Smart Growth for Jakarta: New Urbanism from Old Traditions

Jakarta (19/5), tepatnya pada pukul 10.00 – 12.00 WIB di entrepreneurship area Podomoro University telah dilaksanakan kegiatan talkshow singkat dengan tema “Behind The Scene of Urban Planning”. Talkshow ini merupakan suatu kegiatan yang diadakan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Podomoro University dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan program studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Talkshow yang dihadiri oleh siswa-siswa SMA swasta di Jakarta, serta mahasiswa program arsitektur Podomoro University tersebut diisi oleh pemaparan tentang prodi PWK oleh Kaprodi PWK, ibu Mirza Soraya, S.T., M.Sc. Pemaparan tersebut membahas mengenai: (1) apa itu urban planning? (2) apa saja yang dilakukan oleh seorang urban planner? (3) bagaimana seorang urban planner dapat merancang suatu kota. Didalam paparannya, Ibu Mirza menjelaskan bagaimana kota sebagai suatu sistem yang kompleks terbentuk, siapa saja aktor-aktor dibalik perencanaan kota dan apa peran seorang perencana kota di dalam proses perencanaan kota.

Prodi PWK Podomoro University dalam pelaksanaan pengajarannya menerapkan sistem learning by doing yang diintegrasikan dengan laboratorium organik dan studio perencanaan kota. Prodi PWK juga menjelaskan kepada para siswa peluang karir yang luas setelah lulus dari prodi PWK Podomoro University terutama di industri properti karena untuk tugas studio yang akan dikerjakan oleh mahasiswanya merupakan proyek real dan didukung penuh oleh Agung Podomoro Land. Di tahun ketiga mahasiswa PWK Podomoro University akan menghasilkan sebuah produk rencana bisnis pembangunan properti yang akan dipakai oleh bidang industri pembangunan properti dan real estat.

Prodi PWK turut mengundang dosen tamu internasional Mr. Senen M.A. Antonio, seorang praktisi dari konsultan perencanaan internasional “Duany Plater-Zyberk – DPZ Partners LLC” di Miami – USA. Pada kesempatan itu, Mr. Antonio membawakan topik  SMART GROWTH FOR JAKARTA: NEW URBANISM FROM OLD TRADITIONS sebagai suatu strategi perencanaan dan perancangan kota  yang lebih memperhatikan keramahan lingkungan serta manusia.  

Mr. Senen M.A. Antonio dalam Behind the Scene of Urban Planning di Podomoro University

 

Mr. Antonio memaparkan bahwa ketika  masyarakat memilih strategi “smart growth”, mereka dapat menciptakan lingkungan baru dan mempertahankan yang sudah ada agar lebih menarik, nyaman, aman, dan sehat. Masyarakat dapat membuat desain yang mendorong kegiatan sosial, bermasyarakat, dan  melindungi lingkungannya sambil menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Beberapa pertanyaan pun dilontarkan secara aktif oleh para peserta talkshow, mahasiswa prodi arsitektur yang menunjukan pemahaman mendalam mereka terhadap pentingnya strategi perencanaan kota dengan konsep “smart growth”. “Smart Growth” secara spesifik melihat kepada perkotaan yang kontekstual sesuai pola tradisional dan pemukiman manusia. Hal tersebut  dibawa ke dalam aplikasi modern untuk pembangunan baru. Ketika masyarakat perencanaan dengan pendekatan ini, mereka melestarikan yang terbaik dari masa lalu dan sekaligus menciptakan masa depan yang cerah bagi generasi mendatang sebagai fundamental pembangunan yang berkelanjutan.

Talkshow yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut, berjalan cukup efektif. Pengenalan program studi  PWK Podomoro University berhasil dibawakan dengan efektif oleh Ketua Program Studi PWK dan juga tim marketing kepada para siswa. Di sesi akhir, dilakukan penyerahan penghargaan dan sertifikat oleh perwakilan dari Prodi Arsitektur dan Prodi PWK Podomoro University kepada Mr. Senen Antonio sebagai nara sumber kegiatan talkshow ini.

Ibu Mirza (kanan), Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota, menyerahkan plakat kepada Mr. Senen Antonio (kiri)

 

Foto bersama seusai acara

 

23 May 2016