering memberi pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan para auditornya,
  3. Nah bagi kalian yang suka travelling, ini bisa jadi bonus menyenangkan..hehe... karena suatu waktu kalian bisa ditugaskan keliling kota-kota di Indonesia atau bahkan bisa jadi keliling kota-kota di mancanegara!
  4. Yang tidak kalah menarik, gaji sebagai auditor di kantor akuntan publik relatif lebih baik dibandingkan bekerja di perusahaan,
  5. Last but not least, bekerja sebagai auditor akan memberikan kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan keberhasilan dalam berkarir.

 

So, jangan khawatir tentang anggapan orang yang mengatakan bahwa belajar akuntansi itu susah dan membosankan serta masih belum jelas career path-nya di kemudian hari yaah. Akuntansi masih akan memberi kalian peluang besar kok untuk menjadi seorang profesional yang sukses :)

 

#akuntansi

 

(Editor: NAD)

08 February 2018