Presentasi Langsung Mahasiswa Kewirausahaan di Kantor Taralite

Oleh: Liza Agustina Maureen Nelloh, Dosen Kewirausahaan Podomoro University

Rabu, 21 Desember 2016, “tim Taralite” begitu salah satu sebutan kelompok di mata kuliah Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Miss Liza sebagai dosen pengampu tiba di kantor Taralite yang berlokasi di  Rukan Golden 8 no. 8C, Jalan Panjang, Kedoya Utara Jakarta Barat. Maksud kedatangan tim Taralite dan Miss Liza adalah untuk mempresentasikan secara langsung analisis consumer behavior Taralite terhadap jajaran manajemen Taralite di kantor pusat Taralite sendiri.

Taralite merupakan start-up digital dibidang “fintech” atau financial technology. Diantara sekian banyak finctech companies di Indonesia, Taralite hadir menawarkan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana untuk berbagai keperluan. Disini “tim Taralite” yang terdiri dari Rafael, Richard, Lius, Priscillia, Andika, dan Andre melalui mata kuliah Consumer Behavior diberi kesempatan untuk menganalisis perilaku konsumen Taralite khususnya konsep consumer awareness, marketing sources, dan non-marketing sources.

Proses presentasi Andika, Richard, Rafael, Lius, Andre, dan Priscilla di kantor pusat Taralite

 

Proses presentasi ini menggunakan bahasa Inggris untuk menguji kemampuan presentasi mahasiswa. Sebelum memulai Miss Liza sebagai dosen pengampu membuka kegiatan presentasi tersebut dan dilanjutkan presentasi mahasiswa yaitu Rafael membahas introduction dan industry analysis, Richard SWOT analysis, Lius membahas theoretical review, dan research method dijelaskan oleh Priscilla. Selanjutnya, Andre memaparkan hasil riset dengan menggunakan analisis kuantitatif causal study, kemudian diakhiri oleh Andika yang menjelaskan mengenai further research yang memuat informasi variabel-variabel yang dapat muncul selanjutnya.

Pada kesempatan ini, turut hadir Co-Founder dari Taralite, Director of Partnership, Business Development Associate, dan peer to peer coordinator yang memberikan banyak masukan mengenai SWOT analysis, industry analysis, target market, business concepts dan consumer behavior concept khususnya mengkonfirmasi konsep pemasaran dan perilaku konsumen Taralite. Melalui presentasi ini mahasiswa secara umum memahami konsep bisnis Fintech dan aplikasinya pada dunia lending and borrower.  

“Kami tertarik dengan bisnis microfinance anda dan kreatifitasnya”, begitu kata Co-Founder Taralite. Diskusi berlangsung lancar dan mahasiswa banyak belajar langsung mengenai bisnis “fintech” secara umum.

 

Proses tanya jawab dengan pimpinan Taralite

 

Presentasi final ini diakhiri dengan pemberian plakat pada pihak Taralite dalam hal ini kepada Co-Founder Taralite sebagai wujud apresiasi Podomoro University terhadap pihak Taralite yang telah berbaik hati menerima tim mahasiswa dalam proses penelitian, analisis sampai pada presentasi final di kantor Taralite itu sendiri.

Penyerahan plakat oleh Miss Liza kepada Co-Founder Taralite

 

Foto bersama pimpinan Taralite

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberi kesempatan juga untuk melaksanakan kunjungan singkat dan diskusi mengenai Taralite.

Suasana kantor Taralite di pagi hari ketika dikunjungi oleh tim Podomoro University

 

Thank you Taralite, see you on the next collaboration!

21 December 2016